Kebiasaan Sepele Yang Bisa Membuat Handphone Kamu Cepat Rusak

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Membuat Handphone Kamu Cepat Rusak

Kebiasaan-kebiasaan Yang Bisa Membuat Handphone Kamu Cepat Rusak



Di jaman yang modern seperti sekarang ini hampir setiap orang pasti menggunakan handphone (HP) untuk memudahkan rutinitas hariannya. Apalagi dengan adanya smartphone dengan teknologi canggih yang memberikan banyak kemudahan untuk penggunanya. Cukup dengan berbagai aplikasi, kamu bisa melakukan banyak kegiatan melalui ponsel. Mulai dari bermain game , berkomunikasi, menemukan transportasi, membeli tiket pesawat, memesan makanan, melakukan tugas maupun pekerjaan, mengikuti rapat virtual , bahkan mencari jodoh pun bisa lewat aplikasi dan lain sebagainya. 

Selain itu, smartphone juga dibekali dengan kamera bersensor canggih yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi dan ketajaman yang sangat bagus, sehingga kamu bisa mendapatkan foto terbaik tanpa harus memiliki kamera profesional berharga mahal.

Kini, banyak orang juga sudah melakukan berbagai transaksi melalui handphone secara online. Hal ini berkaitan dengan munculnya berbagai aplikasi dompet digital atau e-wallet yang sangat membantu kamu seperti untuk membeli pulsa, membeli token listrik dan melakukan pembayaran di banyak merchant. Kemudian, handphone juga seringkali digunakan untuk mendapatkan hiburan seperti menonton film, mendengarkan musik dan membaca buku.

Selain itu, sekarang kamu bisa berbelanja berbagai macam produk melalui smartphone tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan menggunakan handphone, kamu bisa memenuhi segala kebutuhan dan keperluan sehari-hari secara lebih mudah. Maka tak heran jika handphone menjadi salah satu perlengkapan yang wajib kamu bawa ke mana pun.

Kebiasaan Yang Bisa Membuat Handphone Kamu Cepat Rusak

Dengan segala kemampuan yang diberikan, kamu tentu saja ingin handphone kesayanganmu awet dan tidak mudah rusak. Namun, jika kamu menggunakannya terlalu sering atau dengan pemakaian yang keliru, hal tersebut dapat membuat kinerja HP kamu kurang optimal. Selain itu, kebiasaan yang salah ketika menggunakan gadget mungil ini tanpa disadari sering kamu lakukan. Kecerobohan tersebut yang membuat kemampuan handphone kamu perlahan memburuk dan cepat rusak. Akibat keteledoran ini kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya servis, atau bahkan membeli smartphone baru yang tak murah.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu memberikan perlakuan khusus agar HP favoritmu tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah lima kebiasaan yang harus kamu hindari karena dapat membuat HP kamu mudah rusak :

Membiarkan aplikasi yang gak dipakai terus terbuka

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Membuat Handphone Kamu Cepat Rusak

Banyak diantara pengguna yang langsung menekan tombol home setelah menggunakan sebuah aplikasi. Dengan begini aplikasi masih tetap beroperasi meskipun hanya sebagai background. Kebiasaan ini dapat memakan daya tahan baterai GanSis. Lebih baik setelah menggunakan aplikasi, langsung tutup aplikasi tersebut.



Tidak menggunakan screen protector dan case

Untuk melindungi layar smartphone, alangkah lebih baiknya gunakan screen protector atau anti gores. Jangan biarnya layar “telanjang” begitu aja tanpa anti gores. Meskipun sepele, tapi langkah ini bisa menjaga layar dari gores. Kalau untuk case, sifatnya sangat dianjurkan untuk digunakan pada smartphone. Karena case bisa menjadi pelindung pertama ponsel ketika ada benturan, air, ataupun resiko lainnya.



Membiarkan charger terus menancap

Kalau yang satu ini udah lumayan banyak dibahas di beberapa artikel. Membiarkan charger terus menancap ke ponsel ketika baterai ponsel udah penuh dapat merusak ponsel. Bukan karena daya yang berlebihan, tapi karena panas dari daya listrik akan bikin baterai panas. Jika sering dilakukan, maka peforma baterai akan menurun.



Penggunaan charger yang tidak resmi

Sebenarnya gak ada yang salah dengan kebiasaan ngecas menggunakan charger yang bukan bawaan ponsel. Tapi meskipun demikian, pengguna juga harus tetap selektif dalam memilih cahrger. Jangan hanya melihat harga jual yang murah saja. Karena kabel dan adaptor yang tidak berkualitas akan merusak smartphone. Bahkan yang lebih parah akan bikin ponsel jadi konslet dan kebakaran.



Menghabiskan baterai hingga 0%

Memang, seiring berjalannya waktu kualitas baterai smartphone akan menurun. Nah, yang bisa dilakukan oleh pengguna ada memperlambat waktu penurunan tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak menghabiskan baterai sampai 0%. Lebih baik segera lakukan pengisian jika baterai udah sisa 30%.



Mengabaikan Cache

Cache merupakan data yang disimpan secara sementara di memori handphone saat kamu memakai sebuah aplikasi. Cache ini berguna untuk mempercepat kinerja aplikasi saat dibuka. Setiap aplikasi mempunyai cache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan dalam smartphone. Menghapus cache pada setiap aplikasi adalah cara yang bagus untuk mengosongkan ruang penyimpanan sementara agar memori tidak penuh, sehingga tidak memperlambat kinerja handphone kamu. Namun, pengguna handphone seringkali mengabaikan cache karena dinilai kurang begitu penting. Padahal sistem akan terus membangun file cache ketika kamu memakai aplikasi-aplikasi yang lain. Jika kebiasaan ini terus dibiarkan, maka cache akan menumpuk dan kemudian mengganggu kinerja sistem operasi handphone.

Oleh karena itu, kamu harus mulai membiasakan untuk menghapus cache. Kebanyakan smartphone sudah dilengkapi dengan aplikasi keamanan dan pembersih, sehingga kamu tak perlu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga untuk membersihkan cache. Cara mengosongkan semua file cache aplikasi pada handphone sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menemukan fitur Setting, kemudian klik storage, lalu pilih Cache Data, kemudian hapus cache yang ingin dibersihkan.



Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita bisa membuat Handphone kesayangan kamu gampang rusak. Setelah mengetahuinya, usahakan untuk menghindari hal-hal tersebut agar smartphone tetap awet dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama.
Sekian Terima kasih, Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya :)



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar