Manfaat Mengkonsumsi Buah Mangga , Buah Idola Sejuta Umat

Manfaat Mengkonsumsi Buah Mangga , Buah Idola Sejuta Umat

Beragam manfaat buah mangga yang bisa Anda dapatkan

Siapa yang tak kenal buah mangga? Buah yang satu ini merupakan buah idola manusia sejuta umat di Indonesia yang selalu diburu terlebih saat musim mangga tiba.

Banyak sekali jenis buah mangga dilihat dari warna kulit, bentuk, ukuran, tekstur, bahkan rasanya. Meski kulit mangga bervariasi dari hijau, kuning, oranye hingga merah, hampir semua daging buahnya berwarna kuning oranye.

Mengandung lebih dari 20 jenis vitamin dan mineral, tak heran bila manfaat buah mangga bagi kesehatan juga berlimpah. Kandungan nutrisi buah mangga.

Buah tropis asli Asia Tenggara ini termasuk buah yang rendah kalori, namun tinggi gizi. Dalam mangga potong sebanyak 165 gram, terdapat nutrisi sebagai berikut:
  • 99 kalori.
  • Protein: 1,4 gram.
  • Karbohidrat: 24,7 gram.
  • Lemak: 0,6 gram.
  • Serat: 2,6 gram.
  • Berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, B1, B2, B5, B6, B9 (folat), E, dan K.
  • Beragam mineral, seperti tembaga, niasin, potasium, mangan, magnesium, fosfor, asam pantotenik, kalsium, selenium, dan zat besi.

  • Tak hanya berhenti di situ, buah mangga juga mengandung banyak zat antioksidan polifenol. Totalnya, ada lebih dari 12 jenis polifenol dalam buah berdaging kuning ini. Beberapa di antaranya adalah mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, serta asam benzoat.

    Zat antioksidan berperan penting untuk melindungi sel-sel tubuh kita dari radikal bebas yang biasanya mengikatkan diri ke sel dan menyebabkan kerusakan. Rusaknya sel tubuh akibat radikal bebas akan berdampak pada penuaan dini dan munculnya penyakit kronis.
    Mangiferin adalah jenis polifenol yang paling kuat. Beberapa riset yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa mangiferin bisa melawan kerusakan sel akibat radikal bebas yang berkaitan dengan munculnya kanker serta diabetes.

    Beragam manfaat buah mangga yang bisa Anda dapatkan

    Manfaat Buah Mangga: Dari Cegah Asma Hingga Jaga Kesehatan Tulang

    Dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak, manfaat buah mangga yang luar biasa untuk kesehatan.

    Berikut 11 khasiat luar biasa dari buah mangga yang baik untuk dikonsumsi bagi tubuh kita sekalian :

    1. Mencegah Kanker

    Pada prinsipnya jika pola makan kita sehat, tentu penyakit akan jauh dari tubuh kita, termasuk kanker. Buah mangga mengandung antioksidan seperti astragalin, asam galic, guercetin, methylgallat dan isoquercitrin dapat membantu menghambat tumbuhnya segala jenis kanker dalam tubuh.

    2. Menurunkan kolesterol

    Mangga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Tingginya kadar pektin dapat membantu menurunkan lipoprotein densitas rendah (LDL atau kolesterol jahat) yang menyebabkan plak di pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah. Vitamin C dalam mangga bisa menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh.

    3. Menjaga kesehatan mata

    Manfaat buah mangga yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya mengandung vitamin C, buah mangga juga mengandung vitamin A dan antioksidan yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia atau hilangnya penghlihatan, mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.

    4. Mencegah diabetes

    Diabetes adalah penyakit parah yang ditandai dengan kelebihan gula darah dalam tubuh. Penyebab diabetes yang paling umum adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan resistensi insulin. Nilai Indeks Glikemik mangga adalah 51, yang tergolong dalam kategori rendah. Jadi, mangga tidak memiliki efek yang terlalu signifikan dalam meningkatkan kadar gula darah

    5. Mempercantik kulit

    Salah satu manfaat terbaik jus mangga adalah meningkatkan kecantikan kulit, karena kandungan vitamin C yang tinggi. Selain dengan cara dikonsumsi, berbagai masalah kulit bisa diobati melalui penanganan eksternal. Misal, sisa buah itu dibalurkan pada kulit yang berjerawat selama sepuluh menit.

    6. Menjaga kesehatan hati

    Dengan mengonsumsi jus mangga hijau, sangat bermanfaat untuk kesehatan hati kamu karena membantu mengobati penyakit hati. Asam dalam buah mentah meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri.

    7. Mempertahankan tekanan darah

    Jus mangga mengandung zat gizi penting yaitu potasium yang membantu fungsi otot, jantung, dan saraf. Mineral ini juga mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan tekanan darah.

    8. Menyehatkan pencernaan

    Jus mangga dikenal untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan menenangkan perut yang sakit. Jadi jika kamu menderita sembelit, konsumsilah jus ini yang bisa dikombinasikan dengan jus jeruk dan nanas.

    9. Menurunkan berat badan

    Dapat menurunkan berat badan, karena buah ini terbaik untuk dimakan saat kamu ingin menurunkan kalori. Jus mangga membantu meningkatkan metabolisme sehingga membantumu membakar lebih banyak kalori, dan juga lebih rendah kalori sebab mengandung lebih sedikit gula.

    10. Menjaga kesehatan gigi

    Sariawan adalah penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin C, yang menyebabkan gusi berdarah, ruam, memar, lemas dan bau. mangga mentah kaya akan vitamin C. Sehingga dapat menyembuhkan masalah tersebut.

    11. Meningkatkan libido

    Mangga adalah sumber vitamin E, yang membantu mengatur hormon seks dan meningkatkan libido. (Dadan Harjan, 2013). Sehingga tanpa kita sadari, banyak khasiat buah mangga bagi kesehatan tubuh kita, terlebih dengan kandungan nutrisinya yang begitu banyak. Buah mangga juga dapat mencegah berbagai penyakit.

    Manfaat Buah Mangga: Dari Cegah Asma Hingga Jaga Kesehatan Tulang

    Dengan begitu, mulailah pola hidup sehat, salah satunya dengan cara mengonsumsi buah mangga, selain rasanya yang unik khasiatnya pun banyak sekali. Buah mangga ini sangat mudah untuk didapatkan, di mana-mana sudah dibudidayakan, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah mangga.

    Oh iya , meskipun banyak manfaat buah mangga bagi kesehatan kita, jangan lupa bahwa mangga termasuk buah yang tinggi kandungan gula. Oleh karena itu, konsumsinya perlu Anda batasi. Hindari memakan mangga lebih dari 330 gram per hari. :)

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    Posting Komentar