Cara Mudah Redirect/Mengalihkan Halaman Error 404 ke Homepage di Blogger -->

Cara Mudah Redirect/Mengalihkan Halaman Error 404 ke Homepage di Blogger

Pada tutorial kali ini saya akan membahas cara redirect 404 otomatis ke halaman beranda atau homepage.

Sebenarnya, apa itu error 404? Jadi, 404 page not found artinya adalah suatu peringatan yang akan muncul ketika browser tidak bisa menemukan konten maupun file yang hendak diakses. Penyebab dari masalah ini cukup beragam seperti konten rusak, hilang, atau berubah nama.

Error 404 ini juga disebut sebagai suatu kesalahan dimana terjadi akibat URL maupun link yang hendak dituju tidak lagi ditemukan. Masalah ini juga sering terjadi akibat root pada blogspot yang sebenarnya secara asli tanpa menggunakan www.

Dalam hal ini, pesan error 404 sendiri bisa memunculkan bentuk yang bermacam-macam sesuai tema yang Anda gunakan. Sebagai contoh pesan error 404 berupa “url error 404 not found”.

Akibat dari munculnya error 404 ini juga bermacam-macam. Satu hal yang pasti yaitu konten tersebut sudah tidak diakses lagi oleh pengunjung sehingga mereka bisa kecewa. Halaman error 404 not found ini juga berpengaruh pada SEO.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi 404 di blogger. Dengan mengetahui cara mengatasi 404 not found maka Anda tak akan panik lagi apabila menemukan kasus serupa. Url error 404 not found menjadi semacam pesan error yang cukup menyebalkan.

Ketika sebuah situs memiliki banyak broken link, khususnya pada blog maka skor SEO blog tersebut akan memburuk sesuai pandangan Google. Buat Anda pengunjung blog, maka Anda bisa menerapkan cara mengatasi 404 di blogger nginx yang disampaikan berikut ini.

Mengapa Anda harus melakukan redirect?

Redirect adalah hal yang sangat penting karena akan membantu mesin pencari mengenali URL pada website Anda apakah masih valid atau tidak. Dengan melakukan redirect pada halaman atau URL yang tidak valid/broken akan diarahkan ke halaman yang benar atau valid maka secara otomatis akan membantu memberitahu mesin pencari memperbaiki crawlpada website Anda dan juga pengunjung website Anda akan dibawa ke halaman yang benar ketika mengaksesnya

Nah berikut adalah cara mengalihkan error 404 page not found ke halaman utama (Homepage) pada BLOGGER :

    1. Masuk Blogger > Tema > Edit Tema
    2. Cari kode HTML </body> dengan bantuan CTRL + F
    3. Copy dan paste kode javascript dibawah tepat diatas tag </body>

<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;error_page&quot;}'>
<script>
setTimeout(function () {
window.location.replace("<data:blog.homepageUrl/>");
});
</script>
</b:if>

Atau

<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;error_page&quot;}'>
<script>
window.location.replace("<data:blog.homepageUrl/>");
</script>
</b:if>

4. Kemudian Save dan selesai.

Cara diatas akan membuat halaman error 404 langsung diredirect ke Homepage tanpa menunggu. Atau Kalian juga bisa membuat Redirect dengan menunggu waktu Hitungan detik dengan cara berikut ini :
    Copy dan paste kode Javascript dibawah tepat diatas tag </body>:

<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;error_page&quot;}'>
<script>
setTimeout(function () {
window.location.replace("<data:blog.homepageUrl/>");
}, 5000); //akan memanggil fungsi setelah 8 detik.
</script>
</b:if>


Dengan menggunakan kode diatas maka halaman error 404 akan dilanjutkan ke halaman utama blog dalam waktu 5 detik. Ganti angka 5000 dengan nilai berapapun, angka tersebut menjelaskan berapa lama halaman 404 akan ditampilkan dan dilanjutkan ke halaman utama blog.
1000 = 1 detik.

Itulah cara paling mudah dalam mengalihkan halaman 404 ke homepage di Blogger. Jangan lupa Share ya gaes !!! :)

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Cara Mudah Redirect/Mengalihkan Halaman Error 404 ke Homepage di Blogger , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...