Rumus Microsoft Excel yang Paling Sering Banyak Digunakan -->

Rumus Microsoft Excel yang Paling Sering Banyak Digunakan

Siapa sih yang tidak tahu Microsoft Excel? Aplikasi ini sering kita temui di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Hal itu membuktikan bahwa aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi dasar yang sangat penting kalian kuasai.

Maka dari itu, saat di sekolah kalian pasti pernah bertemu dengan materi pembelajaran tentang rumus Excel pada mata pelajaran Informatika. Kini, kemampuan dasar menggunakan Excel juga perlu dikuasai oleh para mahasiswa. Hal ini, berguna untuk memudahkan proses belajar, berhitung, bahkan berguna saat nanti masuk ke dunia kerja.

Apa lagi, sering kita temui banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pelamarnya dapat menguasai Excel.
Misalnya profesi Akuntan dan Data Analyst, kalian perlu menggunakan Excel untuk mengumpulkan dan mengelola data yang tersedia.

Apa Sih Microsoft Excel?

Sebelum kita mulai membahas rumus-rumus excel yang sering digunakan, apakah kamu mengetahui apa itu software Microsoft excel? Seperti yang kita tahu, Microsoft excel merupakan sebuah software spreadsheet yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik.

Hampir seluruh orang di dunia menggunakan software ini setiap harinya. Pada umumnya, software Microsoft excel digunakan untuk beberapa profesi tertentu, seperti akuntansi, finance, bidang industri, bidang statistik dan penelitian, dan bidang-bidang lainnya yang membutuhkan perhitungan.

Microsoft Excel sendiri merupakan software yang dikembangkan oleh Microsoft, yang digunakan untuk menganalisis data. Pertama kali dirilis pada tahun 1978, Microsoft Excel memiliki banyak manfaat untuk berbagai profesi seperti akuntansi, administrasi, bahkan untuk data scientist.

Fungsi Microsoft Excel

Belajar excel, berarti kamu harus paham mengenai fungsi dari software ini. Fungsi utamanya adalah sebagai aplikasi pengolah angka. Tapi di dalam dunia kerja, fungsi excel tidak hanya itu saja. Berikut fungsi Microsoft excel di dunia kerja:

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, dan meringkas data.
  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika.
  • Melakukan visualisasi data seperti dalam pembuatan berbagai macam grafik dan diagram.
  • Membuat catatan keuangan, anggaran keuangan dan menyusun laporannya.
  • Bisa untuk menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan hal-hal lainnya.
  • Melakukan analisa dan riset harga.
  • Mempersingkat proses pengolahan data.
  • Merapihkan data dalam jumlah skala yang besar.
  • Melakukan penrhitungan dari hasil sebuah penelitian.
  • Dan tentunya masih banyak lagi fungsi dari Microsoft excel yang bisa membantu dan mempermudah urusan angka dan perhitungan. Namun, meskipun bisa membantu dan mempermudah pekerjaan kamu, ternyata Microsoft excel tidak mudah untuk digunakan.

    Berikut Rumus-rumus dasar Microsoft Excel

    1. SUM
    =SUM(cell pertama:cell terakhir)
    Rumus Microsoft Excel pertama dan paling banyak digunakan adalah SUM. Rumus SUM sendiri berfungsi untuk menjumlahkan nilai dari spreadsheet. Rumus SUM juga bisa dipakai untuk mencari total nilai kumpulan data.
    Cara menggunakan rumus SUM di Microsoft Excel adalah dengan menuliskan formula “=SUM” diikuti dengan cell pertama : cell terakhir yang akan dijumlahkan, contohnya “=SUM(cell pertama:cell terakhir)”.

    2. IF
    =IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y]”
    Rumus Microsoft Excel berikutnya adalah IF. Rumus ini berfungsi untuk menampilkan kebenaran nilai dari kumpulan data di spreadsheet Microsoft Excel.
    Cara menggunakannya adalah dengan menulis formula “=IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y]”.

    3. Average
    =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)
    Average adalah rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata.
    Cara penggunaanya adalah dengan menulis formula “=AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)”.

    4. MAX dan MIN
    =MAX(cell pertama:cell terakhir)
    =MIN(cell pertama:cell terakhir)
    Rumus MAX digunakan dalam Microsoft Excel untuk menampilkan nilai terbesar dari kumpulan data.
    Cara menggunakannya adalah dengan menuliskan formula “=MAX(cell pertama:cell terakhir)”.
    Sedangkan MIN digunakan dalam Microsoft Excel untuk menampilkan nilai terkecil dari sebuah kumpulan data. Rumus yang digunakan adalah “MIN(cell pertama:cell terakhir)”.

    5. COUNT
    =COUNT(cell pertama:cell terakhir)
    Rumus yang banyak digunakan di Microsoft Excel lainnya adalah COUNT. COUNT merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung banyaknya nilai yang ada di tiap cell dalam kumpulan data.
    Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan formula “=COUNT(cell pertama:cell terakhir)”.

    Nah, itulah Rumus Excel dasar yang wajib kalian ketahui dan tentunya masih banyak lagi. Untuk mengetahui rumus Excel lebih lengkapnya kalian bisa mengakses halaman resmi Microsoft di support.microsoft.com. Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Terima kasih telah membaca Rumus Microsoft Excel yang Paling Sering Banyak Digunakan , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
    Image
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...