Candi Ijo Yogyakarta , Keindahaan Candi dari Atas Bukit


Kawasan Yogyakarta bagian timur kaya akan bangunan candi megah hingga candi-candi kecil nan indah. Mulai dari yang paling popular seperti Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko, hingga candi-candi tersembunyi seperti Candi Plaosan, Candi Sambisari, Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Sewu, Candi Tara, dan masih banyak lagi. Salah satu candi cantik yang belum begitu banyak diperbincangkan adalah Candi Ijo.

@friskariani05

Candi Ijo terletak di sebuah puncak perbukitan yang berada di sebelah timur kota Jogja diperkirakan dengan ketinggian 375 meter di atas permukaan laut. Candi Ijo kini merupakan salah satu destinasi wisata candi favorit di Jogja.

Dengan letaknya yang berada di perbukitan yang tinggi dan berada di sebelah timur kota Jogja, bukit itu dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo.

@pinarhmwt


Candi Ijo memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki candi-candi lain di Jogja, daya tarik tersebut adalah jika anda berkunjung ke Candi Ijo anda akan dapat melihat pemandangan atau panorama kota Jogja dari ketinggian yang sangat indah, bahkan anda akan dapat melihat landasan pacu atau runaway bandara Adisucipto dengan pesawat yang sedang take-off maupun yang sedang landing, maka dari itu Candi Ijo saat ini merupakan destinasi candi favorit di Jogja.

@putriratnaj14

Tidak berhenti disitu saja, daya tarik Candi Ijo yang lainnya selain bangunan candi yang gagah dan pemandangannya yang indah, dari sini anda dapat berburu sunset atau matahari terbenam. Ya, Candi Ijo adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset atau matahari terbenam di Jogja. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan datang hanya untuk berburu sunset atau matahari terbenam dari Candi Ijo.

Candi Ijo ini letaknya tidak jauh dari destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu terdapat Tebing Breksi yang hanya berjarak kurang lebih 500 meter di sebelah barat candi, selain itu juga terdapat Candi Barong, Candi Banyunibo, Ratu Boko dan Candi Prambanan yang masih dapat dikatakan berdekatan dengan lokasi Candi Ijo.
@nyimas2020


Yang Menarik Dari Candi Ijo Yogyakarta


  • Candi Ijo terletak pada ketinggian 410 m di atas permukaan laut sehingga menjadi kompleks candi dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta.
  • Waktu terbaik untuk menikmati pesona Candi Ijo adalah sore hari dimana bebatuan candi terguyur sinar mentari senja. Selain itu pengunjung bisa menyaksikan sunset yang indah.
  • Pada teras ke-9 Candi Ijo terdapat prasasti batu yang memuat mantra-mantra yang diperkirakan berupa kutukan.
  • Di sekitar Candi Ijo terdapat lokasi penambangan Batu Gamping. Areal penambangan yang berupa tebing-tebing kapur berwarna putih ini kerap dijadikan lokasi pemotretan. Orang-orang sering menyebutnya sebagai White Canyon.
@adeliaazzahra97

Situs candi ini berupa lahan berteras-teras yang dikelilingi tebing. Lahan yang menjadi darat peletakan bangunan terdiri atas tanah cadas. Tanah tersebut terbilang labil. Saat musim penghukan sangatlah becek, namun ketika musim kemarau tiba tanahnya menjadi sangat kering dan retak-retak.

Kompleks Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan pada 11 teras berundak. Di teras puncak atau teras paling atas terdapat candi induk dan tiga candi perwara alias candi pendamping.

Halaman candi dipenuhi rumput yang hijau segar sehingga asyik dijadikan tempat piknik. Berada disini kamu akan merasakan suasana yang tenang dan damai. Kamu juga bisa menikmati panorama alam di bawah candi berupa teras-teras seperti di daerah pertanian dengan kemiringan yang curam.

@ekajullia

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke candi nan cantik ini, waktu terbaik yang bisa kamu pilih adalah saat pagi atau sore hari, dan tentu saja keduanya menawarkan pemandangan yang berbeda.

Jika kamu datang pagi-pagi, kamu bisa menikmati suasana candi yang sedikit mistis dan dingin akibat embun yang belum sepenuhnya menguap. Namun paparan sinar mentari pagi di atas bebatuan candi akan menampilkan warna batuan yang cemerlang.

Jika beruntung kamu juga bisa melihat lautan kabut yang menyelimuti daerah kaki bukit.

Kamu akan menjumpai pemandangan yang berbeda jika datang pada sore hari. Pada saat itu rumput hijau di halaman candi terasa hangat dan nyaman untuk diduduki. Kamu pun bisa menyaksikan pesona matahari terbenam di ufuk barat serta langit yang berubah menggelap. Tapi pastikan kamu hati-hati saat pulang, sebab jalannya berupa turunan tajam.
@leidyakintami

Lokasi dan Akses ke Candi Ijo

@vionnyelda_

Lokasi Candi Ijo yang berada di perbukitan dan berada di sebelah timur kota Jogja berbatasan langsung dengan kota Klaten membuat jaraknya dengan pusat kota Jogja memang lumayan jauh, namun demikian jika anda sengaja untuk datang ke Candi Ijo dijamin anda tidak akan menyesal menempuh perjalanan panjang untuk melihat keindahan yang ada.

Alamat Candi Ijo tepatnya berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaen Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

@sitiaissss

Dengan lokasinya yang berada di atas perbukitan membuat rute menuju Candi Ijo bisa dikatan lumayan menantang terlebih saat sudah mulai memasuki Desa Sambirejo. Jalan yang akan anda lewati sebagian besar adalah jalan tanjakan yang cukup curam dibeberapa titik, maka dari itu sangat dianjurkan untuk selalu memeriksa kendaraan anda sebelum menuju Candi Ijo ini. Utnuk keadaan jalannya saat ini sudah cukup baik walaupun dibeberapa titik masih terdapat jalan bergelombang dan berlubang.

Rute menuju Candi Ijo dapat anda ditempuh dari arah kota Yogyakarta, untuk rute dari Kota Yogyakarta anda harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Solo hingga pertigaan Candi Prambanan lalu anda belok ke kanan atau menuju arah timur memasuki Jalan Prambanan-Piyungan hingga menjumpai papan nama Candi Ijo anda belok kiri terus ikuti jalan dan mulai di titik ini jalanan sudah mulai menanjak hingga sampai di Candi Ijo.

Jarak dari Kota Jogja ke Candi Ijo kurang lebih adalah 19 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Candi Ijo sekitar 50 menit.


Harga Tiket dan Parkir di Candi Ijo

@jennymartha_

Harga tiket masuk Candi Ijo dapat dikatakan masih sangat terjangkau untuk semua kalangann. Untuk dapat masuk ke area Candi Ijo saat ini anda dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000. Harga tiket masuk Candi Ijo yang masih tergolong murah ini menjadi salah satu faktor ramainya Candi Ijo dikunjungi wisatawan. Sedangkan untuk harga parkir Candi Ijo anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Candi Ijo

Fasilitas yang ada di Candi Ijo dapat dikatakan sudah baik namun demikian masih tetap harus ditingkatkan untuk lebih memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung, diantaranya adalah:

Wahana Candi Ijo
  • Spot Foto
  • Gazebo

Fasilitas Pendukung

  • Papan Informasi Sejarah Candi
  • Toilet
  • Parkir

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar