Cek Weton Dari Tanggal Lahirmu Disini Secara Online, Lengkap , Cepat dan Akurat -->

Cek Weton Dari Tanggal Lahirmu Disini Secara Online, Lengkap , Cepat dan Akurat

i zaman modern ini, mungkin banyak orang tidak percaya tentang hal-hal yang berhubungan dengan weton, bahkan melupakannya hingga ada beberapa orang yang tidak tahu wetonnya sendiri. Tetapi meskipun begitu, masih banyak juga yang mempercayai dan memelihara tradisi weton.

Weton merupakan istilah yang nggak asing lagi di masyarakat Jawa dan Bali. Weton berasal dari bahasa jawa, yaitu wetu berarti keluar atau lahir. Weton adalah perayaan hari kelahiran berdasarkan perhitungan kalender Jawa. Di kalender Jawa terdiri dari 5 hari pasaran yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Weton sendiri juga dipercaya dapat menentukan hari-hari besar pada manusia seperti tanggal pernikahan, karakter, rejeki, hari-hari penting bahkan masa tanam dan pindah rumah.

Apakah kamu sudah tau weton kelahiranmu?

Nggak usah bingung, karena dibawah ini kami telah menyediakan sebuah aplikasi online atau kalkulator online untuk mengetahui hari weton kelahiran.

Caranya mudah, Kamu cukup memasukkan tanggal bulan dan tahun kelahiran kemudian klik "LIHAT". Maka otomatis akan muncul keterangan tentang kelahiran kamu , seperti informasi mengenai hari pasaran, neptu, warsa, tanggal jawa dan hijriyahnya. Dan kamu juga bisa mengunduh atau mendownload hasilnya dalam bentuk gambar (.png)

Cek Weton Kelahiran Online

Silahkan Isi tanggal lahir dibawah ini:


Kamu juga bisa cek weton jodoh atau pasanganmu disini. Sehingga kamu bisa mengerti bagaimana primbon kamu atau pasanganmu melalui weton.

Anda mungkin menyukai postingan ini


  • Cek Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa Secara Online
  • Kalender Jawa Lengkap Dengan Wuku, Neptu, Tahun Hijriyah dan Pasaran
  • Aplikasi Online Untuk Melihat Watak dan Sifat Seseorang Berdasarkan Weton Jawa Menurut Primbon Jawa, Lengkap
  • Aplikasi Online Untuk Melihat Hari Naas atau Hari Sial Berdasarkan Weton Jawa
  • Cara Menggunakan Weton Onine

    • Buka Link Cek Weton
    • Masukkan tanggal lahir dan tahun
    • Kemudian klik LIHAT
    • Maka aplikasi Weton online akan menampilkan keterangan hasil dari tanggal lahir dan tahun yang telah kamu masukkan, selain itu juga hasil dari cek weton ini bisa kamu unduh / download.

    Kelebihan Menggunakan Aplikasi Cek Weton Online

    • Mudah dan cepat. Kamu tidak perlu install aplikasi atau susah-susah mencari tahu weton kamu melalui buku-buku ataupun bertanya pada ahli weton.
    • Gratis. Aplikasi weton berdasarkan tanggal lahir dan tahun dapat diakses secara gratis.
    • Akurat. Selain mudah dan gratis, cek weton online dapat menampilkan hasil dari weton tanggal alhir secara akurat.
    • Bisa di Download. Selain menampilkan hasil yang lengkap, Hasil dari cek weton disini bisa kamu download secara gratis.

    Bagi orang Jawa, hasil hitungan weton sangat penting. Saat hendak melakukan sesuatu, hitungan Weton menjadi hal yang sangat diperhatikan. Misalnya untuk menikah, memulai karir dan lain sebagainya.

    Perhitungan hari Weton hanya terdapat lima hari saja yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon. Untuk menghitung Weton biasanya dilakukan oleh seorang yang memiliki keahlian khusus untuk mengitung hari.

    Selain itu Weton sendiri juga dipercaya dapat menentukan hari-hari besar pada manusia seperti tanggal pernikahan, karakter, rejeki, hari-hari penting bahkan masa tanam.

    Keuntungan dari mengetahui weton kelahiran

    Hitungan weton sendiri merupakan warisan dari leluhur yang asalnya pun bukan main-main. Menurut seorang pakar filsafat Jawa, hitungan weton ini merupakan sebuah ilmu yang bernama titen.

    Ilmu ini mempelajari dan membaca situasi alam sekitar. Ini terakumulasi dalam jangka waktu yang lama dan barulah kemudian menjadi tradisi di masyarakat Jawa.

    Tentunya ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari cek weton Jawa online. Dengan darah Jawa yang mengalir, kalau bukan mengikuti tradisi Jawa memangnya ingin ikut tradisi mana lagi?

    Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari mengetahui weton kelahiranmu.
    • Dapat membantu mencari hari-hari yang paling baik atau tepat untuk melakukan suatu hal.
    • Memperhitungkan peruntungan dalam melakukan sesuatu sehingga lebih mudah untuk memilih apa yang harus dikerjakan di masa depan.
    • Memberikan rasa percaya diri dan juga petunjuk dalam menghadapi berbagai suka dan duka dalam kehidupan.
    • Dapat membantu mengenali karakter diri sendiri dari hasil penafsiran yang ada.

    Sejarah Primbon Weton Jawa

    Dikutip dari detikcom, primbon weton memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme yang dipeluk oleh para leluhur masyarakat Jawa.

    Weton merupakan salah satu cara memprediksi kehidupan seseorang yang prosesnya adalah dengan menghitung dan menjumlahkan hari kelahiran dan juga hari pasaran.

    Dinamakan hari pasaran karena hari tersebut digunakan untuk menentukan waktu dibukanya pasar di hari yang ramai dan juga menguntungkan. Nama lima hari pasaran diangkat dari nama lima roh dalam kepercayaan Jawa.

    Kelima roh ini dipercaya merupakan bagian dari jiwa manusia yang dijuluki Sedulur Papat Lima Pancer, yang terdiri dari Batara Legi, Batara Pahing, Batara Pon, Batara Wage, dan Batara Kliwon.

    Pengertian Weton

    Weton merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti hari kelahiran. Weton Jawa dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa.

    Menurut KBBI, primbon merupakan kitab yang berisikan ramalan (perhitungan hari baik, hari nahas, dan sebagainya); buku yang menghimpun berbagai pengetahuan kejawaan, berisi rumus ilmu gaib (rajah, mantra, doa, tafsir mimpi), sistem bilangan yang pelik untuk menghitung hari mujur untuk mengadakan selamatan, Hari Baik mendirikan rumah, memulai perjalanan, dan mengurus segala macam kegiatan yang penting, baik bagi perseorangan maupun masyarakat. Salah satu praktik dari hal tersebut adalah mencari hari baik untuk menikah.

    Sementara, untuk mengetahui kepribadian seseorang berdasarkan wetonnya, neptu dari orang tersebut harus diketahui dulu. Neptu merupakan hasil penjumlahan nilai hari dan nilai pasaran.

    Hari dalam seminggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara hari pasaran Jawa ada lima, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon dan Legi.

    Artinya, saat berbicara tentang weton, seseorang akan ditanya hari apa dia lahir, dan bertepatan hari pasaran apa dia lahir. Sehingga akan muncul keterangan weton Senin Pahing, Jumat Kliwon, Sabtu Pon, dan seterusnya.

    Tabel Neptu Hari Dan Pasaran
    Nama HariNeptuNama PasaranNeptu
    Senin4Pahing9
    Selasa3Pon7
    Rabu7Wage4
    Kamis8Kliwon8
    Jum'at6Legi5
    Sabtu9--
    Minggu5--

    Untuk perhitungan Neptu, anda harus mengetahui hari apa anda lahir dan pasaran hari lahir anda.

    Misal, Basio lahir pada Tanggal 1 Juni 1997, maka wetonnya adalah "Minggu Pahing".

    Jika anda lihat pada tabel diatas, Hari Minggu memiliki angka 5 dan Pahing memiliki angka 9. Maka neptu dari Minggu Pahing adalah 9 + 5 = 14.

    Jika masih bingung dengan perhitungannya kamu bisa melihat halaman kalender jawa online (KLIK DISINI UNTUK MELIHATNYA) atau gunakan Aplikasi Cek Weton Secara Online diatas. Cukup kamu cari tanggal bulan dan tahun kelahiran, sudah ada keterangan lengkap seperti hari pasaran jawa, kalender hijriyah, neptu dan lain-lain. Berikut ini merupakan beberapa kegunaan dari perhitungan weton Jawa :
      1. Bisa Menentukan Hari Baik Pernikahan
    Ini jelas merupakan manfaat pertama dari menghitung weton jawa. Di dalam menghitungnya, di mana dihitung berdasarkan weton hari lahir, pasaran, dan juga neptu, kemudian menjumlahkannya dengan weton pasangan, dan lalu membaginya, sehingga nantinya akan didapat hari baik. Hari baik inilah nanti bisa menjadi patokan dalam menentukan hari pernikahan.

    Proses perhitungan weton ini memang bisa kamu lakukan sendiri. Akan tetapi pada penerapannya, yang menghitung dan menentukan ini biasanya adalah sesepuh atau orang yang sudah dipercaya di dalam perhitungan weton. Entah dari pihak calon pengantin perempuan ataupun dari pihak calon pengantin lelaki.

    Dan jangan salah, penentuan hari pernikahan ini tak hanya tanggal pernikahannya saja. Bahkan hingga jam untuk dilaksanakannnya prosesi akad pernikahan juga ada perhitungan khususnya.

      2. Bisa Menentukan Hari untuk Puasa Weton
    Masyarakat Jawa juga punya tradisi melakukan puasa weton. Nah puasa weton ini pelaksanaannya dilakukan di setiap hari kelahiran dari orang tersebut. Dan puasa ini juga dilakukan secara berulang-ulang dalam kurun lima minggu sekali. Dan pastinya, setiap orang puasa wetonnya berbeda-beda.

    Tata cara puasa weton sama saja dengan puasa yang dilakukan orang muslim. Hal yang membedakannya hanya harinya saja. Jika orang muslim ada puasa sunah senin kamis, dan puasa weton hanya dilakukan di hari wetonnya saja setiap 5 minggu sekali.

      3. Bisa Menentukan Nasib yang Bersangkutan
    Perhitungan weton, bagi masyarakat jawa juga dipercaya bisa memberi dampak pada nasib orang yang dihitungnya tersebut. Jadinya, jika sudah diketahui wetonnya, dia akan memiliki pantangan sendiri-sendiri. Sebagai contoh, orang yang memiliki weton di hari Minggu Kliwon, itu tidak boleh menikah dengan orang yang wetonnya Senin Kliwon.

    Kenapa begitu, karena saat perhitungan weton keduanya dilakukan, jumlah dari weton keduanya akan menghasilkan dampak suatu kecelakaan di pernikahannya.

    Selain hal naas, weton juga banyak memberikan manfaat yang positif, misalnya saja rezeki bagi pemilik weton tersebut.

      4. Bisa Menentukan Hari Penting
    Selain yang sudah dijelaskan di atas, weton juga sangat berhubungan dengan hari penting orang yang bersangkutan. Layaknya hitungan weton jawa untuk pernikahan, weton ini juga ada perhitungannya sendiri, berdasarkan pada aspek weton.

    Sebagai contoh, jika ingin membangun rumah, nah hari pindahan rumahnya harus dihitung berdasarkan perhitungan weton. Kamu tidak bisa sembarangan keluar rumah begitu saja. Perhitungan weton hari penting ini bisa membuat lancar semua urusannya dan terhindari dari hal-hal yang tidak mengenakkan.

      5. Bisa Mengetahui Watak serta Perilaku
    Watak, karakter, dan perilaku manusia juga bisa tergambar dari hasil perhitungan wetonnya. Jika kamu memiliki anak yang lahir pada hari dan jam tertentu, sehingga menghasilkan hitungan weton tertentu, sejak anak tersebut lahir hingga dewasa, watak, karakter, dan perilaku anak tersebut akan bisa terbayangkan.

    Nah imbasnya, bagi orang tua yang sudah tahu anaknya memiliki weton tertentu, yang dipastikan anaknya akan berkarakter tertentu, jadi si orang tuanya akan jadi bisa mendidiknya secara tepat. Supaya kelak, anaknya bisa menjadi anak yang baik dan juga sukses di masa depan.

    Dan tak hanya untuk anak, perhitungan weton seperti ini juga banyak digunakan saat memiliki bos di sebuah tempat kerja. Jika diketahui wetonnya, maka kamu akan bisa tahu watak dan karakter bos kamu sendiri. Jadinya saat bekerja, kamu bisa menghindari percekcokan. Dan sebaliknya kamu bisa menjadi pekerja yang baik di mata bos kamu.

    Untuk mengetahui karakter dan sifat seseorang berdasarkan wetonnya bisa kamu lihat di postingan sebelumnya ( Aplikasi Online Untuk Melihat Watak dan Sifat Seseorang Berdasarkan Weton Kelahirannya).

      6. Menghitung cocok tidaknya pasangan Atau meramal jodoh.

    Ketika hendak melangsungkan pernikahan, mereka terlebih dahulu menanyakan perihal perhitungan weton kepada seseorang yang memiliki pengetahuan tentang primbon jawa.

    cara menghitung weton dilakukan dengan menjumlahkan masing-masing hari kelahiran calon pengantin. Misalnya, calon laki-laki lahir Selasa Kliwon, maka memiliki angka 3 + 8 = 11. Sedangkan calon perempuan lahir Senin Pon, maka memiliki angka 4 + 7 = 11.

    Kemudian, hasil penjumlahan hari lahir masing-masing calon kembali dijumlahkan, 11 + 11 = 22. Berdasarkan hasil penjumlahan tersebut dapat diketahui makna perhitungan weton yang dihasilkan.

    Bingung bagaimana cara menghitung weton jodoh?
    Silahkan Baca postingan ini : Cek Primbon Weton Jodoh, Leboh Mudah dan Akurat

    Makna Hasil Perhitungan Weton Jodoh

    Setelah mengetahui hasil perhitungan weton, maka bisa dilihat maknanya. Hasil hitungan weton pernikahan ada 1-36. Berikut makna perhitungan weton dalam pernikahan Jawa.

    1. Pegat (1, 9, 17, 25, 33)
    Hasil Pegat, menurut perhitungan nya, kemungkinan pasangan ini akan banyak mendapatkan permasalah dikemudian hari, bisa saja permasalah ekonomi, kekuasaan, atau perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan ini bercerai.

    2. Ratu (2, 10, 18, 26, 34)
    Hasil Ratu, menurut perhitungan nya, pasangan dengan hasil Ratu dapat dikatakan bahwa pasangan ini memang jodohnya. Didalam keluarganya nanti akan sangat disegani dan dihargai oleh tetangga ataupun masyarakat disekitarnya. Tidak sedikit orang yang iri karena keharmonisan dalam membina rumah tangga.

    3. Jodoh (3, 11, 19, 27, 35)
    Hasil Jodoh, menurut perhitungan nya, pasangan ini memang sudah cocok dan berjodoh. Keduanya dapat saling menerima baik kekurangan ataupun kelebihan pasangannya. Rumah tangganya akan rukun sampai hari tua nanti.

    4. Topo (4, 12, 20, 28, 36)
    Hasil Topo, menurut perhitungan nya, diawal membangun rumah tangga akan mengalami kesusahan, akan tetapi menjadi bahagia di akhir nanti. Kesusahan itu bisa saja disebabkan oleh masalah ekonomi atau masalah lainnya. Kehidupan rumah tangga pasangan ini bahagia dan sukses ketika mereka memiliki anak dan cukup lama berumah tangga.

    5. Tinari (5, 13, 21, 29)
    Hasil Tinari, menurut perhitungan nya, pasangan ini akan mendapatkan kebahagiaan kelak nanti, selain itu pasangan ini akan dimudahkan dalam mencari rezeki dan sering mendapatkan keberuntungan.

    6. Padu (6, 14, 22, 30)
    Hasil Padu, menurut perhitungan nya, pasangan ini kelak dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran namun tidak sampai ke ranah perceraian. Masalah-masalah yang timbul dikarenakan masalah yang bersifat sepele.

    7. Sujanan (7, 15, 23, 31)
    Hasil Sujanan, menurut perhitungan nya, dalam membangun rumah tangganya nanti akan sering mengalami sebuah pertengkaran yang bisa saja dikarenakan oleh masalah perselingkuhan baik itu oleh sang pria atau wanitanya.

    8. Pesthi (8, 16, 24, 32)
    Hasil Sujanan, menurut perhitungan nya, rumah tangga pasangan ini kelak akan selalu sakinah, mawaddah dan warohmah hingga tua nanti, meskipun ada sedikit masalah tidak akan sampai merusak keharmonisan keluarga pasangan ini.

    Sebenarnya masih ada banyak kegunaan dari perhitungan weton Jawa, namun dari sekian banyak kegunaannya, yang paling sering digunakan oleh masyarakat Jawa adalah pemilihan tanggal acara penting seperti pernikahan, kelahiran, dan upacara adat. Pasalnya, setiap weton memiliki tanggal tertentu yang dianggap dapat membawa keberuntungan.

    Sekian Artikel tentang weton dan Aplikasi atau Kalkulator Weton Jawa Online. Kamu bisa menggunakannya untuk mengecek weton kelahiranmu atau siapa saja asalkan tahu tanggal lahirnya. Gunakanlah sebaik mungkin dan jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah.

    Semoga bisa bermanfaat dan berguna.

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Terima kasih telah membaca Cek Weton Dari Tanggal Lahirmu Disini Secara Online, Lengkap , Cepat dan Akurat , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
    Image
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...

    Nih buat jajan