Sendratari Ramayana di Prambanan , Tarian Dengan Nuansa Drama


Sendratari Ramayana adalah singkatan dari kata seni drama dan tari artinya seni drama yang ditarikan. Yang sebelumnya disebut Ramayana Ballet. Sendratari Ramayana ini sering dipertunjukan di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta. Kalian bisa menikmati keindahan candi Prambanan di malam hari sambil menikmati pertunjukan tari.. romantis kan??

Kesenian ini dinamakan Sendratari Ramayana karena cerita yang diangkat adalah cerita Ramayana. Sudah tau kan cerita Ramayana? Jika kamu sama sekali ndak tau cerita Ramayana , mungkin selama ini yang kamu tonton hanya sinetron mertua jahat. hehee.. oke , baiklah sedikit sinopsis Sendratari Ramayana Prambanan , menceritakan kiah cinta Rama dalam menyelamatkan Sinta yang diculik oleh raja alengka bernama rahwana. Selain berisi tentang cinta dan perjuangan, cerita ini juga berisi tentang kebaikan dalam melawan angkaramurkaan. Kisah dalam sendratari ini juga terukir pada salah satu dinding Candi Prambanan. Tepatnya pada Candi Syiwa.

Karena ceritanya yang panjang, maka dalam pertunjukan Sendratari Ramayana cerita tersebut dirangkum dan dibagi menjadi 4 episode, yaitu hilangnya Sinta, perjalanan Hanoman ke Alengka, kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan pertemuan kembali Rama dan Sinta.

Meskipun pertunjukan ini memiliki unsur drama, tapi pertunjukan Sendratari ini dibuat tanpa dialog sepatah-kata-pun! Maka kalian seharusnya mencermati setiap gerak tari dan irama musiklah yang menjelaskan jalannya cerita drama dan segala ketegangannya. Jadi jangan sampai ketinggalan!

Ada baiknya kalian tahu dulu jalan ceritanya atau setidaknya mengetahui inti dari ceritanya sebelum melihat pertunjukan ini. Banyak, sih yang bilang kalo udah tahu jalan ceritanya, jadi gak seru. Well, gak gitu juga kok. Dengan segala unsur drama seperti musik dan pencahayaan yang wonderful, membuat pemahaman kamu tambah mantap!

Hal lain yang menakjubkan dari Sendratari Ramayana Prambanan adalah tata panggung dan tata lampunya yang megah. Jika kalian menyaksikan di panggung terbuka, maka kalian akan melihat bagaimana indahnya Candi Prambanan di malam hari dalam guyuran lampu warna-warni. Warna candi dan tata lampu panggung akan berubah-ubah sesuai dengan emosi dalam cerita.

Suasana pun makin meriah tatkala sinden melantunkan tembang Jawa dalam iringan musik gamelan. Di panggung utama, sekelompok penari menggerakkan badannya dengan gemulai. Ini bukanlah pertunjukan tari biasa, namun pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan alias kolaborasi seni drama tanpa dialog dan tari yang mengisahkan tentang cerita Ramayana.


Kalian juga akan dibuat terpesona dengan atraksi akrobat sosok pasukan kera. Dan hal yang cukup menegangkan sekaligus seru adalah adegan saat bola api yang semula akan digunakan untuk membakar Hanoman justru berbalik dan membakar kerajaan Alengka. Adegan Anoman membakar kerajaan disuguhkan dengan nyata dimana Anoman membakar panggung. Atraksi api menjilat-jilat di kaki candi ini menjadi puncak tontonan yang mengesankan. Ngga cukup sampai disitu. Permainan api juga dilanjutkan dalam adegan Shinta membakar dirinya. Meski sebelumnya kalian terkantuk-kantuk karena mendengar alunan gending dan merdu suara sinden, saat sampai di babak ini dijamin bikin jantung dag-dig-dug-dwer deh dan ini bukan pertunjukan terpisah melainkan bagian dari drama, lho! Cool!

Setiap adegan akan membuat kalian terlarut dalam alur ceritanya merasakan setiap ketegangan dan haru dari kisah cinta yang tradisional bukan cinta-cintaan sejenis FTV.

Nah, buat kalian yang pengen nonton pertunjukan ini sebaiknya melakukan reservasi tiket terlebih dahulu supaya tidak kehabisan nantinya. Ada banyak pilihan tiket untuk menikmati pagelaran indah ini, mulai dari tiket VIP hingga tiket khusus pelajar. Untuk tiket kelas 1 dan 2, anda hanya mendapatkan fasilitas tempat duduk, sedangkan untuk tiket VIP dan VVIP mendapatkan soft drink pada saat pementasan. Khusus bagi rombongan pelajar domestik, dengan melampirkan surat dispensasi dari sekolah dan jumlah minimal 30 orang bisa mendapatkan harga khusus.

Jika kalian sedang berlibur di Jogja dan sekitarnya dan tidak punya kegiatan di malam hari atau gabut bosan hanya menonton TV di kamar hotel, datang saja ke lokasi sendratari Ramayana Prambanan. Dijamin kamu akan mendapatkan malam yang berkesan. Sekali menonton pasti ketagihan dan ingin menonton lagi.

Untuk info lengkap jadwal dan harga tiket terupdate silahkan lihat di bawah ini :
Jadwal dan Harga Ramayana Ballet Prambanan

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar