Kawah Ijen , Wisata Alam Yang Mendunia. Kamu Yakin Gak Mau Kesini??

Kawah Ijen , Wisata Alam Yang Mendunia. Kamu Yakin Gak Mau Kesini??



Kecantikan dan keelokan pesona alam Indonesia tidak usah diragukan. Dari Sabang sampai Merauke punya keunikan lanskap alamnya masing-masing.

Pesona itu mulai dari pantai pasir putih, pegunungan, air terjun hingga bukit karst yang sudah pasti mampu menjadi destinasi wisata alam. Keindahan dan keelokan pesona Indonesia yang begitu indah ini sudah diakui dunia.

Kondisi geografis yang berada di kawasan cincin api (ring of fire) menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi gunung-gunung berapi. Diperkirakan ada 127 gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Dari 127 gunung tersebut sebanyak 19 gunung api berada di Pulau Jawa.

Bagi yang ingin mencoba untuk “menaklukan” gunung berapi di Indonesia, salah satu destinasi yang layak dijajal adalah Gunung Ijen.

@tampan.tour


Gunung ini menawarkan pesona alam kelas dunia yang cukup mempesona bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Tak heran bila ribuan turis lokal maupun asing berkunjung ke tempat ini untuk lebih mengenal lebih dekat.

Gunung Ijen termasuk salah satu gunung berapi di Pulau Jawa yang hingga saat ini masih aktif. Menurut tulisan di Wikipedia, Gunung Ijen terakhir kali meletus pada tahun 1999 silam.

@indonesia_geographic

Berada di Provinsi Jawa Timur, Gunung Ijen berdiri di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung ini berada tak jauh dari Gunung Merapi. Dengan ketinggian 2.799 meter, pemandangan yang bisa dilihat dari puncaknya tentu saja mengagumkan. Gunung Ijen juga terkenal dengan Kawah Ijen dan fenomena blue fire yang bikin wisatawan berdecak kagum.

Kawahnya berbentuk elips, karena terjadinya perpindahan pipa kepundan, berukuran kurang lebih 960 x 600 m, berada pada ketinggian 2.148 m.dpl, dan kedalamannya 200 m. Di dalam kawah gunung ini terdiri atas endapan batuan sisa letusan.

Tebing - tebing terjal mengelilingi kawah dan bila kita ingin menuju ke kawah kita harus melalui jalanan di sekitar tebing yang biasa dilalui penambang belerang. Kawasan Kawah Ijen merupakan sebuah dataran tinggi, terdiri dari bukit Gunung Merapi (2.799 m.dpl) yang terletak bersebelahan.

@cheddymotret

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung di kawah ijen adalah adanya penambang tradisional. Di indonesia sendiri hanya terdapat dua penambangan belerang, yaitu di gunung welirang dan di ijen. Pengolahan belerang disini masih belum canggih dan hanya mengandalkan alat-alat tradisional, para penambang mengambil belerang di bawah kawah dan menggunakan linggis untuk memecah belerang menjadi kepingan yang sesuai dengan ukuran wadah yang dipikulnya nanti.

Setelah merasa cukup mereka mengangkutnya ke atas yang jalurnya cukup estreme dan menguras tenaga lalu sampai diatas mereka menaruhnya didalam kereta dorong dan membawanya ke pos pertama untuk ditimbang.



BLUE FIRE , ' Api Biru' yang tak boleh dilewatkan

Banyak sumber mengatakan bahwa Blue Fire atau api biru ini hanya ada 2 di dunia, yakni di Indonesia dan Islandia. Namun keberadaan Blue Fire di Islandia diragukan. Orang-orang yang sudah jalan-jalan ke Islandia pun tak pernah ada yang melaporkan tentang api biru di sana. Jadi kemungkinan besar Blue Fire Ijen adalah satu-satunya di dunia.

Blue Fire Ijen bisa ditemukan di dekat danau asam. Ohh iya, jangan salah ya, Blue Fire bukanlah api, melainkan reaksi dari gas bumi saat bertemu oksigen pada tingkat tertentu sehingga menimbulkan seperti kobaran api berwarna biru.

@ijenexpedition

Ratusan orang rela berjalan kaki melawan kantuk dan menerjang dinginnya malam demi menyaksikan dari dekat salah satu fenomena alam terbaik di dunia ini.
Kenapa mesti malam menjelang pagi? Karena memang Blue Fire hanya bisa terlihat antara pukul 02.00 hingga 04.00 saja. Blue Fire-nya terlihat jelas di depan mata meski sesekali terhalang asap belerang

@yuniico_satya

Dengan adanya Blue Fire inilah yang membuat nama Kawah Ijen menjadi populer dan terkenal dikalangan masyarakat dan wisatawan bahkan hingga sampai ke luar negeri.

Keindahan Kawah Ijen tak hanya sebatas blue fire itu saja. Obyek kawah dengan bentangan airnya yang berwarna biru tosca juga dipastikan akan membuat para traveller takjub.

Sementara jejeran pegunungan di sekitarnya, juga melukiskan keindahan alam yang sungguh luar biasa.


Momen Sunrise

Setelah puas berfoto dan menikmati kecantikan dan keindahan fenomena Blue Fire, ketakjuban lain dari tempat Kawah Ijen yang bisa menikmati wisatawan adalah momen terbitnya matahari (sunrise) dari puncak Kawah Ijen yang eksotis.

@ameliarahyu

Dari sini, wisatawan bisa menikmati indahnya gradasi biru dan oranye saat matahari mulai terbit. Suasana yang syahdu dan udara pegunungan yang sejuk akan menemani membuka lembaran hari baru. Momen yang bisa didapatkan di sana adalah indahnya proses matahari terbit di Gunung Ijen.

Dari gunung ini juga para wisatawan bisa melihat indahnya pesona gunung di daerah lain seperti puncak Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.


Hunting Foto Instagramable

@lisayun29

Indahnya suasana alam yang tersaji di puncak Gunung Ijen sangat cocok sebagai lokasi hunting foto.

Selain berfoto dengan latar pegunungan, kita juga bisa berfoto berlatar Danau Ijen yang eksotis dengan airnya yang berwarna biru tosca.

@ayoliburan.id

Uap-uap gas yang membumbung ke angkasa juga turut menjadi penghias foto-foto kita.

Hasil foto di tempat ini dipastikan sangat Instagramable dan akan membuat siapapun takjub saat di-upload ke media sosial.


Alamat Dan Rute Lokasi Kawah Ijen

Kawasan ini berada di Gunung Ijen. Bagi kamu yang ingin mengunjungi kawasan ini disarankan untuk naik transportasi umum bila dari luar kota. Naik saja kereta api Sritanjung dengan harga mulai dari 80 ribu rupiah. Mengapa harus Sritanjung? Karena hanya kereta ini yang sampai di Banyuwangi pukul 9 malam.

Jam ini adalah jam yang paling tepat bagi kalian yang ingin backpacker menuju ke Ijen. Turun di stasiun Karangasem, jangan di Banyuwangi Baru yang merupakan stasiun akhir. Setelah turun di Stasiun Karangasem, bisa melanjutkan perjalanan dengan menyewa kendaraan bermotor.

Tepat di depan Stasiun Karangasem ini banyak sekali tempat penyewaan motor dengan harga 75 ribu rupiah saja. dengan persyaratan hanya meninggalkan E-KTP yang masih berlaku. Setelah itu, kalian hanya perlu mengikuti petunjuk yang sudah banyak tersedia mulai dari stasiun Karangasem hingga ke Pos Masuk Gunung Ijen.

@gthasandya

Di pos pendakian, kalian akan bertemu dengan berbagai macam warung yang aduhai. Warung-warung ini siap melayani segala kebutuhanmu , antara lain makanan dan minuman. Sehingga bisa dijadikan alternatif bila lapar atau haus. Di parkiran ini kalian akan melanjutkan perjalanan menuju ke atas dengan berjalan kaki.

Jalan ini cukup tajam dan juga terjal. Sehingga kalian harus berhati-hati. Dalam memijak dan menuruni bebatuan. Perlu berhati-hati bila disini karena udara sangat menyengat sehingga kita diwajibkan membawa masker khusus.


Fasilitas di Kawah Ijen

@jm_miya23

Di lokasi wisata keren ini sudah ada area parkir, mushola, toilet, lahan perkemahan, hingga warung makan.

Selain itu, pengelola juga sudah menyiapkan akses wifi berbayar karena memang di kawasan ini cukup sulit mendapatkan signal seluler.

Berbagai perlengkapan mendaki juga bisa kita dapatkan dengan mudah di kawasan Paltuding.

Misalnya jika lupa membawa jaket, topi, atau masker, kita bisa membelinya pada para pedangan yang ada di sekitar lokasi wisata.

Kemudian selain menginap di area perkemahan Paltuding, kita juga bisa menginap di beberapa fasilitas penginapan.

Berbagai bentuk penginapan sudah tersedia mulai dari homestay, villa, hingga hotel.


Harga Tiket Masuk

@ferdiozom_

Harga tiket masuk kawasan ini pun bisa dibilang cukup murah. Untuk masuk kawasan hutan lindungnya, kalian akan ditarik dengan biaya 30 ribuan. Untuk mendaki Kawah Ijen sendiri hanya ditarik seharga 7.500 rupiah.

Untuk biaya parkir, akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan untuk pengguna mobil dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah. Nah, apabila kalian ingin menyewa tenda dengan peralatan lengkap disini, akan dikenakan biaya 200 ribu rupiah.

@lilaaridini


Tips kalau berkunjung ke kawah Ijen
  • Bawalah masker dan basahi masker tersebut dengan air agar asap belerang tidak terlalu masuk kedalam hidung.
  • Pakailah pakaian yang tebal agar tidak kedinginan
  • pastikan energi anda sudah terisi sebelum melakukan pendakian ke puncak gunung ijen.
  • Mulailah pendakian ke puncak pada jam 2 dini hari agar anda tidak terlalu lama berada diatas puncak dan merasakan kedinginan. Anda tak perlu khawatir tidak bisa melihat api biru karena api biru masih terlihat ketika subuh.
  • jangan lupa bawa perbekalan yang cukup agar tidak kelaparan dan kehausan diatas puncak. Disana tidak ada orang yang berjulan makanan kecuali di pos pertama.


Peringatan: Mengingat harus hiking dan bau belerang yang kuat di sekitar kawah, aktivitas ini tidak disarankan ya untuk lansia, wanita hamil, penyandang disabilitas, pengidap gangguan fungsi tulang belakang, gangguan fungsi hati, memiliki mata sensitif, gangguan fungsi pernapasan, dan memiliki kondisi medis serius lainnya, ya.

@enjoytripbromoijen

Demikian informasi tentang kawah Ijen dengan keindahan api birunya yang merupakan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Sekali lagi, fenomena blue fire hanya bisa Anda saksikan di dua tempat yakni di Gunung Ijen dan di Islandia.

Karena itu kalau memang punya waktu luang, jangan lupa kunjungi obyek wisata Kawah Ijen saat berada di Jawa Timur. Selamat berlibur :)


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar