Selain Untuk Peyedap Masakan Ternyata Daun Salam Mempunyai Banyak Manfaat

Selain Untuk Peyedap Masakan Ternyata Daun Salam Mempunyai Banyak Manfaat

Manfaat daun Salam

 

Bagi emak-emak, daun salam pasti telah banyak dikenal. Sebab, salah satu bagian dari pohon salam ini sering dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari sebagai bumbu dapur. Pohon ini juga mudah dijumpai disekitar kita, karena besarnya manfaat yang diberikan.

Daun salam memiliki nama ilmiah syzygium polyanthum. Pohon daun salam berukuran cukup tinggi, sekitar 30 hingga 60 meter walau ada juga yang berukuran kecil. Warna kulit batangnya terlihat coklat keabu-abuan dan memiliki sisik. Daunnya berwarna hijau dan berukuran lumayan besar dengan bentuk lonjong dan sempit di sisi kanan kiri.

Daun salam sendiri di Indonesia punya beberapa sebutan nama. Dilansir dari Wikipedia daun salam di Sumatera dikenal dengan nama meselengan, di daerah Jawa disebuat dengan manting, di daerah Sunda disebut gowok dan di Melayu disebut dengan ubar serai.

Bukan hanya di Indonesia, hampir di seluruh negara di Asia Tenggara, daun dari tanaman ini dimanfaatkan sebagai campuran makanan baik dalam keadaan kering atau segar. Biasanya ia dijual bersama dengan rempah dalam satu bundel seperti jamu, laos dan kunyit.

Memang sejak zaman dahulu, daun salam dikenal manfaatnya sebagai bahan bumbu penyedap masakan. Daun salam segar ataupun daun salam kering akan memberikan aroma sedap pada masakan dengan aroma yang tidak terlalu menyengat.
Selain itu, daun salam selain untuk bumbu rempah masakan juga mempunyai banyak manfaat dan khasiat lain .

1. Mengontrol kadar gula darah

Sebagai salah satu penyakit yang mematikan, wajar saja jika risiko diabetes harus diwaspadai. Nah, salah satu cara menekan masalah itu tentu dengan menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi daun salam.

Kandungan antioksidan di dalamnya terbilang ampuh membantu tubuh dalam memproduksi insulin. Tidak hanya kadar gula, kandungan tersebut juga efektif terhadap kadar kolesterol. Bahkan dari beberapa penelitian, daun ini terbukti ampuh mengatasi masalah pada diabetes tipe-2.

2. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan flavonoid pada daun salam juga efektif membantu mengendalikan tingkat tekanan darah seseorang. Bahkan, cukup dengan mengonsumsi air rebusan dari 10 lembar daun salam dan 3 gelas air secara rutin, terbukti ampuh menurunkan tekanan darah secara signifikan.

3. Mengatasi batuk

Meski batuk kerap dianggap sepele, namun gangguan yang ditimbulkannya cukup mengganggu. Nah, apabila kamu mengalaminya, kamu bisa mencoba ramuan herbal dari daun salam. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencuci bersih dan merebus 2 lembar daun salam dengan segelas air. Setelah itu, saring dan minum hingga batuk mereda.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Selain kesehatan, daun salam juga bermanfaat untuk menjaga sistem gastrointestinal, termasuk merangsang buang air kecil sebagai diuretik dan menurunkan toksisitas tubuh sehingga tubuh lebih mudah mengenali racun. Dengan begitu, tubuh akan mudah bereaksi dengan cara memuntahkan jika ada makanan yang mengandung racun masuk ke dalam tubuh secara tidak sengaja.

Lanjut ke masalah pencernaan. Saat kamu mengalami sakit perut, beberapa protein dalam daun salam tidak hanya efektif melancarkan pencernaan saja, melainkan juga membantu proses penyerapan asupan nutrisi.

5. Mengatasi sembelit

Tahukah kamu jika daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit? Ya, air rebusan daun salam ternyata juga bisa menenangkan sistem pencernaan dan mengobati gangguan sembelit.

Untuk membuat air rebusan daun salam pun ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 liter air, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok teh kayu manis bubuk.

Kemudian, didihkan 1 liter air dan tambahkan 1 sendok teh kayu manis bubuk serta 6 lembar daun salam. Kecilkan api dan biarkan semua bahan larut selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, saring dan kamu bisa meminumnya setiap pagi saat perut masih kosong dan sisanya bisa diminum pada siang ataupun malam hari.

manfaat daun salam


Manfaat daun salam memang tak perlu diragukan lagi. Namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya, maka akan memberikan efek samping bagi kesehatan lainnya. Anda hanya boleh mengonsumsi air rebusan daun salam satu gelas per hari atau dua hari sekali.


Berikut adalah beberapa efek samping daun salam jika dikonsumsi berlebihan:

  • Gangguan saluran pencernaan
  • Radang akut pada sistem pencernaan
  • Reaksi alergi
  • Infeksi pada kulit
  • Mengalami sesak napas dan asma
  • Menurunkan gula darah secara drastis dan tidak baik dikonsumsi berlebihan bagi orang yang tidak memiliki penyakit diabetes
  • Tidak baik untuk ibu hamil dan menyusui
  • Tidak boleh dikonsumsi sebelum melakukan operasi karena rawan terjadi perdarahan

Itulah manfaat dan efek samping dari daun salam untuk kesehatan. Perlu diingat, konsultasikan ke dokter untuk mendapat takaran yang pas dalam memanfaatkannya sebagai obat herbal. Semoga bermanfaat :)


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar