Mengenal Apa Itu Monitor dan Jenisnya

Mengenal Apa Itu Monitor dan Jenisnya

markbro



Monitor adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan berbagai macam data yang diolah oleh suatu komputer itu sendiri yang ditransfer melalui output. Jadi, Monitor ini memiliki peranan sangat penting pada sebuah komputer. Ibarat motor, jika tidak diisi bensin maka motor itu tidak akan berfungsi seperti semestinya.

Sedangkan menurut wikipedia Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.

Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Pengertian Monitor

Monitor pada dasarnya merupakan kata lain dari mengamati yang diambil dari Bahasa Inggris yang artinya mengamati. Jadi, jika kita artikan secara luas maka pengertian dari monitor adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan sesuatu data grafis yang diolah oleh sebuah komputer dan ditransfer melaui output sebuah komputer itu sendiri sehingga kita sebagai pengguna bisa melihat suatu gambar yang ditampilkan pada monitor.

Istilah lain dari Monitor dalam sebuah perangkat komputer sering juga disebut dengan layar komputer. Sedangkan pada perangkat jaringan televisi, monitor disebut dengan istilah layar televisi.


Jenis-Jenis Monitor

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa monitor merupakan bagian terpenting dari suatu perangkat komputer. Namun, taukah kalian ada berapa jenis monitor yang dipakai oleh suatu komputer hingga saat ini? Berikut jenis-jenis monitor yang digunakan dalam perangkat komputer sampai saat ini.


1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Bagi kamu pengguna komputer jadul atau diera tahun 2000an maka sudah tidak asing lagi dengan layar monitor yang satu ini. Monitor ini dibuat dengan model tabung yang menjadikan layarnya agak sedikit cembung, tidak datar seperti yang kita jumpai pada jenis monitor masa kini.

Monitor CRT dibuat memanfaatkan teknologi sinar katoda yang diletakkan di dalam sebuah tabung. Monitor jenis CRT ini menjadi monitor komputer tertua yang hingga saat ini masih banyak digunakan. Karena menggunakan tabung katoda, monitor CRT sering juga disebut dengan istilah monitor tabung.


2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Seiring dengan berkembangnya teknologi hingga saat ini, Perusahan elektronik juga tidak mau ketinggalan zaman, mereka membawa perubahan baru yang lebih menarik untuk jenis monitor generasi berikutnya, yaitu untuk sekarang sudah menggunakan layar Liquid Cristal Display (LCD).

Monitor LCD dibuat memanfaatkan cairan kristal untuk memberikan kualitas warna yang jauh lebih baik daripada tipe monitor sebelumnya. Sehingga pada jenis monitor LCD ini memiliki varian cahaya yang lebih banyak dibanding CRT dan juga terdiri dari satuan pixel.

Tentunya monitor LCD ini mempunyai banyak kelebihan dibanding jenis monitor yang sebelumnya mulai dari kualitas gambar yang ditampilkan lebih cerah serta warna yang dihasilkan pun terlihat ketajamannya.

Dari segi fisik tentu saja LCD lebih ramping dan lebih mudah untuk kita bawa, namun ada juga kelemahan yang nampak nyata dari layar monitor yang satu ini, yakni memiliki harga yang lebih mahal dari jenis monitor sebelumnya.


3. Monitor LED (Light Emiting Diode)

Untuk jenis monitor yang satu ini bisa dikatakan sebagai bentuk penyempurnaan dari layar monitor LCD. Dimana kualitas warna yang ditawarkan oleh jenis monitor LED cenderung lebih baik dan lebih banyak.

Banyak fitur canggih dan fungsi baru yang dihadirkan pada layar LED ini, seperti misalnya: hadirnya teknologi touchscreen, ditambahkan juga teknologi hemat daya serta kerapatan piksel yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan jenis LCD. Dan untuk masalah harga tentunya jenis monitor ini lebih mahal ya sobat.


4. Monitor Plasma

Jenis Monitor selanjutnya yakni Plasma. Monitor ini dirakit dengan memanfaatkan teknologi terbaru gas neon atau xenon yang disisipkan antara dua pelat kaca. Jika dibandingkan dengan ketiga monitor diatas, monitor plasma menjadi pilihan terbaik dalam masalah kualitas gambar yang dihasilkan. Nah lagi-lagi kelemahannya adalah dari segi harga, sudah pasti jauh lebih mahal ya sob dengan monitor sebelumnya.


5. Monitor OLED (Organic Light Emitting Diode)

Terkahir, ada jenis monitor OLED yang mana bisa kita jumpai pada perangkat komputer generasi masa kini. OLED adalah jenis monitor yang dibuat dengan memanfaatkan semikonduktor pemancar cahaya yang berasal dari lapisan organik. Jenis monitor yang satu ini bisa sangat tipis bentuknya, bahkan bisa mencapai kurang dari 1 mm.

Dalam pembuatan monitor OLED dibutuhkan lapisan kaca yang terbuat dari oksida timah indium sebagai anodanya. Untuk lapisan organik monitor OLED menggunakan diamina aromatik dan lapisan pemancar dari metal kompleks seperti 8-hidroksikuinolin aluminium serta lapisan katoda. Setiap lapisan itu tersusun sedemikian rupa hingga menjadikan sebuah layar dengan kualitas gambar yang tajam dan tinggi.

Dari jenis-jenis monitor yang disebutkan diatas pada dasarnya kegunaannya sama saja untuk menampilkan visual yang nantinya memudahkan pengguna untuk memonitor hasil kerja dari PC komputer itu sendiri. Jenis monitor terus mengikuti jaman, monitor semakin kesini semakin canggih dengan semakin canggihnya monitor yang dibuat oleh perusahaannya maka dari segi tampilan dan teknologi dibuat berbeda, pun dengan teknologi yang disematkan juga nama dari jenis monitor tersebut ikut berbeda disesuaikan dengan teknologi yang disematkan, semisal jenis OLED seperti dijelaskan diatas.


Monitor pada Laptop


Monitor yang digunakan pada komputer Laptop untuk jenis monitornya bisa saja sama dengan yang digunakan pada PC komputer, untuk monitor Laptop sendiri dibeli sudah pasti satu paket yang tidak bisa terpisahkan, monitor sudah menyatu dengan komputer laptop itu sendiri yang memiliki kelebihan bisa dilipat simpel bisa dibawa kemana-mana, sedangkan untuk komputer PC sendiri pada kebanyakan terpisah kadang belinya pun terpisah. Pada pembelian laptop tidak ada yang namanya menanyakan harga monitornya berapa, berbeda dengan pada PC karena pembelian terpisah monitor sering dihargakan secara terpisah, harga monitor untuk PC sangat beragam dari harga terendah sampai tertinggi bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan spesifikasi diinginkan, lebar layar pun bisa disesuaikan dengan keinginan.

Berbeda dengan beli Laptop tentunya tidak bisa memilih monitor secara terpisah, Laptop yang sudah dibeli maka sudah sepaket dengan monitor, berapapun ukuran dan spesifikasi monitornya yang terpasang pada unit laptop yang dibeli maka itulah yang kita beli dan digunakan. Bilapun suatu saat monitor tersebut rusak maka barulah bisa beli terpisah namun tentunya harus diganti tetap dengan ukuran dan jenis atau tipe yang sama, kecuali dimodifikasi.


Mungkin untuk kali ini cukup sampai disini untuk pengenalan monitor dan jenisnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar