Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable -->

Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable

Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable


Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi baru terpopuler di Yogyakarta, berbeda dengan destinasi wisata lain yang ada di Yogyakarta, Tebing Breksi ini awalnya adalah kompleks pertambangan batu putih yang dikelola oleh warga sekitar, dengan kata lain Tebing Breksi ini tidak terbentuk secara alami akan tetapi terbentuk akibat aktivitas menambang yang dilakukan oleh warga sekitar.

Awal mula Tebing Breksi menjadi destinasi wisata adalah ketika para peneliti geologis melakukan penelitian terhadap batuan yang berada di lokasi tersebut, setelah penelitian selesai ditemukan data bahwa batuan yang ada di lokasi tersebut merupakan endapan dari abu vulkanik gunung api Purba Nglanggeran, maka dari itu kawasan Tebing Breksi termasuk kedalam cagar budaya alam yang harus dilindungi sehingga aktivitas pertambangan dihentikan.

@indrasutantoo


Sejak saat itu aktivitas masyarakat di sekitar Tebing Breksi lesu, masyarakat yang awalnya bekerja sebagai penambang harus mencari pekerjaan lain. 

Seiring berjalannya waktu beberapa orang wisatawan mengunjungi bekas tambang tersebut karena memang pemandangan yang bagus dengan tebing batuan kapur tinggi menjulang yang merupakan suatu hal baru yang belum pernah ada sebelumnya di Yogyakarta, pada saat itu belum terbentuk kepengurusan untuk mengakomodir wisatawan yang berkunjung, hingga akhirnya Tebing Breksi semakin ramai dikunjungi wisatawan dan terbentuklah suatu pengurus di kawasan tersebut.

@muhnawawy

Saat ini Tebing Breksi telah menjelma menjadi destinasi wisata baru terpopuler di Yogyakarta dan telah dilengkapi berbagai sarana prasarana pendukung seperti dibangunnya Tlatar Seneng yaitu sebuah amphitheater atau panggung terbuka yang difungsikan untuk panggung pertunjukan seni ataupun dapat digunakan jika ada acara-acara khusus dengan tempat duduk setengah melingkari panggung yang menambah keindahan pemandangan Tebing Breksi.

@agneskenes

Tebing Breksi ini sangat digemari wisatawan, khususnya bagi wisatawan yang menyukai hobi fotografi, tidak dapat dipungkiri destinasi wisata ini menawarkan pemandangan mengagumkan dengan tersajinya tebing batu kapur tinggi menjulang, terlebih saat ini beberapa sudut tebing tersebut telah ditambahkan ukiran atau pahatan dengan gambar wayang yang menambah keindahan, tidak heran jika beberapa orang memilih untuk melakukan foto pre-wedding di Tebing Breksi ini.

@rihafauziyah

Selain menikmati tebing batu kapur yang tinggi, di Tebing Breksi ini wisatawan dapat menaiki tangga alami yang merupakan pahatan dari batuan yang ada. Sesampainya di puncak wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa panorama atau landskap Kota Yogyakarta dari atas, jika wisatawan jeli, wisatawan akan menemukan atau dapat melihat Candi Prambanan dan indahnya landasan pacu Bandara Adi Sucipto dengan pesawat yang sedang take-off atau landing. Jika cuaca sedang cerah wisatawan dapat melihat gagahnya Gunung Merapi dari puncak Tebing Breksi.


Fasilitas Tebing Breksi
@dr.nindyapsari


Fasilitas yang ada di Tebing Breksi Jogja saat ini sudah cukup lengkap bagi bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Tebing Breksi, diantaranya adalah:

Wahana Tebing Breksi
  • Panggung terbuka untuk pertunjukan kesenian atau hiburan
  • Spot foto
  • Jeep wisata

Fasilitas Pendukung Tebing Breksi
  • Mushola
  • Food court atau pusat kuliner
  • Lapangan parkir yang luas
  • Toilet


Lokasi Tebing Breksi

@tita_fatehah

Lokasi Tebing Breksi memang dapat dikatakan cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, namun demikian Tebing Breksi berada di kawasan zona wisata sleman timur yaitu kawasan zona wisata candi tepatnya berada disebelah Timur Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko serta disebelah barat atau sebelum Candi Ijo sehingga membuat lokasi Tebing Breksi cukup mudah untuk diakses.

Alamat Tebing Breksi berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

@fannylestari61


Harga Tiket dan Parkir Tebing Breksi

Harga tiket masuk Tebing Breksi adalah Rp 5.000,00. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 3.000,00 dan untuk kendaraan roda empat Rp 5.000,00.

Harga tiket Tebing Breksi ini tergolong murah, sehingga destinasi ini masih sangat diminati wisatawan untuk menikmati senja dan berfoto selfie.

@rhere_haryani

Pada Area Tebing Breksi juga terdapat banyak spot foto hingga pengalaman berfoto dengan burung hantu, untuk tarif pada spot foto ini adalah seikhlasnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan