Viral, Patung di Seluruh Dunia Pakai Masker, Ingatkan Orang Patuhi Instruksi Pemerintah

Viral, Patung di Seluruh Dunia Pakai Masker, Ingatkan Orang Patuhi Instruksi Pemerintah

Masker adalah produk yang paling dicari di seluruh dunia dalam masa pandemi virus korona baru ini karena dapat melindungi orang lain dan juga diri sendiri dari infeksi virus Covid-19. Pemerintah di berbagai negara juga mewajibkan bermasker saat berada di tempat publik.

Meski begitu masih banyak sekali orang yang tidak patuh dan enggan mengenakannya. Kini demi mengingatkan pentingnya masker, sejumlah patung di dunia dipakaikan masker.

Berikut adalah sejumlah patung-patung terkenal yang memakai masker:



Patung Buddha, Pathum Thani, Thailand


Patung Buddha yang terletak di kuil Wat Phra Dhammakaya, Pathum Thani, Thailand, tampak mengenakan masker besar berwarna merah. Pemandangan itu dapat terlihat dari jalan raya di depan kuil untuk mengingatkan para pejalan kaki untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Thailand merupakan salah satu negara di Asia dengan jumlah kasus positif yang relatif sedikit, hingga kini melaporkan 3 ribu orang terinfeksi dan sedikitnya 57 kematian akibat Covid-19. Meski demikian, pemerintah Thailand belum berencana untuk membuka pintunya bagi pariwisata internasional, yang merupakan salah satu sumber pendapatan utama negara.



Patung Hachiko, Tokyo
Viral, Patung di Seluruh Dunia Pakai Masker, Ingatkan Orang Patuhi Instruksi Pemerintah

Kisah kesetiaan seekor anjing Akita bernama Hachiko yang menunggu pemiliknya pulang hingga 9 tahun membuat haru banyak orang. Kisah ini diabadikan lewat film baik versi Jepang maupun buatan Hollywood Hachiko: A Dog's Tale yang diperankan oleh Richard Gere.

Hachiko juga dijadikan patung di Shibuya, Tokyo, Jepang. Kini patung Hachiko terlihat mengenakan masker untuk mengingatkan ribuan orang yang melintas setiap harinya.

Senin lalu (25/5), Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah mengangkat keadaan darurat nasional setelah jumlah kasus positif Covid-19 di Jepang menurun drastis. Taman hiburan pun bakal segera beroperasi kembali, namun dengan aturan pembatasan yang ketat, salah satunya pengunjung dilarang berteriak termasuk ketika naik roller coaster atau di dalam rumah hantu.



Patung Kristus Penebus, Brazil


Patung Kristus Penebus yang berdiri setinggi 38 meter di bukit Alto da Boa Vista , menghadap kota Rio de Janeiro, Brazil, kini juga ikut menambah daftar sekian banyak patung terkenal yang mengenakan masker. Pada pagi hari, kain hitam berbentuk masker dapat dilihat oleh 6,5 juta penduduk kota tersebut.

Namun pada malam hari, lampu dipancarkan menyerupai masker ke patung untuk mempromosikan perawatan diri di tengah pandemi coronavirus dan sebagai penghargaan kepada petugas kesehatan.

Brazil kini merupakan negara kedua dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di dunia. Melaporkan hingga puluhan ribu kasus dalam sehari, lebih dari 440 ribu penduduk Brazil telah terinfeksi, yang menyebabkan lebih dari 27 ribu kematian. Banyak warga di pemukiman miskin dan padat seperti di favelas merasa mereka telah ditinggalkan oleh pemerintah. Tenaga kesehatan dengan bantuan aktivis telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya prediksi kematian 125 ribu penduduk Brazil pada Agustus nanti akibat Covid-19.


Patung Gadis Tak Kenal Takut, New York
Viral, Patung di Seluruh Dunia Pakai Masker, Ingatkan Orang Patuhi Instruksi Pemerintah

Patung 'Fearless Girl' di New York yang diukir oleh Kristen Visbal pada 2017 ini mulai bermasker sejak April lalu. Selain melambangkan pemberdayaan wanita, patung gadis kecil yang berdiri menghadap New York Stock Exchange itu kini menjadi pengingat warga New York untuk mengenakan masker dalam melawan wabah virus korona.

Sejak Maret kemarin, New York telah menjadi pusat pandemi Covid-19 di Amerika Serikat, lebih dari 360 ribu warga terinfeksi dan 23 ribu meninggal akibat virus tersebut.



Patung Ibu dan Anak, Wuhan


Patung ibu dan anak di kota Wuhan, Tiongkok, dipercaya merupakan salah satu yang mengawali tren ini. Kala itu, patung tersebut terlihat mengenakan masker ditengah lockdown ketat yang mengisolir Wuhan dari dunia luar. Sebanyak 11 juta penduduk kota Wuhan berada dalam tempat tinggalnya masing-masing selama 2 bulan lebih akibat lockdown.

Merupakan lokasi awal mulanya virus Covid-19 merebak, provinsi Hubei melaporkan lebih dari 67 ribu warganya terinfeksi. Pada awal Mei kemarin, Wuhan mendapati 6 kasus baru Covid-19, mengakhiri masa 35 hari tanpa adanya temuan kasus baru di kota itu. Tidak ingin ambil risiko, otoritas setempat memutuskan untuk melakukan pengujian secara masif untuk seluruh warganya.

Hasilnya? 6.5 juta orang telah menjalani tes swab yang dilakukan oleh pemerintah hanya dalam waktu 9 hari.




Patung Superman, Metropolis

Patung Superman yang terletak di kota Metropolis, Illinois, AS, pada awal Mei kemarin telah dipasangkan masker besar berwarna putih sebagai wujud terima kasih warga kepada para tenaga kesehatan, dan juga mengingatkan semua orang untuk mengenakan masker.

Jika superhero sekelas Superman saja patuh mengenakan masker, tentunya kalian juga harus nurut dong?


sumber : Line Today

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar