Aplikasi Online Menghitung Hari Baik Membangun Rumah Menurut Primbon Jawa -->

Aplikasi Online Menghitung Hari Baik Membangun Rumah Menurut Primbon Jawa

Rumah merupakan istana bagi pemiliknya. Agar rumah benar-benar merupakan istana bagi pemiliknya dan orang yang menempati rumah tersebut bisa nyaman dan hidup sejahtera maka  para leluhur banyak memberikan cara dan petuah. Masyarakat Jawa memiliki aturan khusus pada waktu pendirian rumah. Ada hari baik mendirikan rumah menurut perhitungan kalender Jawa.

Menurut para leluhur orang Jawa, hari dan pasaran ketika memulai pembuatan rumah sangat berpengaruh terhadap keadaan rumah yang akan ditempati.

Perhitungan Jawa atau Primbon merupakan pedoman yang sudah digunakan oleh leluhur Jawa atau sejak zaman dahulu. Sampai saat ini masih banyak orang-orang yang menggunakan referensi hitungan Jawa tersebut. Sebab waktu pendirian rumah tersebut akan berdampak bagi kesejahteraan pemilik rumah dan keamanan rumah.

Dibawah ini kami menyediakan Aplikasi untuk membantu anda dalam hitungan jawa mendirikan rumah agar terhindar dari marabahaya dan mendapatkan keburuntungan ketika membangunnya, semua disajikan secara komplit dan akurat.

Mohon di perhatikan aplikasi ini dibuat bukan untuk anda yakini sebagai kebenaran, karena kebenaran hanya milik Allah SWT. Silahkan gunakan aplikasi ini sebagai bahan referensi saja.

Hitungan Jawa Mendirikan dan Arah Rumah
Masukan tanggal kapan anda akan membangun rumah

Penjelasan lebih lanjut dalam hitungan membangun rumah adalah anda harus mencari neptu sebuah tanggal, lalu membaginya dengan angka 4, sisa hasil pembagian itulah yang menjadi acuan anda dalam membangun rumah.

Untuk mencari neptu anda dapat melihat tabel dibawah ini :

Tabel Neptu Hari Dan Pasaran
Nama HariNeptuNama PasaranNeptu
Senin4Pahing9
Selasa3Pon7
Rabu7Wage4
Kamis8Kliwon8
Jum'at6Legi5
Sabtu9--
Minggu5--

Cara Perhitungannya

Neptu hari dan neptu pasaran akan dimulainya membuat rumah dijumlah, hasil penjumlahannya kemudian dibagi 4, dan sisa berapa.

  • Jika sisa 1 disebut Guru
  • Jika sisa 2 disebut Ratu
  • Jika sisa 3 disebut Rogoh
  • Jika sisa 4 disebut Sempoyong

Contoh jika anda memulai membuat rumah pada hari dan pasaran Senin Pahing maka perhitungannya Senin = 4 dan Pahing = 9 jika dijumlah ketemu 13.
Kemudian di hitungkan dengan 4 kriteria tersebut dengan membagi 4 maka hitungan tersebut sisa 1.

Sehingga perhitungan tersebut jatuh pada Guru.

Jika anda mulai mengerjakan rumah pada hari Ahad Kliwon maka perhitungannya sebagai berikut Ahad = 6 dan Kliwon = 8 kemudian dijumlahkan menjadi 14.

Hasil 14 tersebut kemudian di bagi 4 bersisa 2 jatuh pada hitungan Ratu begitu seterusnya.

Firasat Hari Baik Membangun Rumah

Dalam Buku Kitab Primbon BetalJemur Adammakna bab yang membahas hari baik untuk memulai pekerjaan membuat rumah atau memindah rumah ada pada halaman 136 (berbahasa jawa) dan halamn 140 ( bahasa Indonesia) . Dengan sub bab Miwiti ngadani gawe omah lan ngelih omah.

Dalam bab tersebut disebutkan hari baik untuk memulai membuat rumah atau memindahkan rumah dilihat dari hari dan pasaran.

Masing-masing kemudian dijumlahkan dan akhirnya dibagi 4 dan hasilnya akan bersisa berapa ? jika Guru (sisa 1) , ratu (sisa 2) , Rogoh (sisa 3) dan Sempoyong(sisa 4).
Empat Kriteria tersebut sebagai patokan baik atau kurangnya hari untuk memulai pekerjaan.

Untuk penjelasannya silahkan baca tulisan dibawah ini

Sisa 1 (satu) firasatnya Guru

Pada firasat ini memiliki arti bahwa pemilik rumah kelak akan disegani, dihormati, mendapatkan rezeki, rumahnya aman, tentram, kokoh, selamat serta mendapatkan keberkahan.

Sisa 2 (dua) firasatnya Ratu

Pada firasat ini memiliki makna bahwa pemilik rumah akan mendapatkan banyak keberuntungan baik itu keberuntungan materil atau imateril, seperti terhindar dari orang orang jahat.

Sisa 3 (tiga) firasatnya Rogoh

Pada firasat ini memiliki makna bahwa rumah yang ditempati kelak akan ditimpa musibah seperti kebobolan maling, maka dari itu hindari membangun rumah dimulai pada hari ini.

Sisa 4 (empat) firasatnya Sempoyong

Pada firasat ini memiliki makna bahwa pemilik rumah akan sering ditimpa penyakit dan nasib kurang baik pada pemiliknya serta akan di timpa kesusahan dalam mencari rezeki.

Demikialan aplikasi Menghitung Hari Baik Membangun Rumah serta penjelasan cara menghitung hari baik dalam mendirikan rumah menurut perhitungan Jawa. Semoga dengan aplikasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Aplikasi Online Menghitung Hari Baik Membangun Rumah Menurut Primbon Jawa , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan