Kamu Masih JOMBLO? Inilah Cara Bahagia Meskipun Tanpa Pacar

Kamu Masih JOMBLO? Inilah Cara Bahagia Meskipun Tanpa Pacar

Kamu Masih JOMBLO? Inilah Cara Bahagia Meskipun Tanpa Pacar

Jomblo. Kata ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebenarnya ditulis dengan jomlo. Artinya, pria atau wanita yang belum memiliki pasangan hidup. Simpelnya, jomblo itu nggak punya pacar, single, sendiri. Lalu, apakah ada cara bahagia tanpa pacar?

Saat ini, di kalangan remaja, bahkan dewasa, istilah jomblo kerap digunakan untuk mengejek orang-orang yang tidak memiliki pasangan.

Bagi kamu yang masih remaja, tentunya memiliki pasangan atau pacar bukanlah suatu prioritas. Bahkan, dalam Islam pun tidak ada istilahnya ‘pacar-pacaran’. Nah, kalau kamu sudah paham hal ini, dan saat ini sedang menjalani kehidupan remaja dengan kesendirian—tanpa pacar alias JOMBLO, jangan lelah. Insya Allah kesendirian ini adalah berkah.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama menjalani masa-masa sendiri, dan tentu saja semuanya akan membuatmu happy—bahagia. Lupakan ejekan jomblo ngenes yang kerap disuarakan oleh orang-orang di sekitarmu. Mereka yang pacaran, yang menjalin hubungan lawan jenis tanpa ikatan yang sah itulah yang sebenarnya hidupnya ngenes. Mereka sedang jauh dari Allah.

Lalu, kira-kira apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat kesendirian ini terasa indah? Pastinya dengan melakukan hal-hal positif. Kamu bukan hanya akan lupa soal kejombloan, tetapi juga akan mendapat banyak manfaat yang berguna bagi hidupmu di masa depan.

Nah, yuk ikuti 9 cara bahagia tanpa pacar berikut ini.

1. Jangan Iri

Kunci kebahagiaan yang paling penting terletak pada cara pandang kita. Bila kita bisa menerima sebuah kondisi dengan positive thinking, maka kita pun akan lebih damai.

Begitu pula bila kita bisa memandang suatu hal dengan menyenangkan, maka kita pun akan merasakan kesenangan.
Ketika Anda menjadi jomblo, mindset itulah yang harus Anda tanamkan. Be happy dan jangan menjadi sosok yang iri terhadap mereka yang sudah memiliki pasangan. Iri hanya akan menyebabkan Anda uring-uringan sendiri. Iri pun bisa membuat Anda tergesa-gesa mencari pacar baru padahal sosok yang Anda pacari itu bisa jadi sangat toksik dan tak memiliki cinta yang tulus.

2. Tekuni Hobi Anda
Kamu Masih JOMBLO? Inilah Cara Bahagia Meskipun Tanpa Pacar

Dalam hidup ini, kebahagiaan bisa kita dapatkan dari berbagai sumber. Dengan kata lain, sosok pacar bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan kita.

Memang, tanpa pacar Anda tak bisa bersemu merah ketika ada yang mengucapkan cinta. Tanpa pacar, tak ada sosok yang akan memberikan bunga atau coklat di hari valentine.
Tapi, Anda bisa menemukan bentuk kebahagiaan lainnya. Misalnya saja dengan menekuni hobi. Terdapat banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengurus tanaman bila kita hobi berkebun, membuat lukisan bila hobi menggambar, dan lain sebagainya.

3. Kejar Cita-cita
Apakah Anda memiliki cita-cita? Bila iya, Anda bisa fokus saja meraih cita-cita selagi menjomblo.

Sebab, ketika Anda tak punya pacar, Anda pasti memiliki waktu luang lebih banyak. Mengejar cita-cita juga akan bermanfaat untuk masa depan Anda nantinya.
Bagi Anda yang masih berstatus pelajar, rajinlah belajar supaya bisa menggapai apa yang Anda inginkan. Sedangkan bagi Anda yang sudah bekerja, gapailah cita-cita Anda yang belum tercapai.

Bahkan meski cita-cita tersebut pada akhirnya tak terwujudkan, proses meraih cita-cita adalah sesuatu yang menyenangkan. Dan proses ini pun bisa kita jadikan solusi cara bahagia tanpa pacar.

4. Me Time Sepuasnya

Ketika Anda jomblo, Anda sesungguhnya memiliki banyak sekali me time. Me time merupakan istilah yang dipakai untuk merujuk pada waktu yang dihabiskan untuk diri sendiri.

Setelah lelah bekerja, sekolah, kuliah, dan berbagai aktivitas lainnya, kebanyakan dari kita pasti memerlukan me time yang berkualitas. Kita bisa membahagiakan diri dengan memanjakan diri sendiri.
Misalnya, bila Anda suka membaca buku, Anda bisa menghabiskan hari libur sepuasnya untuk membaca novel yang Anda sukai. Toh, Anda tidak punya pacar, kan? Jadi Anda bisa bebas menghabiskan hari libur dengan aktivitas ini.

5. Habiskan Waktu dengan Keluarga
Keluarga merupakan mereka yang sesungguhnya sangat penting dalam hidup seseorang. Mungkin beberapa dari Anda saat ini belum menyadarinya.

Namun seiring berjalannya waktu, Anda akan mendapati bahwa keluargalah yang paling setia menemani perjalanan hidup Anda.
Nah, daripada bingung karena tak memiliki pacar untuk diajak bersenang-senang, kenapa tak mengajak keluarga saja?
Anda bisa mengajak adik Anda ke kebun binatang hingga mengajak orang tua makan di restoran. Pasti asyik sekali dan akan menjadi memori tersendiri ketika kelak Anda hidup mandiri.

6. Main dengan Teman

Selain keluarga, cara bahagia tanpa pacar lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menghabiskan waktu bersama teman.

Coba ajak saja kawan Anda untuk sekadar nongkrong hingga nonton film bersama. Main ke rumah teman dan ngobrol berjam-jam juga alternative menarik lho. Menghabiskan waktu bersama teman juga sangat penting bila Anda adalah mahasiswa dan pelajar tingkat akhir.
Sebelum lulus dan berpisah dengan kawan-kawan Anda, sebaiknya kita membuat kenangan sebanyak-banyaknya dengan mereka. Atau, Anda juga bisa mengajak kawan lama yang sudah jarang bertemu. Selain bisa main bersama, Anda pun bisa menyambung kembali tali silaturahmi yang mulai renggang.

7. Hadapi Ejekan dengan Santai

Seringkali kita menjadi sedih ketika menjomblo karena kita menjadi bahan ledekan. Tetangga, saudara, hingga sahabat kita sendiri sering menertawakan status kita yang single.

Kadang, maksudnya hanya bercanda. Namun, kadang ada juga yang memang ingin membuat kita bersedih.
Suka tak suka, ejekan dan candaan seperti itu pada satu titik akan membuat kita jengah. Kita juga akan bosan merespon hal tersebut secara terus-menerus. Makanya daripada Anda tersiksa ini, sebaiknya hal tersebut dihadapi dengan santai saja. Bila mood Anda sedang baik, tanggapi dengan candaan juga.
Tapi bila mood Anda sedang buruk, tak usah memaksakan diri membalas dengan tersenyum. Bilang bahwa Anda bosan dengan ledekan seperti itu terus.

8. Lakukan Pengabdian Sosial

Kebahagiaan juga bisa kita peroleh dengan berbuat baik kepada orang lain. Bagi Anda yang memiliki jiwa sosial tinggi, kenapa Anda tak mendaftar pekerjaan yang bisa membantu banyak orang?
Misalnya bekerja di konservasi hewan langka secara volunteer. Atau, mendaftarkan diri mengajar di daerah pelosok.

Cara bahagia tanpa pacar ini sangat jitu lho untuk Anda yang memang memiliki cita-cita untuk memberikan manfaat bagi sesama. Anda akan menemukan kebahagiaan yang jauh lebih hakiki tatkala Anda bisa membantu pihak lainnya.
Di lapangan sendiri, ada banyak lembaga yang menunggu untuk Anda bantu. Keahlian yang dibutuhkan juga beragam dan bisa kita sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.
Bila Anda seorang penulis, Anda bisa membantu mengurus situs LSM yang bergerak di bidang pencegahan KDRT. Atau, bila Anda pandai memasak, Anda bisa menjadi koki untuk LSM yang rutin memberikan makanan pada kaum papa.

9. Pahami Jalan Hidup Orang Tak Selalu Sama

Terakhir dan tak kalah penting, pahamilah bahwa jalan hidup orang tidak selalu sama. Perkara jodoh pun tak bisa disamakan atau dijadikan ajang perlombaan. Rileks saja ya.

Jangan selalu membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain baik itu dari aspek materi hingga romansa. Jangan jadikan semuanya sebagai ajang perlombaan di mana Anda harus menang.

Daripada bersedih dan menjadi tidak rasional, sebaiknya Anda fokus pada diri sendiri seperti yang telah dijelaskan di poin-poin sebelumnya. Anda juga bisa upgrade diri supaya ke depannya siap untuk hubungan yang lebih serius , atau kamu bisa baca artikel Cara Menikmati Hidup Menjadi Jomblo Yang Keren dan Bahagia.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar