Primbon Jawa Online Lengkap Untuk Melihat Sifat, Karakter , Cinta dan Rejeki -->

Primbon Jawa Online Lengkap Untuk Melihat Sifat, Karakter , Cinta dan Rejeki

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, tentu mengenal tentang primbon. Ya, primbon adalah sebuah buku yang di dalamnya terdapat ramalan tentang kehidupan manusia di dunia.

Dari primbon, orang-orang bisa melihat berbagai hal. Mulai watak, ramalan pekerjaan, hingga urusan percintaan, semua bisa dilihat di buku Primbon Jawa. Namun, untuk mengetahui isi ramalan tersebut, bisa dibaca melalui sistem perhitungan yang rumit.

Secara garis besar, Primbon Jawa juga berisi daur hidup manusia. Setiap kehidupan manusia dari bayi hingga dewasa telah dituliskan dalam Primbon Jawa.

Nah pada kesempatan kali ini, kami menyediakan tool atau aplikasi primbon jawa Lengkap. Yang bisa Kamu gunakan dengan mudah, gratis dan kapan saja.

Caranya mudah cukup masukkan tanggal , bulan dan tahun kelahiran. Lalu klik LIHAT, Dan lihat hasilnya.

Primbon Jawa Online

Masukan tanggal lahir dibawah ini :



Cara Menggunakan Primbon Jawa

  • Buka laman Primbon Jawa
  • Setelah itu masukkan Tanggal, Bulan dan Tahun.
  • Selanjutnya klik LIHAT.
  • Maka secara otomatis aplikasi primbon jawa online akan menampilkan hasil primbon dari tanggal bulan dan tahun yang sudah kalian masukkan tadi.
Hasil yang ditampilkan kalkulator primbon online diatas mulai dari sifat karakter, Kerjaan, Cinta, Rejeki dan Arah Rejeki.

Apapun hasil perhitungannya, kita sepenuhnya harus tetap berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kelebihan Aplikasi Cek Primbon

1. Mudah Digunakan

Aplikasi cek primbon sangat mudah digunakan. Anda cukup memasukan tanggal, bulan dan tahun lahir, maka aplikasi tersebut akan memberikan hasil me menurut ramalan jawa. Dengan tampilan yang intuitif dan user-friendly, Anda tidak perlu repot untuk mempelajari cara penggunaan aplikasi tersebut.

2. Praktis

Aplikasi cek primbon ini bisa kamu akses melalui browser handphone/smartphone kalian. Dengan demikian, Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja, tanpa harus membawa buku primbon.

3. Akurasi Tinggi

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi cek primbon adalah akurasi yang tinggi. Dibandingkan dengan cara manual, aplikasi cek primbon dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan cepat. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan aplikasi cek primbon sebagai panduan dalam menentukan jodoh atau memilih hari yang tepat untuk melakukan aktivitas tertentu.

4. Fungsi Lengkap

Aplikasi cek primbon disini dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap seperti ramalan sifat/karakter, ramalan jodoh, dan sebagainya. Dengan demikian, aplikasi cek primbon tidak hanya digunakan untuk mengetahui Weton, namun juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang diri Anda atau pasangan Anda.

5. Dapat Digunakan Secara Gratis

Kamu dapat menggunakan Aplikasi Cek Primbon Jawa disini GRATIS.

6. Privasi Terjaga

Aplikasi cek primbon tidak memerlukan data pribadi yang terlalu detil seperti nomor telepon atau alamat. Anda hanya perlu memasukan tanggal lahir saja. Dan tentu saja data tanggal lahir tidak masuk dalam database kami.

7. Dapat Menambah Pengetahuan Anda

Dengan menggunakan aplikasi cek Primbon, kamu dapat menambah pengetahuan tentang budaya Jawa dan perhitungan Weton. Selain itu, kamu juga dapat belajar tentang ramalan-ramalan jawa.

Apa Itu Neptu , Weton dan Primbon Jawa

Neptu Jawa erat kaitannya dengan weton serta primbon, sebab ketiganya saling berhubungan untuk membaca suatu hal sesuai dengan kepentingan seseorang.
Apa sih sebenarnya pengertian dari neptu Jawa, weton dan primbon? Simak penjelasan berikut ini ya.

Neptu jawa adalah nilai tertentu dari masing-masing hari dari hari Senin hingga Minggu atau tujuh hari dalam seminggu dan nilai dari hari pasaran dalam Jawa yaitu lima hari dalam satu minggu.

Apa itu Primbon?

Di samping zodiak dan shio yang terkenal akan ramalannya, orang Jawa juga punya sistem ramalan unik yang diwariskan turun temurun dari para leluhur.

Inilah yang dikenal dengan sebutan primbon.Secara umum, apa itu primbon adalah ilmu ramal-meramal yang didasarkan pada perhitungan weton. Biasanya, primbon dipercaya untuk memprediksi hal-hal di masa depan, termasuk sifat, jodoh, hari baik, hari buruk/hari apes dan masih banyak lagi.

Meski identik dengan ramalan, primbon gak selalu diartikan sebagai ramalan, lho.

Terkadang, primbon juga didasarkan pada peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya dan terulang beberapa kali. Orang Jawa menyebutnya sebagai 'ilmu titen'.

Primbon Jawa telah menetapkan nilai-nilai dari neptu dan masing-masing hari yang ada dalam pasaran Jawa. Lalu, nilai yang didapatkan dari perhitungan nilai neptu hari dengan nilai neptu pasaran diperoleh melalui weton.

Secara singkatnya, neptu merupakan perhitungan antara hari lahir dengan hari pasaran yang hasilnya akan menentukan weton seseorang.

Sementara itu, weton merupakan gabungan dari tujuh hari dalam seminggu (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu) dengan lima hari dalam pasaran Jawa yaitu Legi, Pahing, Wage, Pon dan Kliwon.

    Misalnya, seseorang lahir pada Selasa Kliwon. Hari kelahiran Selasa memiliki nilai neptu 3, sedangkan Kliwon memiliki nilai neptu 8.
    Maka, orang kelahiran Selasa Kliwon memiliki nilai neptu weton adalah 3 + 8 = 11.

Agar lebih jelas , silahkan lihatlah Tabel dibawah ini :

Neptu Senin (4) Selasa (3) Rebo (7) Kamis (8) Jum’at (6) Sabtu (9) Minggu (5)
Legi (5)
9 8 12 13 11 14 10
Pahing (9)
13 12 16 17 15 18 14
Pon (7)
11 10 14 15 13 16 12
Wage (4)
8 7 11 12 10 13 9
Kliwon (8)
12 11 15 16 14 17 13

Dari pengertian neptu Jawa diatas, tentu kamu mengetahui bahwa ternyata neptu Jawa memiliki kaitan dengan weton dan justru menjadi penentu dari weton seseorang.
Lalu apa sih sebenarnya weton itu?

Dalam kebudayaan suku Jawa, weton merupakan hitungan hari lahir dari seseorang yang digunakan oleh seseorang sebagai patokan untuk menunjukan ramalan tertentu. Cara menghitung weton seseorang bisa dilihat berdasarkan hari serta pasaran dan dapat dihitung pula berdasarkan bulan maupun tahun kelahiran seseorang.

Weton adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya adalah hari kelahiran. Weton Jawa dihitung dengan cara menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa.

Hari dalam satu minggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu, sedangkan hari pasaran Jawa ada lima yaitu Pahing, Kliwon, Wage, Legi dan Pon. maka artinya, ketika berbicara mengenai weton, seseorang akan ditanyai serta harus mengetahui hari apa dia lahir dan bertepatan dengan hari pasaran apa ia lahir.

Sehingga kemudian akan diketahui keterangan weton seperti Senin Pahing, Sabtu Pon, Jumat Kliwon dan lain sebagainya.

Menurut Lilik Purwanti dalam buku Weton: Praktik Manajemen Laba, ia menjelaskan pentingnya weton dalam kehidupan di masyarakat Jawa.

Disebutkan dalam kosmologi Jawa, watak maupun karakter seseorang sangat dipengaruhi oleh adanya waktu ketika dilahirkan maupun weton. Perbedaan watak antara satu orang dengan lainnya pun juga dipengaruhi oleh weton seseorang.

Dalam hal ini, seseorang yang lahir atau contohnya memiliki weton Rabu Pon pada umumnya akan sangat berbeda karakternya dengan orang yang memiliki weton Senin Pahing. Tidak hanya dalam hal karakter seseorang, perbedaan weton juga dapat membedakan kesuksesan hidup seseorang.

Lalu Apa Hubungannya Weton dengan Primbon Jawa?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa weton digunakan oleh masyarakat Jawa untuk menentukan suatu hal, baik itu karakter, keberuntungan seseorang bahkan hingga nasib dan lainnya. Namun untuk mengetahui ramalan-ramalan tersebut, dibutuhkan buku primbon Jawa.

Primbon Jawa merupakan kitab warisan dari leluhur masyarakat Jawa yang memiliki orientasi pada relasi antara kehidupan manusia dengan alam semesta. Buku primbon Jawa juga telah menjadi sumber rujukan bagi masyarakat Jawa sejak dahulu.

Dikutip dari Wikipedia , Primbon adalah kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta. Primbon berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan dalam kehidupan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring milik Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, primbon didefinisikan sebagai kitab yang berisikan ramalan, buku yang menghimpun berbagai pengetahuan kejawaan, berisi rumus ilmu gaib, sistem bilangan yang pelik untuk menghitung hari mujur, dan mengurus segala macam kegiatan yang penting.

Kitab primbon Jawa memiliki fungsi sebagai pedoman untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan serta kehidupan seseorang. Isi dari kitab ini adalah ramalan, berbagai macam pengetahuan kejawen, rumus-rumus ilmu gaib serta sistem bilangan yang cukup rumit untuk menghitung hari mujur serta mengurus segala macam kegiatan-kegiatan penting seperti perjodohan, pernikahan dan lainnya.

Secara umum, Primbon memiliki pengertian buku yang menyimpan pengetahuan tentang berbagai hal. Materi yang disimpan di dalam kitab Primbon tentu saja informasi dan pengetahuan penting yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Masyarakat Jawa pada umumnya menganggap Primbon adalah kitab yang berisikan perhitungan hari baik dan hari naas. Juga buku yang menghimpun berbagai pengetahuan spiritual kejawaan.

Meski identik dengan ramalan, primbon gak selalu diartikan sebagai ramalan, lho. Terkadang, primbon juga didasarkan pada peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya dan terulang beberapa kali. Orang Jawa menyebutnya sebagai 'ilmu titen'.

Dikutip dari krjogja, Primbon atau paririmbon berasal dari kata dalam Bahasa Jawa. Primbon secara harfiah berasal dari kata "rimbu" yang berarti simpanan dari bermacam-macam catatan oleh orang Jawa pada zaman dahulu yang kemudian diturunkan atau disebarluaskan kepada generasi berikutnya.

Orang-orang terdahulu mencatat setiap kejadian di daun tal (siwalan). Kejadian-kejadian yang dicatat tersebut tersebut meliputi fenomena yang baru saja terjadi alias tidak pernah mereka rasakan sebelumnya dan pemanfaatan alam sekitar.

Mereka mencoba mendalami, memahami, mencermati (bertafakur) atas setiap kejadian serta gejala alam yang mereka rasakan.

Hal ini dimaksudkan agar mereka mendapatkan hasil yang lebih baik dan terhindar dari kegagalan maupun musibah.

Dari setiap catatan yang ada mengenai fenomena-fenomena yang terjadi konon telah teruji kebenarannya. Hal tersebut yang kemudian menjadi rumusan untuk membentuk beberapa sistem.

Sistem-sistem yang terbentuk diantaranya, sistem penanggalan, sistem musim dan sisi rasi bintang.

Sebagian lagi dibuatkan menjadi catatan tanda-tanda alam seperti letak tahi lalat, kedutan, mimpi, pengetahuan obat-obatan, ilmu kesaktian, dongan (doa), cerita karangan kuno dan masih banyak lagi.

Semua itu kemudian dibukukan untuk kemudian diwariskan kepada generasi penerus. Buku tersebut kemudian dikenal dengan nama primbon.

Fungsi Dari Weton Menurut Kepercayaan

Kalau kamu adalah orang Jawa mungkin sudah nggak asing dengan fungsi weton. Namun bagi yang lain yang bertanya-tanya mengapa orang Jawa masih melanggengkan budaya ini, mungkin ini bisa menjadi jawaban untuk kalian.

Berikut adalah beberapa fungsi dari weton yang wajib kamu tahu.

    1. Mengetahui Kepribadian Seseorang

    Tradisi suku Jawa meyakini dengan melihat weton lahir bisa digunakan untuk mencari tahu bagaimana karakter, sifat asli, serta watak dari seseorang. Meski merupakan kepercayaan kuno orang Jawa, namun kehadiran weton ini masih langgeng hingga sekarang dan dijaga dengan baik oleh masyarakat Jawa.

    2. Meramal Nasib Seseorang

    Masyarakat Jawa percaya bahwa weton memberikan dampak bagi peruntungan kehidupan seseorang, oleh sebabnya masih ada sebagian dari mereka yang memercayainya. Umumnya hal ini akan berkaitan dengan pantangan apa saja yang harus diperhatikan untuk menghindari kesialan.

    Misalnya pantangan menikah dengan orang yang punya weton tertentu karena dianggap nggak cocok dan bisa mendatangkan nasib buruk jika mereka tetap nekad bersama. Biasanya itu bisa diketahui lewat perhitungan yang dilakukan.

    3. Menentukan Hari Pernikahan

    Kebiasaan adat orang Jawa dari jaman dahulu sebelum menetapkan hari pernikahan biasanya akan melakukan rembugan atau diskusi dengan orang yang dituakan untuk mempertimbangkan tanggal baik melalui perhitungan khusus yang melibatkan weton baik dari calon pengantin pria maupun wanita.

    Bahkan nggak hanya hari atau tanggal yang pas, tapi termasuk juga dengan jam untuk melangsungkan prosesi akad nikah. Dari sini, kita bisa melihat betapa sakralnya hubungan antara weton dengan prosesi pernikahan dalam tradisi Jawa.

    4. Menentukan Hari Penting Lain

    Seperti halnya dalam menentukan hari baik untuk menggelar acara pernikahan, orang Jawa turut menggunakan perhitungan weton untuk menentukan hari penting dalam hidup seseorang. Termasuk hari yang tepat untuk pindahan rumah atau membangun rumah.

Meski dari sejarahnya primbon merupakan kumpulan catatan hasil dari tafakur orang-orang winasis zaman dulu, namun kini keberadaannya sering jadi bahan perdebatan. Bahkan menjadi kontroversi, karena ada yang beranggapan keberadaan primbon dianggap berseberangan dengan ajaran agama.

Bagaimana hasil hitung primbon tanggal lahirmu? sesuai kah?

Semoga Aplikasi online primbon jawa dan artikel diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Dan perlu diingat kebenaran semata hanya milik Allah Swt. Terima Kasih !!

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Primbon Jawa Online Lengkap Untuk Melihat Sifat, Karakter , Cinta dan Rejeki , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan