Pesona Keindahaan Dieng Surga Tersembunyi di Pulau Jawa Yang Wajib Kamu Kunjungi

Pesona Keindahaan Dieng Surga Tersembunyi di Pulau Jawa Yang Wajib Kamu Kunjungi



Dataran Tinggi Dieng memang tak asing bagi telinga orang Indonesia, beberapa potret surga terhampar di kawasan ini. Mulai dari indahnya taman bunga Daisy di Gunung Prau, hingga telaga beragam warna.

Wisata Dieng Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus kamu kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah.

Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari.

Indonesia 2045

Pada bulan-bulan tertentu, Kamu akan menemui buih-buih es di Dataran Tinggi Dieng. Fenomena embun es yang dikenal dengan nama Bun Upas atau embun upas muncul saat musim dingin sekitar Juli – Agustus.

Indonesia 2045

Saat musim kemarau, suhu dieng bisa mencapai minus 0 derajat celcius. Saat puncak musim kemarau tiba, setiap pagi kamu bisa menemukan kristal es yang menempel di rumput, pohon bahkan tenda campingmu.

Banyak orang menganggap bahwa Dieng merupakan sebuah daerah yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo, namun sebenarnya Kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah daerah yang berada dalam dua wilayah, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Jadi, ada sebagian wisata Dieng yang ikut dalam wilayah Wonosobo dan ada juga destinasi wisata yang ikut dalam wilayah Banjarnegara.

@unityofindonesia

Wisata Dieng, Penduduk sekitar sering menyebutnya Surga Tersembunyi di Pulau Jawa. Tentu saja yang dimaksud surga tersebut hanyalah Kiasan untuk menggambarkan Keindahan alam Dieng yang memiliki berbagai Obyek wisata menarik ini

Dieng sendiri berasal dari dua kata yaitu ‘DI’ dan 'HYANG'. DI berarti Baik, cantik atau bagus atau sifat-sifat yang berhubungan dengan ketinggian baik secara majas maupun harafiah, dan HYANG artinya Dewa. Jika kata tersebut digabungkan berarti Daerah pegunungan tempat dimana Dewa-Dewa Bersemayam. Sebagian masyarakat percaya Dieng merupakan sebuah tempat yang dihuni oleh para dewa kahyangan. Hal ini ditandai dengan adanya candi-candi dan mitos rambut gimbal yang disebut-sebut titisan para dewa.

@mel_lani24

Sebagai salah satu kewasan wisata yang diandalkan oleh pemerintah Jawa Tengah, Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak objek wisata yang dapat dieksplorasi oleh pengunjung mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan alam hijau dengan masyarakat yang bersikap ramah dan lahan pertanian yang bertingkat-tingkat sepanjang bukit.

Karena lokasinya yang cukup strategis yaitu terletak di tengah Pulau Jawa, maka pengunjung dari berbagai kota besar di Pulau Jawa mudah untuk mengakses tempat ini.

Wisata Dieng menyuguhkan keindahan alam yang sangat menawan dan mampu membuat kagum para pelancong yang berkunjung. Selain itu untuk biaya liburannya di Dieng Jawa Tengah yang murah menjadi salah satu alasan utama mengapa daerah ini nampak selalu ramai dikunjungi.

Daftar Wisata Dieng

Berikut simak rangkuman dari panjinawangkung.com mengenai Daftar Objek Wisata Dieng.


Menikmati Sunset di Bukit Sikunir

@bundagirgabunda

Pemandangan yang indah merupakan salah satu keunikan yang ditawarkan oleh Bukit Sikunir. Di tempat ini, pengunjung juga akan disuguhkan dengan golden sunrise yang bewarna kemerahan menjelang pagi hari.

Sehingga disarankan untuk berangkat menuju Sikunir ketika subuh hari agar tidak melewatkan moment yang indah ini. Ada banyak tempat di Bukit Sikunir yang dijadikan spot foto dengan latar belakang matahari terbit yang tentunya membuat fotomu menjadi lebih indah.

Untuk mencapai bukit ini maka kamu harus sedikit berjuang karena ditantang untuk menaiki tangga bukit yang cukup tinggi. Udara yang dingin dan tanah berundak-undak akan sedikit melelahkan, akan tetapi pemandangan yang indah ketika berada di puncak akan menghilangkan semua kelelahanmu.

Di bagian bawah bukit, pengunjung bebas untuk merasakan berbagai makanan khas Dieng dan berbagai souvenir yang dijual dengan harga terjangkau.

@aisyahalkhalifi

Keindahan Sunrise Sikunir ini berada di Desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Untuk akses jalan terbilang cukup mudah, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju kaki bukit sebelum akhirnya mendaki bukit.

Hebatnya lagi kamu hanya perlu membayar uang parkir kendaraan ketika ke tempat ini dan tidak perlu membayar uang masuk tempat wisata.


Obyek Wisata Kawah Sikidang di Dieng

@ielmasalma

Kawah sikidang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Dieng. Luas kawah ini sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.

@princezzshavira_riaspengantin

Namun hati-hati ya, karena sama seperti kawah pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meskipun hanya menggunakan kayu.

Selain menyaksikan keindahan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini pengunjung juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut.

@nadelasahela_

Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Meskipun begitu, akses yang lebih cepat dan mudah untuk menuju kawah ini adalah jalan dari Wonosobo.

Untuk biaya masuk terbilang cukup murah yaitu sekitar 10.000 rupiah kamu dapat menikmati kawah indah ini dan sekaligus menjadi tiket untuk masuk ke kawasan Candi Arjuna. Kawah Sikidang dibuka dari pukul 08.00-16.00 WIB setiap harinya.


Candi Arjuna Dieng

@misna_nina17

Ini dia salah satu candi yang ada di Dieng, disini tidak hanya candi arjuna saja, ada juga Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna.

Dalam sejarahnya, Candi Arjuna merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan dibuat untuk menyembah Dewa Syiwa. Ketinggianya yang berada lebih dari 2.000 mdpl membuat candi ini tanpak mempesona dengan suasana penggunungan Dieng yang dingin.

@astripia18



Di komplek candi terbesar yang ada di Dieng ini , setiap tahunnya diadakan Dieng Culture Festival.



Wisata Alam Telaga Warna di Dieng

@dhian_hardjodisastro

Salah satu objek wisata andalan yang dapat kamu jumpai ketika mengunjungi Dieng Platue adalah Telaga Warna yang berada di Kejajar, Wonosobo ini. Tempat wisata ini paling terkenal di Dieng yang tidak boleh kamu dilewatkan.

@hannalutfiani

Romantisme yang tersembunyi, mungkin itu yang paling tepat untuk menggambarkan keadaan telaga warna. Telaga ini dikelilingi oleh gugusan beberapa bukit  dan masuk dikawasan cagar alam atau balai konservasi, telaga ini didominasi warna hijau agak tua, hijau muda dan gradasi sampai agak coklat.

Untuk masuk di lokasi ini pengunjung dapat melewati gerbang yang didesain natural dengan tempelan batu-batu alam, setelah masuk melewati  jalan yang sampingnya dipenuhi dengan bunga hortensia pengunjung dapat memilih jalan lurus yang sudah diperkeras dengan paving blok,  berjalan disisi telaga ini dengan naungan pohon akasia yang mendominasi tepian telaga, aroma bunga mimoza mengharumkan suasana dan menjadi penyegar nafas siapa saja yang berkunjung kesana.

@loveantourtravel

Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia.

Di pinggiran danau disedikan jembatan kecil dari kayu yang dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat beberapa gua yang memiliki akar sejarah yang kental bagi masyarakat setempat dan berada di satu komplek dengan Telaga Warna tersebut.

@nisrinanurra

Telaga warna berada dipinggir jalan besar menuju desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu Desa Sembungan, kalau dari tepi jalan kita tidak dapat melihat keindahan telaga ini karena tertutupi oleh tanaman pagar berupa bambu glagah  dan pohon akasia decuren,udara yang sejuk dan aroma bunga kecil berwarna kuning yang menyembul dari ranting pohon akasia semakin menyejukkan pandangan dan rongga dada.

Telaga Warna buka mulai jam 08.00 setiap harinya dan tutup hingga pukul 17.30 WIB, sedangkan untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan biaya 10.000 rupiah per orangnya.



Batu Ratapan Angin di Dieng

@ecko_bacray

Batu ratapan angin merupakan dua buah batu besar yang berdampingan dan terletak diatas bukit sekitar Dieng Plateau Theatre lokasi ini menjadi lokasi strategis untuk menikmati keindahan Telaga warna dan telaga warna pengilon dengan background hamparan lukisan alam yang sempurna.

Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, pasti bagus sekali keindahan alam disini. Namun karena letaknya agak tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Namun setelah sampai di atas, akan terbayar dengan keindahan yang tersaji di Batu Ratapan angin ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.

@jocelinesomer

Ibarat kanvas yang telah dilukis, kesempurnaan lukisan Telaga warna dapat dinikmati secara detail dari atas batu yang membentuk agak kotak dan satunya lagi berdiri kokoh disampingnya, hembusan angin sering terasa kencang dan menimbulkan suara mendesis seperti orang meratapi kesedihan, barangkali itulah kenapa dua buah batu ini diberi nama batu ratapan.


Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng

@anggraiti

Anda suka hiking? Nah, di Dieng ada banyak pilihannya. Bagi anda yang hobi mendaki gunung, Pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang dikhususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam.

Sama seperti pendakian lainnya untuk mendaki Gunung prau diperlukan persiapan yang lebih matang terutama kesiapan fisik dari pendaki itu sendiri.

@herikiswanto1916

Gunung Paru sesuai dengan namanya memiliki bentuk yang memanjang seperti sebuah perahu dan puncaknya berada pada ketinggian 2.565 mdpl sehingga suhunya akan terasa dingin, terlebih lagi pada malam dan pagi hari.

Pendakian Gunung Prau memang tidak sepopuler pendakian gunung di sekitarnya seperti Sindoro, Sumbing, Merapi dll, namun Gunung Prau ini memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang tak kalah indah.

@angelaamnc_⁣

Di puncak Gunung Prau, maka pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dari sana kamu dapat melihat awan-awan putih yang menggelantung di sekitar gunung hingga hijaunya pedesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi gunung yang berada di Jawa Tengah ini adalah menikmati Sunset dan Sunrise. Dari puncak gunung, para pendaki dapat menyaksikan langit jingga atau kuning keemasan ketika matahari sedang berada di ufuk. Keindahan pemandangan tersebut akan lebih terasa ketika kamu sedang beruntung cuaca saat itu sedang mendung.

@sandralugiana

Jalur pendakian dapat ditempuh dari Kendal ataupun dari Kawasan Dieng. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal adalah bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang hijau menyerupai setting serial anak anak teletubbies di televisi.

@nurulita_setiyawati


Bagi Kamu yang penasaran ingin ke Dieng dan menyaksikan sendiri bentang alam yang indah dan keragaman adat yang dijunjung tinggi, mending datang ke Dieng pada saat bulan Agustus, karena pada bulan ini Kamu bisa sekalian menikmati sajian Dieng Culture Festival yang asik banget.


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar