Mengenal si Janda Bolong Yang Harganya Bisa Mencapai Ratusan Juta

Mengenal si Janda Bolong Yang Harganya Bisa Mencapai Ratusan Juta



Akhir-akhir ini ada salah satu tanaman yang cukup menyita perhatian. Bernama Monstera Adansonii Variegata atau biasa disebut dengan sapaan 'Janda Bolong'. Kenapa disebut 'Janda Bolong' , mungkin alasannya sepele, karena daunnya bolong atau berlubang.

Tanaman ini bukanlah asli dari Indonesia. Tanaman dari famili Araceae ini awalnya tersebar luas di sebagian besar Amerika selatan dan Amerika tengah. Selain di negara-negara Amerika Selatan, tanaman ini juga dapat ditemukan di Hindia Barat di pulau-pulau seperti, Antigua, Grenada, Saba, St Kitts, Guadeloupe, Maire Galante, Dominika, Martinik, St Lucia, St Vincent, Tobago, dan Trinidad.

Si Janda Bolong ini juga disebut The Swiss Cheese. Julukan ini diberikan karena bentuk daunnya berlubang menyerupai keju Swiss.


Dikutip dari Kompas.com, bibit tanaman ini dijual dengan harga Rp 2 juta-Rp 3juta. Sedangkan untuk bibit tanaman yang telah tumbuh mencapai Rp 5 juta. waoo.. Harga yang sangat fantastis untuk sebuah tanaman , jiwa misquen ku serasa ingin menjerit :(

Menurut kompas.com, monstera booming di masyarakat lantaran ada cerita seorang petani di Bogor yang menjual tanaman itu kepada orang Jepang mencapai Rp 120 juta hanya untuk enam lembar daun. Cerita fantastis ini beredar luas di masyarakat dan 'sangat dipercaya'.

Mungkin ini hanya bentuk permainan harga saja. Karena 'ditiup-tiup', masyarakat pun terbuai. Mereka mulai menanam monstera dengan harapan terjual dengan harga tinggi. Banyak orang berpikir, bagaimana kalau tanaman mahal itu dirusak tikus atau hewan peliharaan lain di rumah. Seberapa lama sih daya tahan tanaman tersebut, begitu pertanyaan lain.

Soal monstera, mirip dengan daun anthurium atau gelombang cinta, belasan tahun yang lalu. Dulu dihembuskan isu, daun ini bisa laku jutaan rupiah. Mirip juga dengan cerita ikan louhan dan ikan koi yang juga berharga tinggi.

Bukan hanya tanaman dan ikan, batu akik pun pernah booming. Belum lagi soal koin Rp 1.000 bergambar kelapa sawit yang "berharga mahal". Meskipun telah berlalu, masyarakat masih saja percaya dengan harga yang fantastis. Sampai kini di "Grup Jual Beli Uang Kuno" dll tetap ada yang ingin menjual koin kelapa sawit untuk kebutuhan hidup. Padahal di mata kolektor atau numismatis, harga koin itu tidak lebih dari Rp 10.000 sekeping untuk kondisi bagus.

Oke kita kembali ke si Janda Kembang Janda Bolong tadi , banyak yang penasaran mengapa daunnya berlubang, Jawaban sederhanya adalah bahwa lubang berkembang sehingga daun dapat menahan angin kencang tanpa robek, atau untuk memungkinkan lebih banyak cahaya melewati daun atas ke daun bagian bawa


Tanaman monstera ini bisa tumbuh setinggi 20 meter di alam liar dan daunnya bisa tumbuh hingga satu meter! Di dalam ruangan, bagaimanapun, sebagian besar monsteras berada di ketinggian sekitar sepuluh kaki, yang masih cukup besar untuk tanaman hias.

Sebelum daun monstera matang, daun berbentuk hati mereka tidak memiliki lubang dan terlihat mirip dengan daun pothos atau philodendron (ini mungkin juga tempat beberapa kebingungan philodendron daun terbelah).

Itu juga salah satu alasan mengapa sulit untuk membedakan monstera varietas terpisah ketika mereka masih muda karena mereka belum mengembangkan lubang karakteristik itu.

Banyak varietas mendapatkan lebih banyak lubang seiring bertambahnya usia, jadi lebih mudah untuk mengetahui usia tanaman.

Saat monstera deliciosa berumur sekitar 3 tahun, ia berbunga dan menghasilkan buah, itulah salah satu alasan mengapa tanaman ini pertama kali dibudidayakan.


Perawatan Janda bolong

Unutk perawatannya tergolong mudah. Kamu hanya perlu menyiramnya 1-2 kali setiap minggu. Tanaman ini juga tahan hama dan penyakit.

“Tanaman hias itu bisa bikin kita lupa dengan persoalan Covid-19. dan bisa membuat bahagia dan sehat,” kata Dede Hidayat, peminat tanaman hias, dikutip dari cnn TV.

Sama hal nya juga yang diungkapkan oleh pehobi lainnya, Muhammad Sahal.

“Ya enggak bisa bohong, buat saya, monstera ini cantik, anggun.”
, ucapnya.

Bagaimana , kamu tertarik dengan mengoleksi tanaman janda bolong ini? atau kamu malah tertarik dengan janda kembang? :D :D


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar