Pulau Gili Ketapang di Probolinggo, Pesona Keindahannya Tak Ada Duanya. Yakin Gak Mau Kesini? -->

Pulau Gili Ketapang di Probolinggo, Pesona Keindahannya Tak Ada Duanya. Yakin Gak Mau Kesini?

Pulau Gili Ketapang di Probolinggo, Pesona Keindahannya Tak Ada Duanya. Yakin Gak Mau Kesini?

Pulau Gili Ketapang adalah sebuah pulau kecil yang letaknya berada di antara pulau Jawa dan Madura. Pulau ini terletak sekitar 5 Mil di tengah laut jika ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

Luas kawasan ini sekitar 68 ha, sebuah pulau yang cukup luas dan dihuni kurang lebih 7.600 jiwa di dalamnya. Mayoritas warga yang tinggal di Pulau Gili Ketapang bermata pencaharian sebagai nelayan yang melaut di perairan sekitar pulau, dan sebagian lainnya berprofesi sebagai pedagang yang mendirikan beberapa warung makan.

Awalnya pulau ini adalah spot memancing bagi wisatawan yang gemar memancing di area Jawa Timur. Kondisi lautnya masih sangat baik dikarenakan nelayan yang masih menerapkan cara tradisional saat melaut. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan bidang pariwisata semakin berkembang di daerah ini.

Ditambah lagi dengan keindahan bawah lautnya yang tidak kalah dengan spot snorkeling lainnya di Indonesia, membuat dinas Pariwisata Probolinggo terus menggenjot potensi wisata Pulau Gili Ketapang.

Satu hal yang akan diingat wisatawan yang berlibur ke Pulau Gili Ketapang adalah kebersihan pulau yang terjaga dengan baik. Bahkan, kita tak akan menemukan sampah sedikit pun disini.

Pasir putihnya yang halus, bersih, dan lembut, membuat siapapun betah saat duduk santai di hamparan pasir pantainya. Keasrian dan keteduhan pulau Gili Ketapang juga benar-benar terjaga dengan baik. Penduduk di kawasan wisata ini juga terkenal ramah dan bersahaja, sehingga wisatawan yang datang merasa betah berlama-lama di tempat ini, seakan sedang berada di rumah sendiri.

Untuk menuju kesana, para wisatawan bisa menyewa kapal yang telah disediakan untuk para wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati keindahan Gili Ketapang. Bahkan wisatawan juga dapat mengandalkan para guide yang sudah siap menunggu untuk memandu anda agar lebih menikmati indahnya suasana Pulau Gili Ketapang.

Pulau Gili Ketapang, Pulau Cantik Yang Ada di Tengah Laut

Karena lokasi nya yang agak sedikit sulit dijangkau membuat pulau cantik ini masih cukup sepi, alias belum banyak pengunjung yang singgah. Mayoritas penduduk yang menghuni pulau Gili Ketapang ini sebagian besar merupakan keturunan Madura yang mempunyai profesi sebagai nelayan.

Ombak pantai di pulau Gili Ketapang juga bisa dibilang cukup tenang, di lengkapi pula dengan hamparan pasir putih yang membentang luas, warna air laut yang nampak kebiruan, serta warga lokal yang selalu ramah akan menambah suasana Wisata anda pulau Gili Ketapang terasa sangat damai dan menyenangkan.

Pasir pantainya yang berwarna putih bersih, keindahan pantainya yang masih alami, ditambah surga bawah lautnya yang menggoda memang membuat siapapun tertarik untuk terjun langsung mengeksplorasi lokasi wisata ini.

Bahkan di beberapa tempat, pasir pantainya berwarna hampir pink atau merah muda. Selain itu, kegiatan snorkeling di Gili Ketapang juga menjadi tujuan para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanagera.

Konon keindahan bawah laut di Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo ini, merupakan salah satu yang tercantik di Jawa Timur.

Destinasi Di Pulau Gili Ketapang
  • Snorkeling selam dasaran
  • Semenanjung Pasir Putih
  • Kejernihan Air Laut Yang Membiru
  • Goa kucing
  • Hutan kayu jaran
  • Mancing

Snorkeling

Rasanya ini menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke Gili Ketapang. Keindahan alam bawah laut serta air lautnya yang jernih membuat wisatawan bisa puas mengeksplor keindahannya.

Disini kita bisa melihat hewan-hewan bawah laut serta terumbu karang yang cantik. Kita juga dapat melihat ikan nemo yang populer dan dijadikan karakter dalam sebuah film.

Tercatat terdapat 3 titik spot snorkeling yang direkomendasikan saat berada di Gili Ketapang. Salah satu spot snorkeling berada di sisi selatan dan 2 lainnya berada di barat daya. Masing-masing jaraknya hanya 100 meter dari pantai.

Bagi wisatawan yang belum terlalu berpengalaman dalam snorkeling tak perlu khawatir. Warga sekitar pulau sudah sangat paham mengenai pariwisata setempat serta titik-titik yang dapat digunakan untuk berfoto.

Kita akan diajak dan ditawarkan untuk mengunjungi titik swafoto yang ada di Gili Ketapang. Titik swafoto ini dibuat menggunakan balok kotak segi empat. Ada banyak macam tulisan, misalnya “Selamat Datang Di Gili Ketapang”, “Kapan Kamu Berkunjung Ke Gili Ketapang”, serta masih banyak lainnya. Balok-balok ini telah diukur agar pas sesuai dengan kondisi terumbu karang. Sehingga spesies yang ada di bawah laut tetap terjaga baik.

Untuk bersnorkeling di Gili Ketapang, kita tidak perlu membawa peralatan snorkeling dari rumah. Sebab, banyak paket wisata snorkeling di Gili Ketapang yang menyediakan peralatan snorkeling secara lengkap. Kita hanya perlu memilih paket wisata mana yang tepat dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Memancing Tengah Lautan

Bagi yang gemar memancing, jangan lewatkan untuk menangkap ikan-ikan besar yang ada di kawasan perairan Gili Ketapang. Disini kita bisa merasakan serunya memancing di tengah lautan.

Untuk bisa menikmati wisata memancing ini kita bisa naik kapal nelayan bertarif Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per kapal. Namun jika spot yang dituju cukup jauh, biasanya tarif akan naik sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1.200.000.

Ada banyak jenis spesies ikan yang bisa ditangkap disini, mulai dari ikan kakap merah, ikan kerapu hingga ikan dorang. Bahkan jika kita beruntung, mungkin saja kita akan mendapatkan ikan-ikan berukuran besar.

Wisata memancing biasanya diakhiri dengan menikmati ikan bakar hasil tangkapan diatas perahu sembari menikmati pemandangan sunset Gili Ketapang dan tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Menikmati Momen Matahari Terbenam di Gili Ketapang Probolinggo

Saat berlibur ke Gili ketapang, jangan lewatkan untuk menikmati momen matahari terbenam yang sangat indah. Salah satu spot sunset terbaik disini berada di bagian ujung barat pulau. Tempat ini populer dengan nama Tanjung Love atau warga sekitar sering menyebutnya sebagai buntut kecebong karena bila dilihat dari atas bentuknya mirip seperti buntut kecebong raksasa.

Di spot ini, kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam yang begitu memanjakan mata. Ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang sangat bersih menjadi perpaduan yang indah.

Wisata Sejarah dan Religi
Pulau Gili Ketapang di Probolinggo, Pesona Keindahannya Tak Ada Duanya. Yakin Gak Mau Kesini?

Pulau kecil ini tak hanya menawarkan wisata pantai dan keindahan bawah lautnya saja. Terdapat pula wisata lain dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi, yaitu Goa Kucing

Tempat ini adalah rumah dan terdapat goa di dalamnya yang merupakan makam Syech Isap, salah seorang ulama yang turut berperan menyebarkan agama Islam disana. Tempat ini menjadi tempat hidup ribuan kucing, sehingga diberi nama sebagai Goa Kucing.

Tak jauh dari Goa ini juga terdapat pantai yang cantik. Meskipun dipenuhi bebatuan karang, panorama alamnya terlihat bagus dan air lautnya yang berwarna biru jernih.

Fasilitas Gili Ketapang di Probolinggo

Wisata Pulau Gili Ketapang di Probolinggo bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :


  • – Area Parkir kendaraan
  • – Mushola
  • – Kamar mandi / MCK
  • – Tempat Istirahat
  • – Penyewaan Perahu
  • – dan masih banyak lainya

Jika perut terasa lapar, di kawasan pulau ini tersedia warung-warung makan yang berjejeran dan menawarkan menu andalannya, yaitu ikan bakar.

Rute Menuju Lokasi Gili Ketapang

Untuk menuju ke Pulau Gili Ketapang dapat ditempuh dengan mudah karena lokasinya berada di tengah-tengah Provinsi Jawa Timur. Tepatnya di Desa Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Probolinggo sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi wisata Pulau Gili Ketapang di Probolinggo. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Probolinggo saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Pulau Gili Ketapang di Probolinggo dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke wisata Pulau Gili Ketapang di Probolinggo di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal Probolinggo. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Gili Ketapang lalu menaiki perahu motor hingga sampai di lokasi Wisata Pulau Gili Ketapang tersebut.

Lokasi Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang di Probolinggo, Pesona Keindahannya Tak Ada Duanya. Yakin Gak Mau Kesini?

Secara administratif, pulau ini masih termasuk dalam Kabupaten Probolinggo. Untuk lokasi tepatnya wisata ini berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan untuk rute penyeberangan dimulai dari pelabuhan Tanjung Tembaga. Lama waktu penyeberangan ini kurang lebih memakan 1 jam.

Demikianlah ulasan mengenai Wisata Pulau Gili Ketapang di Probolinggo yang dapat saya informasikan di web https://www.panjinawangkung.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Pulau Gili Ketapang di Probolinggo.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Pulau Gili Ketapang di Probolinggo, Pesona Keindahannya Tak Ada Duanya. Yakin Gak Mau Kesini? , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan