Ide Bisnis NFT Yang Bisa Mendatangkan Cuan. Yakin Gak Tertarik? -->

Ide Bisnis NFT Yang Bisa Mendatangkan Cuan. Yakin Gak Tertarik?

Ide bisnis NFT (Non-Fungible Token) jadi pilihan yang menarik bagi yang memiliki karya seni dan ingin menjualnya lebih mudah dan lebih memiliki harga yang tinggi.

NFT merupakan aset digital yang ada di blockchain. Blockchain sendiri fungsinya sebagai buku besar publik, yang memungkinkan siapa saja dapat memverifikasi keaslian dan kepemilikan aset.

NFT bisa dibeli dengan harga yang mahal karena beberapa faktor.
    Yang pertama karena NFT memiliki nilai historis. Bahkan CEO Twitter Jack Dorsey pernah menjual tweet pertamanya sebagai NFT hingga mencapai 2.915.835,47 dolar AS atau setara Rp41 miliar.

    Kedua, NFT dibuat oleh orang yang mempunyai pengaruh, mempunyai kredibilitas dan terkenal. Contohnya, digital artist Beeple, NFT karyanya, Everydays : The First 5000 Days laku terjual mencapai 69 dolar AS di Christie’s.

    Ketiga, NFT mempunyai rasa yang kuat atau story telling yang kuat.

Di Indonesia, sebuah lukisan milik intelektual entrepreneur Denny JA berjudul ‘A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas’ terjual dengan harga Rp 1 miliar.

Lukisannya itu sudah sepekan dilelang di Opensea, salah satu tempat lelang terbesar di dunia untuk karya digital NFT. Tweet miliknya juga terjual sekitar Rp 100 juta. Tweet ini dibuat pada 2015 dalam bahasa Inggris dan berbunyi “Share our love by stopping discrimination in Indonesia and in the world. RT if you agree.”

Lalu apa aja ide bisnisnya, yuk langsung kita bahas !

Menulis artikel bertema NFT

Yupss seperti yang kami lakukan ini. Ada banyak sekali orang-orang yang mencari tau terkait NFT ini. Kalian bisa merangkum artikel dari berbagai sumber, dan menulisnya sendiri di blog atau website kalian. Jangan lupa untuk memonetisasi blog dengan iklan atau tautan afiliasi juga untuk menambah pundi-pundi penghasilan ya.

Kursus Online NFT

Kalau kalian lebih mengerti tentang ekosistem yang terbangun di NFT, mulai dari pembuatan sampai ke menjualnya. Akan jauh lebih baik kalian membuka kursus ataupun pelatihan secara online dengan berbagai tingkat, dari yang biasa-biasa saja hingga ke tingkat vip. Atau buat lah sebuah modul terkait NFT dan member harus membayar untuk mengakses modul tersebut.

Menjadi Pialang NFT

NFT sedang dibeli dan dijual dalam jumlah rekor. Tentu saja, ada permintaan tinggi untuk pasar dan broker yang aman dan terenkripsi yang memungkinkan pembeli dan penjual melihat, menugaskan, dan bertransaksi NFT.

Bikin Koleksi NFT

Kalian punya koleksi yang asli, contohnya kartu perdagantan olahraga atau foto yang bertanda tangan ? kalaian bisa melestarikannya dan mengotentikasinya di NFT.

Jadi Seniman NFT

Kalau kalian nggak mau pusing untuk membuat karya yang spesifik, kalian bisa juga kok bikin karya seni digital yang berbentuk abstrak dan mengubahnya menjadi NFT lalu dijual di forum-forum populer seperti Reddit, DevianArt dll.

Bikin Aplikasi NFT

Kalau kalian adalah anak pemrograman yang bisa membangun sebuah aplikasi. Peluang ini sangat cocok, karena melihat pembelian, penjualan di NFT sangat besar. Kalian bisa mengambil komisi dari setiap pembelian dan penjualan untuk mengambil keuntungan.

Plus Minus NFT sebagai Aset Digital

Setiap NFT mempunyai keunikannya masing-masing dan berbeda dengan NFT lain. Baik property, bahkan soal nilainya. Sebab tiap NFT diberikan digital hash yang membedakannya dari NFT lain. NFT yang langka bisa digunakan dalam koleksi dan seni. Bahkan NFT sudah digunakan dalam kartu ucapan dan barang. Selain itu, NFT juga tidak akan berubah sebab tokennya tidak bisa ditukarkan berbasis blockchain. Sehingga NFT tidak akan pernah bisa diubah, dihapus bahkan diganti.

Kelangkaannya juga menambah nilai yang hanya bisa ditentukan oleh pengembangnya. Pengembangnya bisa menghasilkan token non-fungible dalam jumlah yang tak terbatas dan sering memperbarui token untuk menjaga minat tetap tinggi. Teknologi blockchain yang tidak bisa ditukarkan tokennya membuat Anda harus yakin bahwa NFT Anda adalah valid. NFT juga bisa menyertakan kontrak pintar. Kontrak pintar merupakan fitur lain dari teknologi blockchain yang menarik. Karena pada dasarnya, mereka bisa menyimpan instruksi yang dieksekusi saat kondisi tertentu terpenuhi.

Sedangkan kelemahan NFT sebagai aset digital antara lain adalah tingkat likuiditasnya. Sebab siapapun yang membeli NFT belum tentu juga dapat menjualnya kembali. Kedua, overspeculation, sebab bersifat non-fungible. Sehingga rentan terhadap overspeculation. Pasalnya orang menetapkan harganya secara kualitatif bukan kuantitatif. Ketiga, masih rentan pembajakan digital atau pencurian identitas seniman. Hal ini karena tidak ada mekanisme yang menangani hal tersebut. Bahkan masalah penyimpanannya pun hanya disimpan dalam wallet yang ada di marketplace itu saja. Belum ada mekanisme penyimpanan NFT yang terdesentralisasi.

Gimana tertarik dapat cuan dari bisnis NFT?

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...