Template Undangan Selametan Atau Tahlilan Format Word Gratis -->

Template Undangan Selametan Atau Tahlilan Format Word Gratis

Tahlil merupakan ritual yang dilakukan untuk mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal. Di Indonesia, khususnya Tanah Jawa, tahlil biasa digelar pada hari-hari tertentu.

Tahlilan adalah tradisi Islam yang dilakukan untuk mengenang dan mendoakan orang yang telah meninggal dunia. Tradisi tahlilan biasanya dilakukan pada malam pertama setelah seseorang meninggal dunia dan pada malam-malam tertentu setelah itu, seperti pada hari ke-7, hari ke-40, hari ke-100, dan hari ke-1000 setelah kematian. Biasa disebut dengan istilah mitung ndino, matangpuluh, nyatus, dan nyewu.

Pada malam pertama, tahlilan biasanya dihadiri oleh keluarga dan tetangga yang berkumpul di rumah almarhum. Selama acara tahlilan, biasanya dibacakan doa-doa dan ayat-ayat Al-Quran untuk memohon ampun dan rahmat Allah SWT. Selain itu, tahlilan juga sering diisi dengan pembacaan sholawat dan dzikir untuk menguatkan iman dan mendekatkan diri pada Allah.

Pada hari ke-7 setelah kematian, tahlilan biasanya dilakukan kembali dengan tujuan untuk memberikan penghormatan terakhir dan memperkuat iman keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, tahlilan hari ke-7 juga dianggap sebagai hari yang penting dalam mempersiapkan almarhum untuk menghadap kepada Allah SWT.

Pada hari ke-40 setelah kematian, tahlilan biasanya dilakukan lagi untuk menandai berakhirnya masa berkabung yang dianggap sebagai waktu yang paling berat bagi keluarga yang ditinggalkan.

Pada hari ke-100 setelah kematian, tahlilan kembali dilakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir dan untuk mengenang almarhum. Pada hari ini, keluarga biasanya mengumpulkan orang-orang yang terkait dengan almarhum untuk melakukan tahlilan bersama-sama.

Sedangkan pada hari ke-1000 setelah kematian, tahlilan biasanya dilakukan oleh keturunan atau keluarga terdekat yang masih hidup sebagai bentuk penghormatan dan pengenangan terhadap almarhum.

Di antara nyatus dan nyewu biasanya juga dilakukan tahlilan mendhak pisan dan mendhak pindho yakni peringatan setahun kematian dan dua tahun kematian.

Selain dihadiri oleh keluarga, umumnya kegiatan ini juga dilakuakn bersama tetangga terdekat dan juga warga satu kampung. Selain itu juga kerap mengundang teman ataupun kerabat.

Nah, untuk mengundangnya ada dua cara yang biasa dilakukan. Yakni pertama secara lisan (atur atur) dan yang kedua menggunakan undangan.

Pada kesempatan kali ini PANJINAWANGKUNG akan berbagi sebuah template undangan yaitu undangan tahlil atau selametan yang bisa digunakan untuk acara memperingati tahlil mulai dari 7 hari, 40 Hari, 100 Hari sampai 1000 hari.

Template Undangan Selametan Atau Tahlilan Lengkap

Template berikut ini kami sediakan dalam bentuk word yang sudah cukup familiar. Kamu bisa edit sesuai kebutuhan baik menggunakan komputer maupun smartphone. Jika menggunakan smartphone khususnya android kamu bisa download dulu aplikasi microsoft word di play store.

Sebenarnya untuk format undangan tahlil 7 hari, 40 hari maupun 100 hari tidak jauh berbeda. Kamu hanya perlu mengedit saja pada bagian acara sesuai kebutuhan.

Yang perlu diperhatikan disini adalah ukuran kertasnya. Kamu bisa membuat dalam format 1 lembar utuh, 1 lembar hvs jadi 2 ataupun 1 lembar hvs jadi 4. Dibawah ini sudah kami sediakan ketiga format tersebut. Jadi kamu bisa pilih mau menggunakan ukuran yang mana.

Ketiga format tersebut,kami jadikan satu dalam format .zip. Kalian hanya perlu mengekstraknya menggunakan ZIParchiver atau aplikasi sejenisnya. Berikut kami berikan link download selengkapnya:
DOWNLOAD TEMPLATE TAHLILAN (word)

Undangan Selametan Atau Tahlilan

Dalam membuat undangan tahlil, maka sebaiknya kita menuliskannya sesuai dengan format yang lazim, yakni undangan tersebut mencantumkan informasi berikut ini :

  1. Nama penerima undangan
  2. Salam pembuka
  3. Pembuka
  4. Isi ( di dalamnya terdapat informasi jenis acara, waktu, tempat diadakan acara )
  5. Penutup
  6. Salam penutup
  7. Nama terang dari tuan rumah atau pengundang

Sebagai contoh disini kata-kata dalam undangan tahlil yang biasa dijadikan contoh dalam bentuk surat adalah sebagai berikut :

Contoh Kata-kata Undangan Tahlil 7 Hari

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, dan semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Dengan memohon rahmat dan Ridho Allah SWT, kami sekeluarga bermaksud mengundang Bapak/Saudara dalam rangka mengenang 7 hari wafatnya Ibunda kami tercinta :

PANIJAH Binti BASIO MANGKU RONDO

Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari : Selasa malam Rabu
Tanggal : 18 Juni 2019
Pukul : 19.30 WIB (Ba’da Isya)
Tempat : Kediaman Bpk. M. KARYADI FITRI Jln. AMD no.09 kampung Tanjung Jati
Kel. NOG kec. TBB Bandar Lampung
Acara : Do’a Yaasiin dan Tahlil

Demikian undangan ini kami sampaikan atas perhatian, keringanan dan keikhlasan langkah Bapak/Saudara untuk memenuhi undangan ini, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Hormat kami,
Bpk. KARYADI FITRI

Anda mungkin menyukai postingan ini

Faktor-Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Template Undangan

  1. Tema: Pertimbangkan tema yang ingin Anda sampaikan melalui undangan tersebut. Apakah Anda ingin menonjolkan nuansa religius, budaya, atau lebih personal? Pilih template yang sesuai dengan tema tersebut.
  2. Warna dan Desain: Warna dan desain adalah elemen penting dalam template undangan tahlil. Pilih warna-warna yang sesuai dengan tema dan suasana yang ingin Anda ciptakan.
  3. Ukuran dan Bentuk: Tentukan ukuran dan bentuk undangan yang sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat memilih antara undangan berbentuk kartu biasa, bentuk cetak digital, atau bahkan undangan elektronik, tergantung pada kebutuhan Anda.
  4. Bahasa: Pastikan undangan ditulis dalam bahasa yang tepat dan jelas. Gunakan bahasa yang sopan dan hormat untuk mengundang tamu.
  5. Informasi Detail: Pastikan semua informasi penting seperti tanggal, waktu, tempat, dan kontak yang dapat dihubungi tercantum dengan jelas pada undangan.

Demikian contoh undangan tahlilan dalam Bahasa Indonesia memperingati 7 hari, 40 hari, 100 hari, satu tahun meninggalnya seseorang. Bila tidak sempat membuat undangan, langsung saja download undangan tahlil siap edit di atas. Gratis.

Semoga bermanfaat

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Template Undangan Selametan Atau Tahlilan Format Word Gratis , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan