Download Template Kalender 2024 Lengkap Masehi, Jawa dan Hijriah GRATIS -->

Download Template Kalender 2024 Lengkap Masehi, Jawa dan Hijriah GRATIS

Halo, gimana kabarnya?
semoga tetap sehat dan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan file kalender 2024, file ini berformat CDR dan PDF.

Template kalender yang saya bagikan di blog ini sudah lengkap dengan hari libur nasional yang sumbernya saya ambil dari penetapan hari libur nasional oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kalender kerap disebut sebagai penanggalan atau tanggalan. Adapun definisinya merupakan sistem satuan waktu yang dipakai untuk memisahkan periode waktu tertentu melalui tanggal.

Penghitungan kalender ini dibedakan berdasarkan acuannya masing-masing. Di antaranya terdapat kalender masehi, kalender hijriah, hingga kalender Jawa.

Adapun masyarakat secara umum menggunakan kalender masehi yang dihitung sesuai perputaran bumi ketika mengelilingi matahari (revolusi bumi). Masa untuk satu tahun dalam kalender ini terjadi kisaran 365-366 hari.

Sementara itu, periodenya pun dibagi atas 12 bulan. Masing-masing bulan tersebut mempunyai jangka waktu kisaran 29-30 hari.

Bagi kamu yang ingin melihat atau mengunduh Kalender Jawa Online Lengkap dengan wuku, neptu , warsa dan lainnnya bisa lihat di link bawah ini:
Kalender Jawa Online Terlengkap.

Penggunaan kalender dalam kehidupan manusia sesungguhnya berawal dari kegiatan astronomi atau ilmu perbintangan yang kerap dilakukan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

Pengamatan manusia pada zaman terhadap antariksa dan perbintangan itulah yang kemudian memberikan inspirasi bagi beberapa suku di dunia untuk menghasilkan sebuah sistem penanggalan.

Sistem penanggalan tersebut dimanfaatkan oleh banyak suku bangsa untuk memprediksi iklim dan keadaan alam yang kemudian berpengaruh pada sistem pertanian serta kelautan di daerah tersebut.
Beberapa sistem penanggalan yang dapat menjadi awal sejarah perkembangan kalender dunia antara lain: kalender Mesir, kalender suku Maya, kalender Cina, kalender Yahudi dan kalender Yunani. Di Idonesia sendiri khususnya jawa ada Kalender Jawa biasanya digunakan untuk melihat Neptu kelahiran atau weton dari seseorang, mencari hari baik menikah, untuk mengadakan selametan dan lainnya.

Fungsi Kalender

Kalender sangat berguna bagi individu dan organisasi dalam merencanakan kegiatan, mengatur pertemuan, acara, atau liburan.

Meskipun sudah tersedia di handphone setiap orang atau di internet contohnya Kalender Jawa Online yang ada di blog ini, penggunaan kalender cetak masih banyak dicari. Hal ini karena kalender cetak memiliki tanggal dan fitur yang lebih lengkap. Misalnya pada beberapa kalender memuat 3 jenis kalender yang berbeda yaitu tahun Jawa, tahun Hijriyah dan tahun Masehi.

Berikut fungsi dan kegunaan kalender:

Pengingat Waktu

Dengan adanya kalender, setiap orang dapat dengan mudah menandai waktu mulai dari tanggal hingga hari untuk berbagai kegiatan mereka. Kalender cetak yang biasa ada di meja kerja atau meja belajar akan membuatmu mudah melingkari sebagai pengingat.

Namun, dengan kalender yang mudah terlihat ini akan membuat jadwalmu teratur dan tidak berantakan. Setelah membuat janji dengan orang lain, kamu tak akan membuat janji dengan orang lain dalam waktu yang sama. Ini mencegah bentroknya jadwal.

Media Promosi

Untuk perusahaan, kalender bisnis mendjadi hal yang perlu dimanfaatkan untuk melakukan promosi secara efektif. Tak hanya sebagai pengingat waktu, kalender untuk keperluan usaha ini akan memuat berbagai layanan jasa dan produk dalam desain kalender yang dibuat.

Untuk penggunaan setahun di dalam rumah atau diberikan ke rekan kerja dan klien, membuat kalender menjadi media promosi panjang yang dilakukan selama setahun.

Dekorasi

Membuat meja kerja atau meja belajar yang nyaman dan menarik bisa dibuat dengan pilihan dekorasi yang tepat. Tak hanya untuk memperindah, dekorasi yang fungsional akan sangat membantu pekerjaan sehari-hari.

Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah penggunan kalender meja custom. Saat ini banyak percetakan yang menyediakan pembuatan kalender custom yang menarik untuk ditaruh di rumah maupun di kantor.

Hari Libur Nasional di Tahun 2024

Pada tahun 2024 ini, terdapat beberapa tanggal merah atau yang biasa kita sebut hari libur nasional. Berikut ini merupakan 12 tanggal merah pada tahun 2024 (selain hari minggu) :

1. Januari
  • Senin, 1 Januari 2024 : Tahun Baru 2024 Masehi
  • Selasa, 25 Januari 2024 : Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili
2. Maret
  • Rabu, 1 Maret 2024 : Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H
  • Senin, 11 Maret 2024 : Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946
  • Jumat, 29 Maret 2024 : Wafatnya Isa Almasih
3. Mei
  • Selasa, 1 Mei 2024 : Hari Buruh Internasional
  • Minggu, 17 Mei 2024 : Hari Raya Waisak 2568 BE
  • Kamis, 22 Mei 2024 : Hari Kenaikan Isa Almasih
4. Juli
  • Rabu, 25 Juli 2024 : Hari Raya Idul Adha 1445 H
5. Agustus
  • Kamis, 17 Agustus 2024 : Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
6. November
  • Rabu, 10 November 2024 : Hari Pahlawan
7. Desember
  • Rabu, 25 Desember 2024 : Hari Natal
Catatan : Hari libur nasional sudah termasuk di dalam file download kalender 2024 cdr dan pdf.

Cuti Bersama di tahun 2024

Selain libur nasional, pemerintah juga memberikan cuti bersama yang hampir beriringan dengan tanggal merah. Terdapat 5 Hari yang termasuk cuti Bersama, diantarnya :

  • Jum’at, 9 Februari 2024 : Tahun Baru Imlek
  • Selasa, 12 Maret 2024 : Hari Suci Nyepi
  • Jumat, 10 Mei 2024 : Kenaikan Isa Almasih
  • Jumat, 24 Mei 2024 : Hari Raya Waisak
  • Selasa, 18 Juni 2024 : Idul Adha
  • Note: Cuti Bersama sudah termasuk di dalam file download kalender 2024 cdr dan pdf.

    Libur dan Cuti Hari Raya Idul Fitri 2024

    Masyarakat Indonesia yang masyoritas muslim, tentu selalu mendapat perhatian khusus dari pemerintah, diantaranya libur nasional ketika hari raya idul fitri dan cuti bersama yang terbilang cukup lama.

    1. Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H
  • Rabu, 10 April 2024
  • Kamis, 11 April 2024
  • Tambahan : Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, ditandatangani pada tanggal 12 September 2023.

    2. Cuti bersama Raya Idul Fitri 1445 H
  • Senin, 8 April 2024
  • Selasa, 9 April 2024
  • Jumat, 12 April 2024
  • Senin, 15 April 2024
  • Terkait cuti Bersama ini sudah di tetapkan oleh pemerintah dalam surat keputusan bersama yang tandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal selasa, 12 September 2023.

    Hadirnya cuti bersama ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk bersilaturahmi dengan sanak famili.

    Download Kalender 2024 PDF Lengkap

    Bagi yang membutuhkan file pdf kalender 2024 bisa mendownloadnya secara gratis dibawah ini:
      - Jenis File : PDF
      - Size File : 11.48 Mb
      - Link : Download

    Download Kalender 2024 CDR Lengkap

    Bagi yang memerlukan file cdr kalender 2024 bisa mendownloadnya secara gratis dibawah ini:
      - Jenis File : CDR
      - Size File : 11.49 Mb
      - Link : Download

    Demikianlah artikel tentang kalender dan link download terbaru Kalender 2024 lengkap dengan file dengan format PDF dan CDR. Semoga bermanfaat, terima kasih

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Terima kasih telah membaca Download Template Kalender 2024 Lengkap Masehi, Jawa dan Hijriah GRATIS , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
    Image
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...

    Nih buat jajan