Bernostalgia Bersama Para Teletubbies! Ada yang Masih Ingat Sama Mereka?


Hai Gaes... kamu yang lahir di tahun 80-an akhir sampai pada tahun 90-an dan suka banget nonton Teletubbies? dan sekarang harusnya udah nikah kan yaa..??

Iya, Teletubbies. Itu loh, acara siaran anak-anak di televisi yang pertama kali disiarkan di Indosiar kalo nggak salah. Udah inget belom? Kalau kalian masih ingat sama Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po, fix ... berarti kita seumumuran.


Teletubbies merupakan siaran televisi yang diperuntukkan bagi anak-anak dan ditayangkan di Indonesia sekitar awal tahun 2000-an, tahun itu ane masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Aslinya acara televisi anak-anak yang mengisahkan pertemanan antara 4 sahabat baik ini, berasal dari Inggris, diciptakan oleh Anne Wood dan Andrew Davenport dari Ragdoll Productions.


Kenapa sih kok Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po disebut sebagai para Teletabbies?

Mereka disebut "Teletubbies" karena kalau kalian perhatikan dengan seksama, di bagian pertengahan tayangan setiap episodenya pasti pada bagian perut mereka akan menyala, seperti di bagian itu terdapat televisinya.

Dan biasanya televisi itu akan terhubung dengan anak-anak dari tempat yang jauh, menurut ane seperti ektra part pada sebuah film gitu deh ... tapi ane suka wkwkwk, kalo sekarang masih ada acara film anak-anak Teletubbies, pasti dah ane pantengin sampe habis, kaga peduli walaupun umur ane udah tuwir sekarang wkwkwk ....

Acara Teletubbies mengenalkan kepada anak-anak pada masa itu tentang lingkungan sekitar dan juga interaksi sosial.

Tanggung jawab, saling tolong-menolong, saling menyayangi, dan berkata jujur serta masih banyak lagi pelajaran positig lainnya untuk anak-anak pada acara itu.

Kalau sekarang ane lihat acara anak-anak memang sudah banyak, tapi yang seperti acara Teletubbies udah nggak ada lagi 😅, kebanyakan kartun malah nggak ada dialognya dan identik dengan aksi kekerasan, misalnya mukul temannya pake kulkas trus jadi gepeng tapi idup lagi kaya cacat logika, bahaya kalau ditiru sama anak-anak yang belum ngerti.

Selain itu bila anak kecil yang belum lancar bicara menonton acara kaya gitu kan jadi kasihan ... mereka memang jadi anteng, mau diam sambil nonton TV, tapi kemampuan mereka untuk berbicara jadi terlambat, terlebih bila kedua orang tuanya sibuk bekerja misalnya, dan menitipkan anak pada pembantu atau babysister.

Rumahnya Teletabbies yang bernama Tubbytronic Superdome itu bentuknya lucu banget menurut ane, kaya rumah-rumah yang dirancang untuk tahan gempa gitu, tapi yang ini uniknya kaya menyatu sama tanah, soalnya hampir di seluruh bagian luarnya ditumbuhi oleh rumput wkwkwk. pada bagian atasnya juga terdapat lubang tempat keluarnya para Teletubbies dari rumah mereka selain pintu yang ada di bagian depan rumah.

Para Tokoh Utama Teletubbies

Tinky Winky
Tinky Winky digambarkan sebagai Teletubbies laki-laki yang paling tua dan paling tinggi, dengan tubuh berwarna ungu juga antena di kepalanya yang berbentuk segi tiga, ane sendiri nggak tau kenapa Teletubbies ada antenanya, mungkin antena itu merupakan antena televisi yang terpasang di bagian perut mereka, soalnya sebelum televisi pada bagian perut mereka menyala pasti antena di kepala mereka bakalan terlebih dahulu mengeluarkan cahaya. Benda kesayangan Tinky Winky yaitu sebuah tas tangan yang berwarna merah.

Dipsy
Dipsy, Teletubbies yang satu ini berwarna hijau dan memiliki warna paling gelap di bagian wajahnya dari pada para Teletubbies lainya. Bentuk antena di atas kepalanya seperti tongkat yang lurus ke atas. Benda kesayangan dari Dipsy yaitu topi yang menyerupai topi dari seorang pesulap, tapi bagian tengahnya bolong wkwkw. Topinya Dipsi juga memiliki corak berwarna hitam putih.


Laa Laa
Laa Laa, Teletubbies memang terdiri dari dua tokoh laki-laki dan dua tokoh perempuan. Tokoh perempuan yang pertama yaitu Laa Laa. Laa Laa memiliki warna tubuh kuning dengan antena berbentuk spiral di atas kepalanya. Benda kesayangan Laa Laa yaitu bola karet yang berwarna jingga.



Po
Selanjutnya Po, sebagai tokoh Teletubbies perempuan yang ke dua dan terakhir. Po menjadi Teletabbies kesukaan saya lho hahhaaa, soalnya dia yang paling imut dan ngegemesin kayak kamu..iya kamu. Ya ampun dah ... padahal ane cowo lo, tapi pernah suka sama tokoh perempuan dalam acara anak-anak ...

Po memiliki ukuran tubuh paling kecil dan paling pendek, dengan tubuh berwarna merah juga antena di bagian kepala yang berbentuk lingkaran. Benda kesayangan dari Po yaitu skuter.

Yang paling ane inget sampai sekarang dari acara Teletubbies yaitu saat para Tubbies bilang "Saatnya Berpelukan" wkwkwk. nah lo, jangan dipraktein sama sembarangan orang ya! Apalagi sekarang lagi pandemi COVID-19.


Para Tokoh Pendukung
Tokoh pendukung dari acara ini yaitu ada Bayi Matahari, tugas dari Matahari dengan wajah bayi ini yaitu membangunkan Teletubbies di pagi hari.

Selanjutnya ada Noo Noo, sosok Noo Noo yang sering membuat kenakalan ini juga nggak bisa lepas dari para Teletubbies. Sebagai mesin penghisap debu, Noo Noo hampir selalu berada di dalam rumah untuk bersih-bersih, dan terkadang mengalami kerusakan atau "eror" sehingga menyedot apa pun yang ada di depannya wkwkwk.


Voice Trumpets
, kalau yang ini berupa pipa yang mirip seperti periskop pada sebuah kapal selam, tapi mampu mengeluarkan suara. Voice Trumpets ini selalu mengawasi para Teletubbies.


Puding dan Kue Tubby

Dua hal lagi yang bikin ane selalu ingat dengan Teletubbies, yaitu Kue Tubbie yang berbentuk lingkaran dan juga Puding Tubbie yang dimakan dengan menggubakan mangkuk yang terbuat dari selang transparan, jadi kalau mau menyantap puding ini tinggal di sedot saja dari salah satu ujung selangnya yang terhubung dengan bagian dasar mangkuk itu wkwkwk.

Gimana.., udah berasa kayak bernostalgia ke masa kecil kalian belum? Semoga thread ane kali ini bisa sedikit menghibur semuanya ya. Tetap semangat, tetap bahagia, dan tetap jaga kesehatan kalian semua!

Waktu yang sudah berlalu tak akan bisa terulang kembali, hanya kenangan indahnya yang masih tersimpan dalam ingatan.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar