Pantai Slili di Gunung Kidul Jogja, Tempat Wisata Hits Yang Bakal Membuatmu Terpesona!

Pantai Slili di Gunung Kidul Jogja, Tempat Wisata Hits Yang Bakal Membuatmu Terpesona!

Pantai Slili Gunung Kidul , Tempat Wisata Hits Yang Bakal Membuat Terpesona!

Menelusuri keindahan pantai yang tersebar di wilayah Gunung Kidul memang menyenangkan. Apalagi setiap pantainya memiliki keunikan tersendiri dan pemandangan yang berbeda-beda pula. Bila memiliki banyak waktu mengapa tak mengunjungi seluruh pantainya saja sekalian. Dari ujung barat mulai Pantai Baron sampai ujung timur terdapat Pantai Sadeng memang cukup menggoda untuk ditelusuri.

Atau bila ingin mengunjungi pantai yang lebih mungil karena ukurannya yang lebih kecil dari pantai lainnya, kamu bisa mengunjung Pantai Slili. Lokasinya memang menyempil diantara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang dipisahkan oleh dua buah bukit. Untuk ukuran pantai yang hanya memiliki garis pantai 100 meter pantai ini memang tergolong kecil.

Seperti pantai lainnya yang berada di Gunung Kidul, Pantai Slili juga didominasi oleh batu karang. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Pantai Watu Lawang atau yang diartikan sebagai pintu batu. Bila diperhatikan lebih seksama terdapat sebuah pulau kecil dimana di bawahnya terdapat sebuah lorong menyerupai pintu.

Namun, belum banyak wisatawan yang mengenal pantai ini sehingga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mencari ketenangan. Pasir pantai yang masih bersih, ombak yang tidak terlalu besar karena terhalang karang menjadi tempat yang sempurna untuk menyesap kesunyian. Keindahan pantainya bagai surga tersembunyi yang belum terjamah.

Mau tahu apa saja yang harus kamu tahu tentang Pantai Slili? Yuk intip!

1. Asal mula nama Slili

Pantai Slili Gunung Kidul , Tempat Wisata Hits Yang Bakal Membuat Terpesona!

Ternyata ada makna dibalik pemberian nama pantai ini. Menurut para penduduk sekitar nama Slili diambil dari bahaasa jawa yaitu, Mili yang artinya mengalir.

Konon ceritanya, ada seorang pencari rumput laut yang suatu ketika menemukan goa di dinding bukit batu karang. Goa itu disebut ‘lawang watu’ atu watu Walang atau pintu batu yang memiliki air di dalamnya yang kemudian membuat pantai ini dinamakan dengan nama Slili yang artinya mengalir.

Selain disebut Pantai Watu Lawang , Pantai Slili juga disebut juga Slili Love , karena di pantai ini terdapat hiasan yang dibentuk dari bunga plastik berbentuk hati yang melambangkan sebuah cinta dengan bagian tengahnya terdapat tulisan Slili Beach. Hiasan ini yang biasanya menjadi spot foto pengunjung. Di pantai ini juga terdapat pohon sakura yang biasanya dijadikan sebagai spot foto.

2. Pantai berpasir halus

Pantai Slili dikenal memiliki hamparan pasir putih yang halus,lembut dan berkilau. Letaknya yang tak jauh dari jalan raya membuat wisatawan bisa langsung menikmati keindahan lautnya ditambah dengan dua bukit yang mengapit pantai ini semakin menambah eksotik pantai .

3. Naik-naik ke puncak bukit’ dan temukan keindahan Pantai Slili yang mempesona.

Ingin lebih puas menikmati pemandangan pantai ini? Kalian bisa melihatnya melalui puncak bukit yang ada di antara Pantai Krakal dan Pantai Slili.

Dari atas bukit ini kita bisa menikmati pemandangan dua sisi pantai. Deburan ombak dan hamparan pantai akan terlihat lebih indah. Tapi perlu diingat, harus tetap hati-hati karena tidak ada pagar pembatas sehingga tidak disarankan untuk terlalu ke pinggir pantai.

4. Fasilitas yang ada

Walaupun tergolong mungil ,pantai ini mampu memberikan fasilitas yang lengkap. Seperti area parkir yang cukup luas, gazebo dan tempat makan yang menyediakan aneka olahan laut yang bisa dipilih sesuai selera jadi tidak perlu khawatir bila perut terasa lapar kita bisa memesan makanan di sini.

Selain itu disediakan pula penginapan yang tersebar di sepanjang jalan di area pantai dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kantong kita. Terdapat juga toilet untuk para wisatawan membersihkan diri setelah berenang ada juga mushola yang disediakan untuk kaum muslim yang akan beribadah. Di pantai ini juga terdapat spot-spot foto yang tentu saja fotogenic dan intagramble.

Peralatan snorkeling juga bisa kamu sewa di sini karena letaknya yang bersebalahan dengan Pantai Sadranan. Bila hobi snorkeling tak ada salahnya memanfaatkan kesempatan ini. Namun, Pantai Slili tidak dapat digunakan untuk snorkeling karena keadaan pantainya yang dangkal sehingga terumbu karang tidak dapat berkembang.

Tak perlu khawatir karena saat snorkeling kamu juga akan ditemani oleh seorang pemandu menuju lokasi penyelaman. Para pemandu pastinya mengetahui spot-spot yang bagus untuk snorkeling. Nikmati pengalaman yang menyenangkan saat berenang di laut lepas.

Fasilitas yang ada di Pantai Slili saat ini sudah cukup lengkap dan pastinya dapat membuat wisatawan merasa nyaman, diantaranya:
  • Kamar mandi atau WC

  • Mushola

  • Gazebo

  • Warung makanan dan minuman

  • Penyewaan alat snorkling

  • Penyewaan penginapan

  • Area parkir luas

5. Rute lokasi yang mudah

Alamat lengkap Pantai Slili sendiri berada di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Gunung kidul, Yogyakarta. Rute menuju Pantai Slili ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jl Panembahan Senopati , sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jl Brigjen Katamso, lalu lurus terus sampai di perempatan kearah timur melewati jl Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati jl Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju jl Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke arah timur melewati jl bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati jl Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati jl Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti jl Siluk Panggang, lalu sampai di pertigaan ke arah timur melewati jl Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel.Jawa, ikuti jalan tersebut maka Anda akan sampai ke Pantai Slili.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota Jogja ke Pantai Slili cukup jauh yaitu sekitar 64,6 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Pantai Slili sekitar 1 jam 42 menit.

Tidak perlu khawatir tersesat, karena selain jalan menuju pantai sudah diperbaiki kita juga dipermudah dengan plang penunjuk jalan.

6. Harga tiket masuk

Pantai Slili Gunung Kidul , Tempat Wisata Hits Yang Bakal Membuat Terpesona!

Para wisatawan akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang dengan biaya parkir yakni Rp. 3000 umtuk pengunjung yang membawa kendaraan sepeda motor dan untuk mobil Rp. 4000.

Tapi selama pandemic dibuat kebijakkan untuk para wisatawan melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke pantai ini.

Pantai Slili Gunung Kidul , Tempat Wisata Hits Yang Bakal Membuat Terpesona!

Berikut beberapa tips liburan ke Pantai Slili Jogja untuk liburan yang lebih seru dan berkesan.
    Datang di akhir pekan bersama orang tercinta untuk liburan yang lebih menyenangkan.
    Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu di sore hari dan agendakan untuk aktivitas camping di Pantai Slili.
    Bawa kamera untuk foto-foto karena keindahan yang di tawarkan akan sangat disayangkan ketika anda melewatkannya.

Nah, menarik bukan? Jangan lupa berkunjung ke pantai ini dan nikmati keindahannya!


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar