Keindahan Air Terjun Sumber Pitu Pujon Malang, 7 Air Terjun dalam Satu Tebing

Keindahan Air Terjun Sumber Pitu Pujon Malang, 7 Air Terjun dalam Satu Tebing

Kota Malang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya, maka nggak heran kalau Malang punya destinasi wisata alam yang melimpah. Selain banyak dikelilingi pegunungan, kamu juga bisa merasakan segarnya sumber air terjun yang tersebar di berbagai tempat yang ada di Malang dengan suasana yang terkenal dingin nan sejuk.

Salah satu air terjun itu ialah Air Terjun Sumber Pitu di Desa Pujon Kidul. Biasanya warga setempat menyebut air terjun ini dengan kata “coban”. Uniknya, sumber ini mempunyai tujuh titik sumber air terjun dalam satu tebing.

Air tejun sumber pitu malang, atau warga sekitar malang sering menyebutnya dengan Coban Sumber Pitu Pujon. Dalam bahasa Indonesia nama Coban Sumber Pitu berarti air terjun yang memiliki tujuh sumber air. Disebut begitu konon menurut cerita air terjun ini memang memiliki tujuh sumber air yang saling berdekatan dan mengucur ke bawah tebing selebar kurang lebih 50 m.

Nama lain dari Air Terjun Sumber Pitu Tumpang adalah Coban Sumber Pitu, dan Umbulan Pitu. Air terjun Sumber Pitu ini bisa dibilang masih begitu alami serta lokasinya agak tersembunyi di tengah hutan yang berada di wilayah hutan milik perhutani kab. Malang.

Air Terjun Coban Sumber Pitu Pujon memiliki bentuk yang indah seperti tirai raksasa. Air terjun sumber pitu Malang ini memang memiliki 7 titik air terjun dalam satu tebing yang cukup tinggi. Semua sumber air di Coban Sumber Pitu ini jatuh dengan cara yang eksotis.

Pemandangan air terjun semakin tampak indah dengan adanya tebing yang ditumbuhi oleh tamanan hijau. Sungguh spot fotogenik! Walaupun musim kemarau, air terjun ini akan tetap ada airnya, hanya saja debit airnya sedikit berkurang. Bahkan Air Terjun Sumber Pitu Tumpang terkenal tidak pernah surut. Hal tersebut tentu menjadi hal mendasar dari destinasi wisata air terjun.

Lokasi Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Air Terjun Sumber Pitu Pujon terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi, paling mudah melalui jalur Batu – Kediri. Dari kota Malang langsung saja menuju ke kota wisata Batu.

Dari kota Batu ambil arah menuju ke jalan Batu – Kediri. Lurus terus sampai pertigaan dengan sebuah patung sapi di pertigaan Ringin Punden lalu belok ke kiri. Dari sana lurus menuju ke barat arah dusun Pujon Kidul.

Rute Menuju Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Arah jalan menuju coban ini hampir sama dengan jalur menuju Coban Rondo. Jika berangkat dari kota Malang arahkan kendaraan ke kota wisata Batu. Selanjutnya dari kota Batu ambil arah ke jalan utama Malang-Kediri. Lurus terus hingga bertemu dengan pertigaan yang ditandai adanya Patung Sapi Pujon. Ambil ke arah kanan dan tak jauh dari patung ini sekitar 30 m di sebelah utara terdapat pertigaan jalan lagi yang dikenal dengan pertigaan Ringin Punden. Di pertigaan ini ambil belokan ke kiri lalu terus lurus sejauh 3 km menuju arah ke barat sampai masuk ke Desa Pujon Kidul. Kondisi jalan masuk ini sudah beraspal baik akan tetapi mengerucut menjadi jalan beton seukuran satu mobil hingga tiba di pintu gerbang coban.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Terminal Landungan naik nis jurusan Jombang-Kediri atau naik angkutan BNK jurusan Batu-Ngantan-Kasembon bila berangkat dari Terminal Batu. Turun di pertigaan Ringin Punden. Selanjutnya dari sini naik ojek ke Desa Pujon Kidul

Setelah menitipkan dan memarkirkan kendaaan di parkiran bawah (dikenal sebagai Pos 1) di Dusun Tulungrejo pertama-tama perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km dengan waktu tempuh 30 menit menuju lahan parkir di atas (dikenal sebagai Pos 2). Selain dengan berjalan kaki bagi yang membawa kendaraan roda dua dapat di bawa berkendara ke sini. Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 ini nantinya akan melewati perkebunan sayur milik warga dan hutan milik perhutani.

Lalu dari lokasi tempat parkir atas perjalalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak tanah naik turun bukit melewati semak belukar dan ilalang sejauh kirang ebih 3 km.

Dan terakhir, masih dengan berjalan kaki, melewati jalan setapak sempit dengan sisi kanannya tebing curam dan menurun sejauh kurang lebih 2,5 km. Setelah itu memanjat tebing dengan kemiringan hampir 45 derajat.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Harga tiket masuk Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Rp. 5.000 per orang. Adapun tarif parkir sepeda motor Rp. 5.000 per unit. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu

Jam Operasional Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Jam operasional Air Terjun Sumber Pitu Tumpang buka dari pukul 07.00 – 18.00. dari hari Senin – Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Tidak ada penginapan di lokasi Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Fasilitas Yang Tersedia

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang ini tergolong masih tersembunyi, sehingga fasilitasnya pun belum memadai. Termasuk juga akses jalan masuknya yang masih berupa tanah dan belum diperkeras dengan semen maupun aspal. Fasilitas dasar yang tersedia di tempat ini adalah mushola, warung, dan toilet.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera agendakan kedatanganmu di salah satu tempat wisata Alam di Malang satu ini.

Selalu patuhi protokol kesehatan dan keamanan. Jangan membuang sampah sembarangan !

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar