Keindahan Alam di Gunung Andong , Magelang

Keindahan Alam di Gunung Andong , Magelang

Keindahan Alam Yang Begitu Mempesona di Gunung Andong , Magelang


Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang memiliki gunung-gunung indah. Ada banyak gunung di Jawa tengah dan saling berdampingan, sehingga biasanya ketika kita naik ke salah satu gunung, maka pemandangan gunung-gunung lainpun bisa terlihat dari ketinggian sana. Langka sekali. Contohnya pemandangan di puncak Gunung Prau. Dari sana pendaki bisa melihat panorama yaitu berupa kumpulan gunung-gunung lain seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu hingga Gunung Slamet. Nah pemandangan dari Gunung Andong pun tidak kalah indahnya dengan Gunung Prau.

Gunung Andong terletak di Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan antara Magelang, Salatiga dan Semarang.

Gunung Andong merupakan gunung yang populer di Jawa Tengah dan menjadi salah satu favorit para pendaki. Bukan tanpa alasan, selain karena medannya yang relatif mudah dan tidak terlalu tinggi, pemandangan yang didapat para pendakipun sangat menakjubkan.

@anissofyantoro

Gunung Andong, kini menjelma menjadi primadona bagi para pendaki pemula. Terlebih lagi dengan dibangunnya basecamp, fasilitas umum dan jalur pendakian yang semakin nyaman. Sangatlah memanjakan kaki-kaki muda yang penuh rasa ingin tahu dan baru saja menggemari aktivitas mendaki gunung.

Gunung Andong memiliki 4 puncak sekaligus, yang berjejer-jejer membentang dari arah barat hingga timur yaitu ;
- Puncak Makam, berada di sisi paling Barat, dimana terdapat sebuah makam bernama Makam Joko Pekik atau Kiai Abdul Faqih , tokoh yang sangat dihormati masyarakat setempat.

- Puncak Jiwa, digunakan sebagai tempat camping ground terluas di Gunung Andong, sebuah helikopter pun bisa mendarat di sini.

- Puncak Andong , puncak tertingginya adalah 1726 MDPL.

- Puncak Alap-Alap, untuk mencapai ke puncak ini kita harus menuruni Jembatan Setan dengan jalur yang curam dan sempit, lebarnya tidak sampai 1 meter dengan jurang di kanan dan kiri.

@ldlesmana

Pemandangan di puncak biasa disebut dengan 360 derajat, karena hanya dengan memutar badan 360 derajat saat di puncak, pendaki dapat melihat Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, serta Puncak Gunung Andong lainnya.

Gunung Andong sendiri merupakan gunung dengan tipe perisai dengan etinggian 1.726 mdpl. Uniknya lagi gunung ini tidak memiliki aktivitas vulkanik. Nah, jadi gunung ini juga cocok sekali buat kamu para pemula yang ingin mendaki untuk pertama kalinya. Lokasinya pun terbilang mudah untuk dijangkau. Sehingga memudahkan kamu untuk memulai pendakian menuju puncak di gunung ini.

@apriel19

Jauh berbeda dengan kisah Zafran dan kawan-kawannya di film 5 CM (film diadaptasi dari sebuah buku karya Donny Dhirgantoro), mereka harus berjam-jam menyeret kaki, berlumur debu, terhempas batu, dan bersusah payah untuk sampai ke puncak Mahameru.

Namun kebalikannya jika mendaki di Gunung Andong, tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai di puncak, dan sangat cocok bagi kamu yang belum lama berkecimpung di dunia pendakian.

Untuk mendaki gunung Andong tidak perlu membawa bekal air terlalu banyak Pasalnya, di tengah perjalanan antara pos 2 dan puncak, di samping jalur akan menemukan sebuah pancuran air jernih yang bisa dimanfaatkan untuk isi ulang. Meski tidak di puncaknya, keberadaan pancuran air ini sangat membantu.

Uniknya Gunung Andong, di Puncak Jiwa terdapat dua warung yang bisa kita gunakan untuk makan bagi yang tidak membawa bekal, dan bisa jadi tempat istirahat sekaligus tidur bagi yang tidak membawa tenda.

@jonaarwan


Keindahan Pemandangan dari Puncak Gunung Andong

Bagaikan gardu pandang di tengah lembah, dari puncak Gunung Andong kita bisa melihat gunung Merbabu yang menjulang tinggi, gunung Merapi, gunung Ungaran yang bersembunyi di pundak gunung Telomoyo dan si kembar dampit Sindoro Sumbing dari kejauhan.

Jadi, sudah bisa membayangkan seberapa menariknya pemandangan ketika matahari terbit di ujung timur dan matahari terbenam di sisi Barat? Satu kata, AMAZING !!

@tiaramandalawangi

Pada saat kamu memulai pendakian, hal yang akan kamu dapatkan di puncak dari gunung ini ialah dengan pemandangan matahari terbit atau terbenam yang tentunya indah. Tentu saja hal ini pun menjadi salah satu daya tarik bagi para pendaki yang memang sangat senang berburu keindahan alam.

Apalagi buat kamu yang memiliki hobi fotografi, tentunya membawa kameramu untuk dapat mengabadikan beberapa momen yang ada di puncak gunung ini juga merupakan hal yang dapat kamu lakukan bro. Karena akan terdapat banyak sekali momen-momen indah di puncak gunung ini yang tentunya layak untuk diubah menjadi hasil foto yang indah.

@rini_nay

Keunikan atau fakta dari kondisi Gunung Andong ini memang masih memiliki beragam fasilitas atau suasana yang masih alami. Sehingga memang memungkinkan untuk para pengunjung untuk merasakan sensasi alam yang asri serta menyegarkan.

@dek_endro

Menghilangkan rasa penat juga bisa menjadi sebuah hal yang bisa kamu lakukan di sini, karena memang hamparan hijau akan selalu menjadi teman sejati pada saat kamu mengunjungi kawasan gunung ini. Trek yang dimiliki gunung ini pun masih sangat alami.

Dimana memiliki dua buah puncak dengan jalur yang ekstrim. Jalur ini dikenal dengan sebutan jalur Punggun Sapi “Geger Sapi”. Trek yang akan kamu lewati saat mendaki gunung ini kebanyakan adalah rerumputan, walaupun ada juga beberapa spot dimana kamu akan berjalan di tengah hutan pinus.

@apriel19

Jalur Pendakian dan Basecamp

Gunung Andong via Basecamp Taruna Jaya Giri Sawit – Alamat : Dusun Sawit, RT. 003 / RW. 03, Girirejo, Ngablak, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194. Call Center :0856-4303-9650
Penunjuk Arah ke : Basecamp Taruna Jaya Giri

Gunung Andong Via Basecamp Dusun Pendem – Alamat : Dusun Pendem, Ngablak, Area Hutan/Kebun Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194
Call Center : 0822-8440-1175
Penunjuk Arah ke : Basecamp Gunung Andong via pendem

Gunung Andong Via Basecamp Giri Dwipa Gogik – Alamat : Desa Gogik, Ungaran Barat, Girirejo, Ngablak, Gogik, Girirejo, Ngablak, Semarang, Jawa Tengah 56194
Penunjuk Arah ke : Basecamp Giri Dwipa Gogik

Gunung Andong via Basecamp Kudusan – Alamat Basecamp Pendakian Gunung Andong via jalur kudusan :
Kudusan, Tirto, Grabag, Magelang, Jawa Tengah 56196
Penunjuk Arah ke : Lokasi Basecamp Kudusan

@eydinda

Lokasi Gunung Andong

Gunung Andong terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang. Jika kamu dari Semarang dan Ungaran, langsung saja menuju Pasar Sapi Salatiga, belok kanan ke arah Magelang (jalan raya Salatiga – Kopeng) menuju ke Pasar Ngablak.

Dari sini sudah banyak penunjuk jalan menuju basecamp, ikuti saja papan petunjuknya.


Harga Tiket / Retribusi

Seperti tempat wisata pada umumnya, Gunung Andong juga memiliki biaya tiket masuk berupa retribusi. Harga tiket masuk wisata 5.000 – 10.000 per orang dimana biaya itu sudah termasuk kas dusun Sawit dan uang parkir.

NOTE : harga bisa berubah-sewaktu-waktu

@arindayunita_

Sebuah kata yang dapat menggambarkan kondisi alam yang ada di Gunung Andong ini, yaap biarpun memiliki ukuran yang tidak begitu tinggi, gunung ini tetap menawarkan sensasi mendaki yang mampu memacu adrenalin.

Oleh sebab itu, buat kamu yang ingin mendaki di kawasan gunung ini, diharapkan untuk melakukan persiapan fisik yang tepat terlebih dahulu. Selain fisik, hal yang perlu kamu persiapkan adalah peralatan mendaki dan logistic selama perjalanan. Karena walaupun kecil, kegiatan mendaki di gunung inisangat menguras tenaga.

@ninisnxxv

Demikian ulasan mengenai Wisata Hits Gunung Andong yang mempesona di Magelang Jawa tengah, semoga selalu bermanfaat ya . Terimakasih


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar