Telaga Madirda , Wisata Alam di Karanganyar Yang Mempesona

Telaga Madirda , Wisata Alam di Karanganyar Yang Mempesona

Daerah Karanganyar, Jawa Tengah memang belum terlalu dikenal orang sebagai kawasan wisata.

Tapi, bukan berarti di kota ini kamu tak bisa temukan tempat-tempat seru untuk traveling lho. Salah satu destinasi terbaik yang bisa kamu kunjungi adalah Telaga Madirda Karanganyar. Kolam cantik berwarna hijau jernih ini menawarkan indahnya panorama wisata alam.

@sayangnyakity

Telaga Madirda merupakan telaga yang menampung air alami dari Gunung Lawu. Oleh karena itu, airnya terkenal jernih dan bersih. Selain berfungsi sebagai sumber mata air bagi warga setempat, telaga ini juga menjadi objek wisata yang menarik. 

Telaga ini menyajikan panorama telaga dengan latar gunung serta hamparan hutan hijau yang asri. Keberadaan Telaga ini ternyata tidak lepas dari cerita rakyat yang melingkupinya. 

Konon, telaga ini merupakan perwujudan dari sebuah tutup pusaka bernama Cupumanik Astagina. Tutup dari pusaka ini terjatuh ke tanah dan berubah menjadi telaga yang indah. Legenda ini merupakan kisah turun-temurun yang menjadi bagian dari Dusun Tlogo. Nama “Madirda” yang berarti ‘memabukkan’ pun tampaknya berasal dari legenda tersebut. 

Memang keindahan panorama telaga ini bisa ‘memabukkan’. Sama halnya dengan pusaka Cupumanik Astagina yang memesona dan membuat siapapun ‘mabuk’ untuk memilikinya.

@farahmadita

 

Disamping mitos yang cukup melegenda, Wisata Telaga Madirda memiliki keindahan yang mempesona. Keindahan di Telaga Madirda menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Wisata di Karanganyar ini adalah sebuah telaga alami yang berada di kaki Gunung Lawu, Karanganyar. 

Tidak banyak keindahan telaga yang bisa dilihat, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam sekitar danau yaitu berupa pepohonan hijau yang menambah keasrian di Telaga Madirda. Ditambah keberadaannya yang terletak di kaki Gunung Lawu tentunya menyuguhkan hawa yang sejuk, udara pegunungan yang segar. 

Terlebihnya air di Telaga Madirda yang jernih berpadu menjadi suasana yang menenangkan tentu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Wisatawan yang berkunjung di Telaga Madirda Jawa Tengah benar – benar akan merasakan suasana damai, ramah, asri dan akan sangat membantu meredamkan suasana gundah. 

Berbagai fasilitas yang cukup memadai akan selalu dikembangkan demi kebutuhan wisatawan.

@ugikk_panda05

Dengan air Telaga Madirda Ngargoyoso yang sangat jernih sampai-sampai Anda bisa melihat dasaran air. Uniknya lagi akan tampak ikan-ikan hias hingga biota laut di sekeliling danau Madirda. 

Airnya disana cukup dingin khas pegunungan dan juga memang bersumber dari mata air Gunung Lawu. Selain itu wisatawan juga akan dimanjakan berbagai aktivitas yang seru. Salah satunya berenang untuk mencoba menikmati seberapa dinginnya air telaga. Bagi Anda yang ingin berenang harus tetap berhati hati, karena Anda tidak tahu pasti berapa kedalaman telaga.

Panorama di Kaki Gunung

Pemandangan telaga yang tenang adalah hal pertama yang akan menyambut pengunjung. Telaga berair jernih tersebut dikelilingi oleh hamparan lahan rerumputan yang luas serta hutan hijau nan asri. Angin yang berembus di sekitarnya memunculkan hawa sejuk dan dijamin membuat hati adem. 

Jika dilihat dari jauh, air danau tampak kehijauan. Ini bukan berarti kondisi airnya yang tidak bersih. Air tersebut sangat jernih hingga memperlihatkan dasar permukaannya yang berbatu dengan lumut dan ganggang di sana-sini. 

Telaga Madirda juga merupakan habitat bagi ikan-ikan. Karena kejernihan airnya, pemandangan ikan-ikan yang sedang berenang akan tampak jelas ketika dilihat dari permukaan. Terdapat larangan untuk memancing di sini, namun pengunjung tetap diperbolehkan bermain air di pinggiran danaunya.

@maensamabowo

Pengunjung juga bisa menghabiskan waktu di Telaga Madirda dengan kegiatan piknik. Lahan rerumputan di sisi danau merupakan lokasi yang pas untuk menggelar tikar dan menyantap perbekalan. Gazebo yang tersebar di sekitar danau pun bisa jadi tempat piknik yang pas. Rekreasi ini tentu menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. 

Tidak membawa bekal? Jangan khawatir, ada banyak warung dan kios makanan yang tersedia di sekitar telaga. Memang tidak banyak jenis makanannya, namun cukup bervariasi mulai dari makanan berat hingga cemilan dan minuman. 

Bagi sebagian orang, keasrian suasana alam di Telaga Madirda mungkin tidak cukup jika hanya dinikmati dalam satu malam saja. Kawasan di sekitar danau bisa dimanfaatkan sebagai area berkemah. Pengunjung bebas mendirikan tenda serta membuat api unggun di sini, dengan catatan tetap menjaga kebersihan. 

Tarif sewa lahan untuk camping adalah Rp 25.000 dengan tenda dan perlengkapan lain yang disediakan sendiri. Pengelola juga menyediakan jasa sewa tenda hingga perlengkapannya. Harganya berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000 sesuai kapasitas dan kelengkapan lainnya, seperti matras, sleeping bag, dan lampu tenda. 

Jangan khawatir bila ingin tidur di kasur untuk pribadi atau anak-anak karena tersedia persewaan kasur busa dengan harga Rp 10.000. Adapun, daftar harga sewa tenda adalah Rp 100.000 untuk 2 orang, Rp 150.000 untuk 4 orang, Rp 350.000 untuk 6 orang, dan Rp 400.000 untuk 8 orang. 

Pengunjung juga dapat membuat api unggun untuk melengkapi camping dan menghangatkan badan. Pengelola menyediakan kayu bakar dan tong khusus untuk tempat api unggun agar tidak merusak lingkungan. Tarifnya adalah Rp 5.000 untuk tong dan Rp 20.000 per ikat kayu bakar. 

Berayun di hammock sambil merasakan suasana pegunungan juga ide yang bisa dicoba. Area danau memang dikelilingi oleh area hutan yang rindang. Pepohonannya dapat dijadikan tempat untuk memasang hammock untuk bersantai.

@andresatriaji

Akses dan Lokasi Telaga Madirda

Telaga Madirda berada di kawasan kaki Gunung Lawu, Karanganyar. Untuk mencapai objek wisata ini, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum yang melintasinya. Meski kondisi jalannya baik, namun terdapat beberapa tanjakan atau turunan curam yang membutuhkan kelihaian berkendara untuk melaluinya. 

Akses jalan pun tidak terlalu lebar seingga tidak cukup dilalui bus ukuran besar. Objek wisata danau ini terletak di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Rutenya adalah melalui jalan besar dari Solo hingga Kecamaran Karangpandan, kemudian ambil jalan ke arah Tawangmangu. Kemudian, arahkan kendaraan ke lokasi objek wisata Candi Sukuh atau Candi Cetho. Jika sudah melewati bekas gerbang masuk Candi Sukuh, belok kanan ke arah objek wisata Air Terjun Jumog. Lurus terus mengikuti jalan melewati beberapa persimpangan hingga sampai di pertigaan dengan plang Situs Planggatan. Dari sini cukup ikuti penunjuk arah menuju telaga.

@kompas

Jam buka dan harga tiket masuk Telaga Madirda

Pengunjung yang ingin berwisata ke Telaga Madirda dikenai biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Tarif parkir adalah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Harga naik wahana, seperti kano adalah Rp 15.000 per 15 menit, perahu bebek Rp 20.000 per 15 menit, telaga khusus wahana anak Rp 10.000 per 15 menit, dan panahan jemparingan adalah Rp 10.000 untuk 15 anak panah. Telaga Mardida membuka kunjungan pukul 08.00 WIB 16.00 WIB pada hari biasa. 

Pada hari libur jam bukanya sampai pukul 17.00 WIB. Namun, kunjungan dibuka 24 jam bagi pengunjung yang camping dengan waktu check in mulai 15.00 WIB-21.00 WIB. Mereka harus check out camping maksimal pukul 10.00 WIB.

Fasilitas di Telaga Madirda Karanganyar

Dari sisi fasilitas ataupun wahana yang tersedia di obyek wisata Telaga Madirda ini sudah cukup lengkap, cukuplah untuk memenuhi kenyamanan wisatawan yang datang. Berikut adalah fasilitas dan wahana yang tersedia, antara lain ;

    Mushola
    Aula
    Toilet
    Warung makan
    Gazebo
    Perahu
    Perahu bebek
    Area camping dan outbound
    Permainan memanah
    Beberapa spot foto Instagenik
@annabilah_
Nah itulah informasi mengenai obyek wisata Telaga Madirda yang berada di Desa Berjo , Karanganyar. Selamat Berlibur dan tetap jaga kesehatan :)


Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar