Manfaat dan Hikmah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu! -->

Manfaat dan Hikmah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu!


Gimana ibadah puasanya? Pastinya lancar dan semangat terus dong! Puasa sendiri gak cuma menahan nafsu makan aja tapi juga menjaga sikap untuk menjadi individu yang lebih baik. Banyak kejadian dimana ketika sakit yang tidak terlalu berat, dijadikan alasan untuk gak berpuasa padahal sebenarnya secara fisik dan mental ia sanggup.

Selain manfaat untuk mendapatkan pahala, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Berikut manfaat puasa yang dapat kamu rasakan untuk kesehatan:

1. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Tubuh juga membutuhkan detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Dengan penyaringan alami saja tidak cukup, harus ada upaya lain untuk membuang racun secara bersih untuk membunuh bibit-bibit penyakit.

2. Meremajakan Sel Kulit

Manfaat puasa juga bisa kamu rasakan untuk kecantikan. Sel-sel kulit yang telah mati perlu diganti atau yang biasa disebut peremajaan kulit. Kamu dapat melakukannya dengan berpuasa, karena berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh yang berhenti pada saat berpuasa. Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi termasuk sel-sel kulit.

3. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Berpuasa akan membuat organ pencernaan tidak terlalu bekerja terlalu berat. Dalam keadaan berpuasa saluran perncernaan akan beristirahat yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan secara terus-menerus.

4. Mengurangi Gula Darah

Saat puasa, kamu harus menahan untuk tidak makan berjam-jam dan gula darah pun akan turun. Tubuh akan merespons dengan menggunakan glukosa yang tersimpan sebelumnya dan menggunakannya sebagai energi selama berpuasa.

5. Menurunkan Berat Badan

Respons pertama tubuh pada saat puasa adalah pemecahan glukosa yang tersimpan. Jika penyimpanan glukosa habis, maka proses ketosis dimulai. Pada proses ini tubuh memecah lemak-lemak yang ada di ginjal dan otot-otot untuk digunakan sebagai sumber energi. Banyaknya lemak yang terbuang maka berat badan kamu akan turun.

6. Membantu Menahan Ngemil Makanan

Ketika berpuasa kamu memiliki kesempatan untuk beristirahat sejenak dari kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang baik. Sehingga hal ini mampu membantu untuk mengurangi mengemil terhadap suatu jenis makanan tertentu seperti makanan manis dan kopi.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan pola makan seimbang pada saat puasa, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Berpuasa dengan mengonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Pada saat berpuasa kamu disarankan untuk mengonsumsi buah pada saat sahur dan berbuka agar mencukupi cairan yang hilang selama puasa seharian.

8. Meningkatkan fungsi otak

manfaat utama puasa adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini dibuktikan dengan dilepaskannya lemak sebagai keton ke dalam darah untuk energi. Selain itu, dengan puasa yang juga dikombinasikan dengan olahraga akan meningkatkan mitokondria dalam neuron. Mitokondria adalah organel sel yang menjadi tempat penghasil energi.
Puasa juga meningkatkan protein yang dapat meningkatkan fungsi otak yang mengatur banyak hal seperti daya ingat dan pembelajaran. Jadi, puasa membuat kamu semakin lebih produktif bukannya malah malas seharian loh

Itulah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Agar mendapat manfaat secara maksimal, konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin sebelum berpuasa dan rajin lah olahraga supaya tubuh makin sehat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Manfaat dan Hikmah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu! , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan