Rumus-rumus Microsoft Excel Yang Jarang Orang Ketahui Tapi Sangat Berguna -->

Rumus-rumus Microsoft Excel Yang Jarang Orang Ketahui Tapi Sangat Berguna

Seperti diketahui bersama, Microsoft excel adalah salah satu aplikasi atau software yang banyak digunakan orang. Lantaran fungsinya yang cukup beragam, baik untuk perhitungan, membuat grafik, dan yang lainnya.

Microsoft Excel sendiri telah memiliki berbagai seri update setiap beberapa tahunnya. Microsoft Excel 2010, 2013, 2016 dan 2019. Beberapa versi Excel cenderung memiliki rumus yang sedikit berbeda dibandingkan pendahulunya, namun kebanyakan versi Excel memiliki rumus yang sama.

Microsoft Excel dapat digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak sekolah, hingga mereka yang sudah bekerja.

Dalam MS Excel, juga terdapat beberapa rumus excel yang akan membantu Anda membuat berbagai macam perhitungan, dan menjadikan proses menghitung jauh lebih cepat selesai.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa rumus Excel yang jarang diketahui, tetapi sebenarnya sangat penting untuk dikuasai.

CONCATENATE

Rumus CONCATENATE digunakan untuk menggabungkan teks dari beberapa sel menjadi satu string. Misalnya, jika kita memiliki nama depan dan nama belakang dalam dua sel terpisah, rumus CONCATENATE akan menggabungkan keduanya menjadi satu sel dengan format lengkap.

Contohnya, =CONCATENATE(A1, ” “, B1) akan menggabungkan isi sel A1, spasi, dan isi sel B1 menjadi satu string.

VLOOKUP

Rumus VLOOKUP (Vertical Lookup) digunakan untuk mencari nilai dalam kolom tertentu dari sebuah tabel berdasarkan nilai yang diberikan. Ini sangat berguna ketika kita memiliki tabel data yang besar dan ingin mencari nilai spesifik berdasarkan kriteria tertentu.

Misalnya, =VLOOKUP(A1, A1:B10, 2, FALSE) akan mencari nilai di kolom kedua dari tabel A1:B10 berdasarkan nilai yang ada di sel A1.

INDEX dan MATCH

Rumus INDEX dan MATCH digunakan bersama-sama untuk mencari nilai dalam tabel berdasarkan kriteria tertentu. Rumus INDEX digunakan untuk mengambil nilai dari tabel dengan merujuk pada nomor baris dan kolom tertentu, sedangkan rumus MATCH digunakan untuk menemukan posisi nilai tertentu dalam rentang data.
Kombinasi INDEX dan MATCH sangat berguna ketika kita perlu mencari nilai dalam tabel yang tidak memiliki susunan yang teratur.

Contohnya, =INDEX(A1:B10, MATCH(C1, A1:A10, 0), 2) akan mencari nilai di kolom kedua dari tabel A1:B10 berdasarkan nilai yang ada di sel C1.

TEXT

Rumus TEXT digunakan untuk mengubah format tampilan nilai dalam sel. Misalnya, kita dapat menggunakan rumus TEXT untuk mengubah format tanggal, waktu, atau angka menjadi format yang diinginkan.

Contohnya, =TEXT(A1, “dd/mm/yyyy”) akan mengubah nilai dalam sel A1 menjadi format tanggal dengan urutan tanggal, bulan, dan tahun.

TRANSPOSE

Rumus TRANSPOSE digunakan untuk membalikkan atau mengubah orientasi data dalam sebuah rentang. Misalnya, jika kita memiliki data yang disusun dalam bentuk kolom, rumus TRANSPOSE akan mengubahnya menjadi baris atau sebaliknya.

Contohnya, =TRANSPOSE(A1:A10) akan mengubah data dalam rentang A1:A10 menjadi orientasi baris.

Semoga uraian di atas dapat membantu pekerjaan baik di kantor maupun tugas akademis lainnya, ya!

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Rumus-rumus Microsoft Excel Yang Jarang Orang Ketahui Tapi Sangat Berguna , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...