Menikmati Pesona Keindahan Candi Gedong Songo dan Berburu Spot Cantik Yang Instagramable

Menikmati Pesona Keindahan Candi Gedong Songo dan Berburu Spot Cantik Yang Instagramable




Bagi orang-orang yang tinggal di daerah Semarang, pastinya tidak asing lagi dengan nama sebuah candi yang ada di Bandungan ini. Ya, benar sekali, candi ini bernama Gedong Songo. Sudah pasti kawasan wisata Gedong Songo memiliki peninggalan jejak-jejak sejarah kerajaan dan menjadi saksi dari kejayaan Dinasti Sanjaya sekitar abad ke-8 hingga abad ke-9..

Kompleks candi ini dinamakan Gedong Songo karena dulunya terdiri dari 9 kompleks bangunan. Namun jika sekarang kamu berkunjung kesana, kamu hanya akan menjumpai 5 kompleks candi yakni Candi Gedong I – Candi Gedong V. Keempat candi lainnya sudah tidak bisa dilihat. Pada tahun 1804, Raffles mencatat dalam bukunya bahwa ada tujuh bangunan di lereng gunung tersebut. Oleh karenanya, semula komplek candi ini dinamakan Gedong Pitu (pitu = tujuh, dalam bahasa Jawa). Dua candi lainnya ditemukan oleh Van Stein Callenfels (1908) dan Knebel (1911). Oleh karenanya, nama Gedong Pitu diubah menjadi Gedong Songo. Kesembilan bangunan tersebut kemudian dibagi menjadi lima subkomplek. (Sumber informasi: PNRI).


Pada tahun 1928 hingga 1929, pemerintah Belanda melakukan rekonstruksi terhadap candi yang kini diberi label Candi Gedong I dan Gedong II. Sedangkan pada tahun 1972 hingga 1982, pemerintah Indonesia (melalui SPSP atau BP3) melakukan rekonstruksi terhadap candi yang kini diberi label Candi Gedong III, Gedong IV, dan Gedong V. Pada tahun 2009, BP3 melakukan rekonstruksi terhadap dua candi perwara di Candi Gedong IV.


@hervindirp

Candi ini dibangun berderet-deret dari bawah hingga atas, maka untuk mencapai bangunan candi kamu harus berjalan kaki mengikuti jalur yang ada. Karena terletak di kawasan pegunungan, maka udara di tempat ini sangat sejuk dan segar, bahkan diwaktu-waktu tertentu terbilang dingin.

Arsitektur bangunan candi memiliki ciri khas arsitektur candi langgam Jawa Tengah yakni memiliki atap berundak-undak, berhiaskan kala makara di gawang dan relung pintu, terletak di tengah halaman, dan mempunyai ruang utama di tengah bangunan. Secara vertikal Candi Gedong Songo terdiri dari tiga bagian yaitu kaki, tubuh, dan atap bangunan. Bagi yang memiliki ketertarikan khusus terhadap sejarah budaya, maka Candi Gedong Songo bisa menjadi referensi.

@dewimarcellaa


Kompleks Candi Hindu ini sebenarnya terletak di Lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl, sehingga tak heran jika udaranya memang agak dingin.

Suasana sejuk hawa pegunungan serta terbebas dari polusi udara akan menjadikan pengelaman tersendiri bagi kamu yang suka akan keindahan alam. Disamping Candi Gedong Songo merupakan tempat wisata alam juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah di kabupaten Semarang yang wajib dikunjungi ketika kamu sedang berlibur.

Candi Gedong Songo ini banyak kemiripan dengan candi yang ada di Dieng yang berada di Kabupaten Banjarnegara. Komplek candi ini di buat berderet dari bawah ke atas perbukitan mengintari kawah sumber air panas. Dimana komplek candi di Dieng juga banyak kawah air panas yang berada tak jauh dari pusat candi.

@kmldwiii

Tak hanya pemandangannya yang memukau dan arsitektur candi saja yang bisa membuat kamu berdecak kagum. Sekarang, kamu juga bisa berfoto-foto mengabadikan momenmu di komplek candi ini dengan spot Instagramable .

@elinslstr

Masih berada di kawasan Candi 1 , kamu bisa menikmati spot foto yang keren , tempat ini bernama Ayanaz Gedong Songo

Spot Instagramable di Ayanaz Gedong Songo Selain menikmati keindahan alam khas Gedong Songo, Anda bisa berfoto sepuasnya di sini. Pasalnya, tersedia puluhan spot unik untuk berfoto. Berikut beberapa titik menarik yang bisa dipilih.

1. Balon Udara
@ebeputly05

Balon udara adalah salah satu spot favorit untuk berfoto. Anda dapat memilih untuk mengambil gambar dengan balon udara berukuran berbeda; ada yang kecil, sedang, maupun besar. Warnanya beragam dan menarik mata. Berlatar kawasan Gunung Ungaran nan hijau dengan langit biru, Anda bisa berpose layaknya sedang terbang di udara.

2. Bubble Tent
@destykusumasari

Bubble tent tidak pernah sepi dari antrean wisatawan. Di sini, Anda bisa berfoto dalam gelembung raksasa transparan. Di dalamnya, sudah ada set interior unik yang ditata sedemikian rupa. Ada ranjang, rak, bantal, boneka, dan pernak-pernik lainnya. Spot yang tidak boleh dilewatkan! Khusus untuk berfoto di sini, Anda diharuskan membayar Rp5.000.

3. Bantal-Bantal
@nabilamelinia

Ada serangkaian properti berupa bantal warna-warni yang dihadirkan Ayanaz Gedong Songo. Bantal empuk ini bergambar karakter-karakter lucu. Ada semacam kerangka bangunan berwarna putih yang melingkupi tumpukan bantal tersebut. Dengan karpet hijau, spot ini bakal membuat Instagram terlihat spektakuler.

4. Hammock
Biasanya, tempat wisata kekinian yang instagenic menghadirkan hammock. Tempat tidur gantung ini bisa berfungsi sebagai tempat bersantai sekaligus berfoto. Keunikan hammock di Ayanaz adalah letaknya yang berada di atas kolam.

5. Area Duduk di Tengah Kolam
@nong_.ayu

Ada juga sebuah area duduk melingkar yang diletakkan di tengah kolam. Sofa berwarna hijau dengan bantal-bantal siap menjadi background foto cantik Anda. Selain itu, Anda bisa sekalian menyaksikan pemandangan alam memikat sekitar.




Fasilitas di Candi Gedong Songo

Pada kawasan wisata ini terbilang sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Diantaranya area parkir yang luas, mushola, kamar mandi dan toilet. Bahkan di Candi Gedong Songo juga terdapat penyewaan kuda yang bisa digunakan untuk mengelilingi kawasan wisata

@trysa15

Lokasi dan Akses Menuju Candi Gedong Songo

Secara administratif Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kompleks Candi Gedong Songo berjarak sekitar 45 Km dari Kota Semarang, dan 15 km dari Ambarawa. Berhubung tidak ada angkutan umum yang melayani trayek hingga kompleks Candi Gedong Songo, maka lebih baik kamu membawa kendaraan sendiri.

Jika berangkat dari arah Semarang, kamu bisa mengikuti jalan menuju Bawen dan Solo. Sesampainya di pom bensin Lemah Abang yang berada di kiri jalan, silahkan kamu belok kanan menuju ke arah Bandungan. Ikutilah petunjuk arah menuju Candi Gedong Songo. Sedangkan jika kamu datang dari arah Magelang dan Yogyakarta, saat tiba di pertigaan Ambarawa, ambilah jalan menuju arah Bandungan. Ikutilah jalan dan petunjuk arah yang terpampang dengan jelas.

Jalan menuju kawasan Candi Gedong Songo cukup menanjak dan berkelok sehingga tidak disarankan memakai sepeda motor matic. Ukuran jalannya yang tidak terlalu lebar membuatmu wajib berhati-hati saat berkendara.

@widyajenong023


Tiket Candi Gedong Songo

  • Tiket masuk: Rp 6.000 (weekday), Rp 7.500 (weekend atau hari libur nasional)
  • Kolam air hangat: Rp 5.000
  • Parkir truk/bus: Rp 15.000
  • Parkir mobil: Rp 3.000
  • Parkir motor: Rp 2.000

Ada tambahan Rp5.000 untuk berfoto di spot tertentu. (harga tiket bisa berubah-rubah)


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar