Manfaat Atau Khasiat Rebung Yang Jarang Orang Ketahui, Penasaran? Simak Artikel Berikut -->

Manfaat Atau Khasiat Rebung Yang Jarang Orang Ketahui, Penasaran? Simak Artikel Berikut

Tahukah anda bahwa rebung merupakan tunas dari akar bambu yang masih muda? Biasanya rebung dimanfaatkan untuk diolah sebagai bahan makanan. Bentuknya yang kerucut dan berwarna putih di dalamnya, memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Namun sayang sekali tidak sedikit orang yang tidak menyukai rebung. Padahal manfaatnya bagi kesehatan tubuh sangat banyak.

Rebung, atau bambu muda, adalah salah satu jenis sayuran yang populer di Indonesia. Bukan hanya karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah, tetapi juga karena manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Makanan ini mungkin agak ditinggalkan dibanding dengan yang lain yang mungkin dirasa lebih modern dan kekinian, tapi sebenarnya kalau di perumahan saya masih tiap hari ada ibu-ibu keliling jalan kaki bawa bakul untuk tawarkan rebung ke rumah-rumah di komplek.

Rebung kaya akan nutrisi dan rendah lemak serta kalori, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaat rebung adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi rebung secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Tidak hanya itu, rebung juga memiliki khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi seperti kalium, kalsium, zinc, dan vitamin A dan B di dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan virus dan penyakit.

Dilansir dari Hello Sehat, Kandungan gizi rebung sebagai berikut:

Rebung, yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan bamboo shoot, adalah tunas bambu yang masih muda.

Manfaat rebung untuk bahan masakan sebenarnya telah dikenal sejak zaman dulu. Namun, tunas bambu muda ini memiliki bau khas menyengat yang tidak semua orang menyukainya.

Untuk Anda yang belum tahu, berikut kandungan gizi yang ada dalam 100 gram (g) rebung.

  • Air: 91 g.
  • Energi: 27 kalori (Kal).
  • Protein : 2,6 g.
  • Lemak: 0,3 g.
  • Karbohidrat: 5,2 g.
  • Serat: 2,2 g.
  • Kalsium: 13 miligram (mg).
  • Zat besi: 0,5 mg.
  • Magnesium: 3 mg.
  • Fosfor: 59 mg.
  • Kalium: 533 mg.
  • Natrium: 4 mg.
  • Seng: 1,1 mg.
  • Vitamin C: 4 mg.
  • Thiamin (vitamin B1): 0,15 mg.
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,07 mg.
  • Karoten: 10 mikrogram (mcg).
  • Folat: 7 mcg.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan gizi rebung yang meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral, membuat sayuran ini punya beragam khasiat untuk kesehatan.

Nah, berikut adalah sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi rebung.

    1). Mampu mengurangi kolesterol
    2). Meningkatkan kesehatan pencernaan
    3). Membantu menurunkan berat badan
    4). Prebiotik (penyedia makanan bagi banyak bakteri baik) bagi kesehatan usus
    5). Meningkatkan nafsu makan
    6). Meningkatkan imun tubuh
    7). Mengurangi risiko penyakit kronis
    8). Mengoptimalkan kekuatan tulang
    9). Menjaga kesehatan kulit
    10). Mencegah penyakit kanker
    11). Mengontrol kadar gula
    12). Memiliki sifat anti mikroba dan antiinflamasi (mencegah peradangan)
    13). Meningkatkan kesehatan jantung
    14). Rendah gula yang artinya baik bagi penderita diabetes
    15). Kaya vitamin dan mineral.

Cara Mengolah Rebung dengan Benar

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai khasiat atau manfaat dari rebung, hal lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara memasak rebung dengan benar. Cara yang paling mudah adalah dengan menumisnya, namun sebelum menumis Anda harus merebusnya terlebih dahulu kurang lebih selama 20 menit untuk menghilangkan rasa pahit.

Selain menghilangkan rasa pahit, merebus rebung juga berguna untuk menghilangkan komponen toksin di dalamnya. Kadar toksin pada rebung bisa ditandai dengan rasa pahit dan asam yang muncul. Semakin sulit rasa pahit dan asam hilang, berarti rebung memiliki kadar toksin yang tinggi. Saat direbus, biasanya aroma asam dari rebung akan makin terasa.

Guna menghilangkan bau asam, saat merebus rebung Anda bisa mencucinya terlebih dahulu dan buang bagian tunas yang keras. Setelah merebus rebung dalam air mendidih kurang lebih 20 menit, segera tiriskan dan rebus kembali dengan tambahan 5 lembar daun jeruk dan 3 cm jahe yang dimemarkan.

Perlu Anda ketahui, cara memasak rebung dapat memengaruhi kadar antioksidan di dalam rebung.

Nah, itulah berbagai manfaat rebung yang baik untuk kesehatan Anda. Sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda memasak sayur rebung hingga matang, ya. Hal ini penting untuk membasmi kandungan racun di dalamnya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Manfaat Atau Khasiat Rebung Yang Jarang Orang Ketahui, Penasaran? Simak Artikel Berikut , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan