Pengertian AM dan PM , Beserta Perbedaan dan Penjelasannya -->

Pengertian AM dan PM , Beserta Perbedaan dan Penjelasannya

Pengertian AM dan PM dalam Jam , Beserta Perbedaan dan Penjelasannya

 

Pernah nggak sih kalian cari info tentang :
Apa itu am dan pm ? , Arti dan kepanjangan dari am dan pm itu apa sih ? , Singkatan am dan pm itu apa ? , Perbedaan waktu antara am dan pm itu seperti apa ? , Am dan pm artinya ? , Pembagian waktu am dan pm seperti apa ? , Jam 12 siang itu am atau pm sih ? Dan seterusnya....
Kesempatan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai AM dan PM.

Apa itu pengertian AM dan PM

Istilah p.m dan a.m digunakan sebagai pengatur waktu siang dan malam. AM dan PM itu merupakan format waktu atau time signal yang digunakan dalam bahasa Inggris, baik itu American English maupun British English. Tahukan kamu, bahwa AM dan PM merupakan singkatan yang diambil dari bahasa Latin.

AM (Ante Meridiem)

Ante meridiem jika diterjemahkan ke bahasa inggris memiliki makna “Before noon” atau juga “Before midday”. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia memiliki arti “Sebelum tengah hari”. Nah, tengah hari ini jika di dalam sistem waktu berbasis 24 jam sama saja dengan jam 12 siang.

Jadi mudahnya, waktu am ini menunjukkan waktu sebelum jam 12 siang. Kesimpulannya waktu am ini diawali dari jam 12 malam sampai jam 11 siang. 12 am = jam 12 malam.

PM (Post Meridiem)

Post Meridiem jika diterjemahkan dari bahasa latin ke bahasa inggris, memiliki makna “After noon” atau juga “After midday”. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, Post meridiem memiliki makna “Setelah tengah hari”.

Berkebalikan dengan waktu am yang tersebut diatas. Waktu pm ini menunjukkan waktu jam 12 siang dan sesudahnya. Dengan demikian waktu pm ini bermula dari jam 12 siang sampai jam 11 malam. 12 pm = jam 12 siang

Penggunaan kata p.m dan a.m diletakan dibelakang angka jam. Misalnya, 7.00 a.m. Maka 07.00 a.m memiliki makna jika sekarang pukul 7 pagi. Masih bingung ? Dibawah ini merupakan penjelasan pembagian waktu AM dan PM yang dibandingkan dengan format waktu 24 jam.

AM
Definisi

AM dimulai dari pukul 00.00 sampai dengan pukul 11.59. 12 jam pertama dalam satu hari dimulai dari 00.00 atau 12 tengah malam merupakan milik AM. Dalam bahasa Inggris, lazimnya pukul 00.00 disebut sebagai Midnight.

PM
Definisi

PM dimulai dari pukul 12.00 sampai dengan pukul 23.59. 12 jam kedua dalam satu hari yang disebut PM, dimulai dari pukul 12 siang hingga pukul 23.59 malam. Dalam bahasa Inggris pukul 12.00 siang biasa disebut sebagai Noon.

Tabel Perbedaan Am dan PM
AM PM
Ante Meridiem (Sebelum Tengah Hari) Post Meridiem (Setelah Tengah Hari)
Pukul 00.00 – 11.59 Pukul 12.00 – 23.59
Pukul 00.00 disebut Midnight (tengah malam) Pukul 12.00 disebut Noon/Midday (tengah hari)
Jadi kalau ada pertanyan am itu siang atau malam? Jawabannya am itu adalah malam dengan catatan malamnya itu mulai dari jam 12 malam. Sedangkan malam antara jam 6 magrib sampai jam 23.59 menjadi bagian PM.

Contoh Sederhana:
1. Pukul 6 pagi = 6.00 am
2. Pukul 5 sore = 5.00 pm
3. Pukul 11 pagi = 11.00 am
4. Pukul 2 siang = 2.00 pm
5. Pukul 4 sore = 4.00 pm
6. Pukul 9 malam = 9.00 pm
7. Pukul 7 pagi = 7.00 a.m.
8. Pukul 11.59 siang = 11.59 am
9. Pukul 12.00 siang = 12.00 pm (noon)
10. Pukul 12.00 malam = 12.00 am (midnight)

Gimana? mudah kan membedakan am dan pm, selama ini kita kesulitan dalam mempelajari istilah-istilah dalam bahasa Inggris dikarenakan kita selalu menggunakan sudut pandang kita sebagai orang Indonesia.

Ingat, Indonesia dan Amerika itu beda, baik secara kultur ataupun tata cara berbahasa. Ketika kita ingin berbicara mobil baru kita tidak bisa menuliskannya dengan Car New karena seharusnya adalah new car.

Begitupun dengan penulisan waktu, kita sudah sering menggunakan penulisan 24 jam dan kita tidak mengenal pembagian waktu 12 jam.

Namun, ketika ingin belajar bahasa Inggris, mau tidak mau kita memang harus membiasakan diri dengan kebiasaan mereka. (tapi ya bukan kebiasaan yg negatif yaaa).

Demikian artikel singkat tentang am pm, mulai dari apa itu pengertian am dan pm, perbedaan am pm dan contoh penggunaanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Pengertian AM dan PM , Beserta Perbedaan dan Penjelasannya , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan