Cara Menampilkan Hari , Waktu Dan Tanggal di Blog Dengan JavaScript -->

Cara Menampilkan Hari , Waktu Dan Tanggal di Blog Dengan JavaScript

Tak jarang ketika kita berselancar di internet, atau sedang nongkrong di berbagai media online (terutama forum), mendengar suatu istilah yang terdengar asing tapi menarik, yaitu javascript atau disingkat JS.

Apa itu Javascript? Semacam mantra pelet kah ??
Menurut wikipedia.org , JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

JavaScript merupakan salah satu teknologi inti World Wide Web selain HTML dan CSS. JavaScript membantu membuat halaman web interaktif dan merupakan bagian aplikasi web yang esensial.

Sejarah Javascript


Seperti yang telah saya baca dari Wikipedia, JavaScript (kita sekarang nyebutnya JS aja biar ngirit) dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha , dulu namanya bukan Javascript melainkan Livescript. Entah saya ngga tau alasannya kenapa kok namanya diganti menjadi JS.

Fungsi JavaScript

Dari pembahasan tentang pengertian JavaScript di atas, Anda mungkin sudah memiliki gambaran umum tentang fungsi bahasa pemrograman ini. Berikut ini daftar singkat beberapa fungsi JavaScript.

  • Membuat situs tampak lebih interaktif dan menarik karena akan lebih dari sekadar laman statis yang penuh tulisan.
  • Berfungsi untuk mobile app development atau menciptakan aplikasi yang beroperasi di smartphone dan tablet.
  • Menciptakan game berbasis web browser.
  • Meskipun JavaScript umumnya digunakan untuk menciptakan bagian frontend pada sebuah situs, bahasa pemrograman ini sangat serbaguna sehingga bisa digunakan untuk bagian backend situs.
  • Cara Pertama untuk Menampilkan Hari dan Tanggal di Blog

    Jam, Hari dan Tanggal (Waktu) tidak lepas dari kehidupan, Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang "Bagaimana Cara Menampilkan Hari , Waktu Dan Tanggal di Blogger Dengan JavaScript Secara update atau otomatis".

    Cara ini tentunya sangat mudah sekali untuk dicoba atau diterapkan pada website atau blog kamu. Tutorial yang akan disampaikan akan mudah kamu ikuti meskipun kamu baru pertama sekali menggunakan Blogger.

    Widget waktu dan tanggal di bawah ini terdiri dari kumpulan kode html yang nantinya tinggal di-copy paste langsung ke widget di website atau blog Anda. Setelah itu, widget waktu dan tanggal ini akan segera aktif dan terlihat di website dan blog sesuai dengan tata letak yang Anda setting.

    Yuk Simak dibawah ini :

      1. Dashboard > Layout
      2. Page Element
      3. Klik salah satu Gadget
      4. Pilih HTML/Javasript
      5. Masukkan atau Copypaste kode dibawah ini :


    Hasilnya

    Biar lebih menarik bisa juga ditambahkan border. Copypaste kode dibawah ini :

    Hasilnya setelah dipoles dengan border :

    Setelah itu, save widget blog kamu.

    Kemudian periksa sekarang, website atau blog Anda sekarang sudah memiliki widget waktu dan tanggal dengan menarik yang tentunya akan membantu pengunjung juga serta untuk memberikan desain yang menarik bagi website atau blog Anda.

    Silahkan kunjungi juga Kalender Lengkap dengan Jam, Tanggal Jawa, Tahun Jawa dan Lain-Lain Disini

    Cara Kedua untuk Menampilkan Hari dan Tanggal di Blog

    Untuk cara yang kedua ini kalian mengedit melalui template / tema blog. Kode scriptnya sama dengan diatas , tapi untuk penempatannya sesuaikan dengan template kalian sendiri-sendiri. Misal , di bawah header.

    Itulah Cara Menampilkan Hari , Waktu Dan Tanggal JavaScript Di Blog. Jika masih bingung , monggo ditanyakan :)

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Terima kasih telah membaca Cara Menampilkan Hari , Waktu Dan Tanggal di Blog Dengan JavaScript , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
    Image

    2 komentar

    1. Black Zack
      Tidak usah buat tutorial bang, kalo scritnya tidak bisa copy. Lu pikir, memindahkan script bisa dengan di hapal kah...
      • Valeria V
        Sudah di update ya bos :)
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...