-->

Mitos Uyeng-uyeng atau Pusar Kepala , Benarkah Menentukan Karakter Kepribadian Anak ?

Mitos Uyeng-uyeng atau Pusar Kepala , Benarkah Menentukan Karakter Kepribadian Anak ?


Pernah dengar nggak, ada orang tua yang menyebut anak bandel dengan mengungkit-ungkit unyeng-unyengnya? Lantas, seperti apa sebenarnya mitos dan makna di balik “unyeng-unyeng” tersebut?

Pusar kepala atau sering disebut sebagai unyeng unyeng dalam Bahasa Jawa adalah pusaran rambut yang ada di kepala. Seringkali tidak hanya satu melainkan hingga dua pusar kepala yang memuat beberapa orang berbeda beda. Ada yang memiliki pusar kepala berbentuk searah jarum jam dan ada yang sebaliknya.

Tidak jarang orang tua mempercayai kepercayaan bahwa unyeng-unyeng mempengaruhi karakter dan kepribadian si kecil di masa depan. Dimana kedua hal itu bergantung pada banyaknya pusaran rambut yang bisa ditemukan di kepala. Semakin banyak uyeng-uyeng, semakin nakal pula si anak di masa mendatang.

Karakteristik Anak Jika Dilihat Dari Jumlah Uyeng-uyeng

Uyeng-uyeng sudah ada pada setiap anak sejak lahir. Namun, jumlah uyeng-uyeng pada setiap anak berbeda. Ada anak yang memiliki satu uyeng-uyeng, ada yang memiliki dua uyeng-uyeng dan bahkan ada juga yang memiliki tiga uyeng-uyeng. Tidak hanya itu, arah dan letaknya juga bermacam-macam. Bisa searah dengan jarum jam atau sebaliknya.

Namun, konon katanya terdapat korelasi antara perilaku anak dengan jumlah maupun bentuk unyeng-unyeng. Berikut uraiannya :

Arti unyeng-unyeng 1

Mitos Uyeng-uyeng atau Pusar Kepala , Benarkah Menentukan Karakter Kepribadian Anak ?

Unyeng-unyeng berjumlah 1 adalah yang paling umum dimiliki. Uyeng-uyeng 1 ini mempunyai makna dimana si kecil merupakan anak baik. Ia berkepribadian kuat serta menjunjung tinggi keadilan demi mendapatkan haknya yang telah direbut. Apakah sesuai dengan si kecil di rumah, Mom?

Arti unyeng-unyeng 2

Mitos Uyeng-uyeng atau Pusar Kepala , Benarkah Menentukan Karakter Kepribadian Anak ?

Unyeng-unyeng 2 pada bayi perempuan maupun laki-laki mengisyaratkan jika mereka adalah anak-anak yang terbiasa dan senang berpikir. Karena kebiasaan itu, si kecil beruyeng-uyeng 2 cenderung lebih pintar dan handal pada suatu bidang. Akan tetapi, sisi negatifnya ialah mereka dengan unyeng-unyeng 2 biasanya bersikap nakal dan sedikit susah diatur.

Arti unyeng-unyeng 3

Apakah uyeng-uyeng atau unyeng-unyeng buah hati Anda ada 3? Jangan khawatir, meskipun condong berkepribadian keras dan berpikiran pendek, ia tetaplah anak yang aktif dan juga rajin. Itu membuatnya berhasil di akhir perjalanan. Jadi, mulailah melatihnya untuk bisa mengambil keputusan secara perlahan, dan jelaskan satu persatu konsekuensi dari keputusan tersebut. Sehingga ia terbiasa berpikir lebih panjang.

Arti unyeng-unyeng lebih dari 3

Unyeng-unyeng lebih dari 3 jarang sekali ditemukan. Dan jika memang ada, kepercayaan menyebutnya sebagai pertanda buruk. Entah perilakunya buruk atau adanya kelainan pada perkembangan otak. Guna mengurangi rasa khawatir, Mom dapat mengkonsultasikan perihal tersebut ke dokter anak pilihan Anda agar segera dilakukan pemeriksaan lebih dalam.

Bentuk Uyeng-uyeng Juga Menggambarkan Sesuatu Yang Unik

Selain jumlah uyeng-uyeng yang berbeda, bentuk dan letak uyeng-uyeng pada tiap orang juga berbeda. Ada uyeng-uyeng yang bentuknya serarah jarum jam. Ada juga yang bentuk uyeng-uyengnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Menurut Dr. Amar JS Klar Kepala Bagian Genetika dan Laboratorium Biologi Krosoom National Cancer Institute di Maryland mengatakan bahwa pada bentuk pusaran rambut yang berbeda-beda terdapat hal-hal unik yang bisa ditemukan.

Menurutnya orang yang memiliki bentuk pusaran rambut yang searah dengan jarum jam dalam melakukan aktivitas sehari-hari akan menggunakan tangan kanannya. Sebaliknya orang dengan pusaran rambutnya yang berlawanan dengan arah jarum jam akan menggunakan tangan kirinya dalam melakukan aktivias harian mereka. Biasanya orang menyebutnyan dengan istilah kidal.

Mitos atau Fakta

Selain mitos tentang jumlah uyeng-uyeng ataupun bentuk uyeng-uyeng yang berbeda, orang-orang dulu meyakini bahwa letak uyeng-uyeng dipercaya sebagai letak nyawa manusia.

Meski ada berbagai mitos yang berkembang di masyarakat, sayangnya hingga saat ini masih belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat dari unyeng-unyeng yang ada di kepala. Tidak ada salahnya jika Anda percaya atau tidak percaya akan arti unyeng-unyeng. Namun alangkah lebih baik jika kita bisa mengambil nilai positifnya saja dan jangan terlalu terpaku pada mitos-mitos tersebut.

Tapi kalau menurut kamu, apa sih manfaat uyeng-uyeng atau pusaran rambut ini?

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...