Cara Mudah Klaim Token Listrik Gratis 2021 Dari PLN. Simak Caranya di Sini ! -->

Cara Mudah Klaim Token Listrik Gratis 2021 Dari PLN. Simak Caranya di Sini !

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 2021. Mudah kok
Ilustrasi pengisian token listrik PLN. (Image: Dok PLN Kalbar) repost nusadaily


Masa pandemi yang memberikan dampak negatif, terutama bagi kondisi ekonomi, membuat masyarakat berusaha dua kali lipat lebih keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengerti akan kebutuhan ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan keringanan kepada para pelanggannya berupa diskon dan token listrik gratis.

dikutip wartabromo , Demi menindak lanjuti kebijakan pemerintah, PLN menegaskan bahwa pihaknya siap melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut. “Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril sebagaimana dari keterangan resmi PLN, pada Jum’at (01/01/2021)

Bob Saril menerangkan bahwa diskon 100% akan diberikan kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA. Sedangkan bagi pelanggan listrik kategori daya 900 VA mendapat diskon sebesar 50%.

Tak hanya itu, bagi pelanggan bisnis dan industri yang menggunakan daya 450 VA, akan mendapatkan diskon 100% pula. Namun, keringanan ini hanya diberikan pada pelanggan bersubsidi yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementrian Sosial (Kemensos).

“Kami pastikan pemberian stimulus ini tepat sasaran, khusus kategori rumah tangga sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos,” tandas Bob.

Pemberian token listrik Januari 2021 sampai dengan Maret 2021 secara gratis ini tentu memiliki tujuan. Salah satunya pemerintah ingin bantu masyarakat mengurangi beban membeli token listrik.

Perlu diketahui anggaran Rp3,78 triliun ini diberikan pada masyarakat sebagai bentuk subsidi di masa pandemi yang masih berlanjut. Agar ekonomi masyarakat juga bisa terus tumbuh, misalnya para pelaku usaha kecil yang menggunakan listrik sebagai penunjang usahanya.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (2/1/2021) menegaskan bahwa subsidi biaya listrik menjadi bagian dari usaha pemulihan ekonomi sebagai akibat pandemi Covid-19.

"Komitmen Presiden Joko Widodo memastikan rakyat yang ekonominya terdampak pandemi tetap mendapatkan stimulus dari pemerintah," jelas Erick Thohir.

Program ini berupa token listrik gratis PLN yang berlaku untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Dikutip dari KOMPAS , Subsidi dan diskon listrik tersebut sudah bisa dinikmati pelanggan PLN mulai Kamis, 7 Januari 2021. Ada 32 juga pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi serta 459.000 pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA yang akan mendapatkan stimulus listrik ini.

Akan tetapi, tidak semua pelanggan golongan listrik mendapatkannya, hanya golongan tertentu. Berikut ini pelanggan yang menerima subsidi listrik PLN: 

  • Pelanggan rumah tangga RI-450 VA
  • Pelanggan rumah tangga RI-900 VA subsidi
  • Pelanggan bisnis dan industri dengan daya 450 VA (B1/450 VA dan l1/450 VA)

  • Selanjutnya adapun ketentuan diskon yang diberikan adalah :

  • Diskon 100 persen untuk pelanggan listrik kategori 450 VA
  • Diskon 50 persen untuk pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraaan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial
  • Pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA yang akan diberikan diskon 100 persen tagihan listrik.

  • Masih Dikutip dari KOMPAS , Subsidi listrik tidak hanya diperuntukkan untuk pelanggan prabayar, tapi juga untuk pascabayar.

    Melansir instagram resmi PLN, untuk pelanggan prabayar 450 VA, setiap bulannya diberikan token gratis yang besarannya sama seperti sebelumnya. Bagi pelanggan pasca bayar tagihan listrik pada bulan berjalan langsung dinyatakan lunas. 

    Pada pelanggan prabayar 900 VA diskon 50 persen langsung diterima saat membeli token. Sedangkan bagi pelanggan pascabayar 900 VA diskon 50 persen otomatis diberikan di tagihan listrik pascabayar.


    Token listrik gratis PLN Januari 2021 akan kembali diberikan pada mereka yang berhasil klaim, baik melalui aplikasi PLN Mobile, Via WhatsApp, atau lewat laman resmi PLN. 

    Ketiga cara di atas memiliki langkah-langkah yang hampir sama. Membutuhkan nomor ID Pelanggan supaya bisa klaim token listrik gratis PLN Januari 2021.

    Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

    Untuk selengkapnya, berikut cara mendapatkan token listrik gratis 2021.

    1. Melalui Aplikasi PLN Mobile

    Berikut cara mendapatkan atau klaim token listrik gratis tahun 2021 melalui aplikasi PLN Mobile :

      1. Buka Aplikasi PLN Mobile.
      2. Klik "PLN Peduli Covid-19" pada bagian Info & Promo.
      3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
      4. Token gratis akan muncul.
      5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

    Klaim token listrik Via WhatsApp

    Untuk mendapatkan token listrik PLN gratis bisa kamu lakukan melalui WhatsApp. Caranya dapat kamu lihat dengan mengikuti langkah berikut ini :

      1. Buka Aplikasi WhatsApp.
      2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
      3. Token gratis akan muncul.
      4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

    Cara mendapatkan token listrik PLN gratis via website

    Selain dari Aplikasi WhatsApp, kamu bisa mendapatkan token listrik gratis melalui situs resmi PLN. Ikuti langkah berikut untuk mendapatkannya, ya.

      1. Buka Aplikasi PLN Mobile.
      2. Klik "PLN Peduli Covid-19" pada bagian Info & Promo.
      3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
      4. Token gratis akan muncul.
      5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

    Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 2021
    wartabromo

    Nah, itulah Cara mendapatkan token listrik gratis tahun 2021. Semoga informasinya bisa bermanfaat ya. jangan Lupa Share. :)

    Anda mungkin menyukai postingan ini

    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

    DMCA.com Protection Status

    Page Load Time...