Keindahaan Candi Prambanan Dan Kisah Cinta yang Melegenda

Keindahaan Candi Prambanan Dan Kisah Cinta yang Melegenda
instagran.com/farhan.ferjian


Candi Prambanan Jogja menjadi candi tercantik se-Asia Tenggara. Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu dengan bangunan yang terbesar di Indonesia.

Sekitar tahun 850 Masehi candi Prambanan ini dibangun oleh para raja-raja yang berasal dari Dinasti Sanjaya, untuk lebih tepatnya yaitu Rakai Pikatan dan kemudian berhasil diperluas oleh Balitung Maha Sambu dimasa kerajaan Medang Mataram.

@will_jonatan

Jika berbicara mengenai sejarah, Candi Prambanan seolah sudah menjadi simbol kisah cinta yang melegenda, cerita legenda tersebut merupakan kisah cinta seorang pangeran yang bernana Bandung Bondowoso yang memiliki ketertarikan dan jatuh cinta kepada seorang putri yang bernama Roro Jonggrang.

Sayangnya, sang putri Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso, terjadilah cinta bertepuk sebelah tangan. Roro Jonggrang pun akhirnya mencari cara agar Bandung Bondowoso tidak lagi mencintainya, lalu Roro Jonggrang mengajukan syarat yang harus dipenuhi jika ingin tetap mencintainya, Bandung Bondowoso harus membuat 1.000 candi dalam waktu 1 malam yang terlihat mustahil.

@patriciarani93

Dengan sangat yakin Bandung Bondowoso pun berani untuk menerima tantangan yang diajukan Roro Jonggrang, dengan kesaktiannya dan dibantu oleh bala bantuan dari bangsa jin akhirnya Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan syarat yang diajukan Roro Jonggrang. Melihat hal tersebut, Roro Jonggrang panik dan mencari cara agar Bandung Bondowoso gagal menyelesaikan 1.000 candi.

Sang putri pun membangunkan selir-selirnya untuk menumbuk lesung dan membangunkan ayam jago agar berkokok dan membakar api disebelah timur supaya terlihat keadaan sudah pagi. Benar saja usaha Bandung Bondowoso membuat candi sudah mencapai 999 candi tinggal 1 candi lagi.

Bandung Bondowoso pun kaget dan mencari tahu ada apa sebenarnya, tidak lama kemudian Bandung Bondowoso mengetahui dirinya dicurangi oleh Roro Jonggang. Mengetahui hal tersebut ia pun sakit hati dan murka sehingga Bandung Bondowoso mengutuk sang Roro Jonggrang menjadi arca untuk candi yang ke-1.000.

Seperti itulah kiranya sejarah dari Candi Prambanan.

@riskasetiiaa

Dibalik cerita sejarah yang melegenda, Candi Prambanan menyimpan keindahan dan kemegahan yang luar biasa tidak kalah dengan lain yang lebih besar. Keindahan Candi Prambanan mampu menyedot wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, terlebih saat musim liburan Candi Prambanan seakan menjadi destinasi wajib jika anda berwisata di Jogja.

Terdapat suatu pertunjukan yang tidak kalah populer yaitu pertunjukan Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana, pertunjukan ini mengambil alur cerita dari relief yang berada di Candi Prambanan yang menceritakan kisah Ramayana.

@riskasetiiaa

Pertunjukan Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana di panggung terbuka yang disebut Trimurti. Pementasan dengan musik gamelan dan alat musik tradisional jawa menceritakan Tokoh Ramayana .Harga tiket bervariasi mulai dari 125.000 ribu hingga 400.000 ribu.

Cukup mahal tapi sangat memuaskan lokasinya sendiri tidaklah jauh dari kawasan candi prambanan tepatnya di belakang candi. Pertunjukan ini dimulai dari pukul 19.30- selesai.

Lokasi Candi Prambanan yang Unik


@dianfiqhyyy

Banyak yang masih bingungn tentang Candi Prambanan terletak di mana. Memang lokasi Candi Prambanan ini unik sekaligus membuat orang bingung menulisnya. Soalnya bagian pintu masuk komplek candi berada di wilayah Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa tengah. Sedangkan bagian kompleknya berada di wilayah Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jadi dua kecamatan yang sama namanya namun beda provinsinya tiket masuk candi prambanan jogja

Letak lokasinya di jalan Jogja-Solo. Karena candi ini berada di tempat strategis maka pengunjung yang tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Kamu juga dapat untuk mengandalkan smartphone canggih yang kamu miliki dengan menggunakan google maps.

@amandarestuwid1


Tiket Masuk Candi Prambanan 2020

Harga tiket masuk ke obyek wisata Candi Prambanan 2020 terbilang sangatlah murah. Berikut ini rinciannya.
  • Harga tiket untuk wisatawan lokal dewasa Rp40.000.
  • Harga tiket untuk wisatawan lokat anak-anak Rp10.000.
  • Harga tiket untuk wisatawan asing dewasa $18.
  • Harga tiket untuk wisatawan asing anak-anak $9
Nb: Harga tiket diatas bisa berubah-ubah tergantung low season dan high season – tiket masuk candi prambanan.


Fasilitas di Candi Prambanan

@tentangjogja_com

Untuk fasilitas, Candi Prambanan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung nyaman. Untuk berkeliling komplek candi yang begitu luas, kamu tak perlu berlelah-lelah jalan kaki. Naik saja kereta mini dengan tarif 10rb.

Untuk urusan oleh-oleh dan cindera mata, di sekitar candi sudah tersedia pasar seni. Di sana kamu bisa berburu beragam souvenir khas ala Prambanan. Mulai dari kaos, miniatur candi, gelang, kalung, gantungan kunci dan lain sebagainya lokasinya saat anda pintu keluar dari area candi.

@shiluzt

Gimana Tertarik ke Candi Prambanan??

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar