Manfaat Buah Nanas Yang Wajib Kamu Tahu



Siapa yang tak kenal buah nanas? Dagingnya yang berwarna kuning, sangat segar di lidah. Tanaman yang bentuknya konik ini berasal dari Paraguay, Brasil, dan Bolivia,Tumbuhan ini termasuk dalam Famili Bromeliaceae yaitu familia nanas-nanasan. Nanas mengandung air yang tinggi, vitamin C, dan vitamin A sebagai anti oksidan yang baik untuk kesehatan.

Di Indonesia, buah nanas telah sukses menembus pasar dunia, khususnya Italia. Nanas Lokal ini sudah bisa dinikmati oleh para konsumen dari Italia.

Buah nanas sebagai komoditi andalan ekspor Indonesia sebenarnya cukup besar, tetapi ada beberapa kendala terkait kualitas dan keamanan, menjadi penyebab kurang maksimalnya penyaluran nanas Indonesia.
Kontribusi terbesar ada pada nanas olahan yang sudah di kemas di dalam kaleng.

Tahukah kamu, Nanas tak cuma enak untuk dikonsumsi taoi juga sebagai asupan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Seperti meningkatkan pencernaan dan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan bahkan mungkin beberapa perlindungan terhadap kanker.

Berikut ini adalah 5 manfaat nanas yang sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilansir dari healthline.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Salah satu manfaat terbesar dari nanas adalah meningkatkan imun tubuh. Nanas mengandung bromelain yang mampu mengaktifkan sistem imun tubuh. Di masa pandemi atau musim pancaroba, mengonsumsi nanas bisa jadi salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh.

2. Menyehatkan Jantung
Mengonsumsi nanas secara teratur dan tepat juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Lagi-lagi, bromelain yang jadi aktor utamanya. Kandungan bromelain yang ada pada nanas bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

3. Membantu Memerangi Kanker
Nanas mungkin juga memiliki efek melawan kanker yang potensial. Sekali lagi, ini kemungkinan besar karena kandungan bromelainnya. Nanas yang diolah jadi jus punya potensi untuk membantu melawan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan
Manfaat lain dari buah nanas adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan enzim yang ada pada nanas menurut penelitian berguna untuk mengatasi masalah pencernaan sekaligus melancarkan. Jika memiliki masalah pencernaan, jangan ragu untuk makan nanas atau minum jusnya.

5. Asupan Pangan yang Menyenangkan
Salah satu kandungan terbesar pada buah nanas adalah kalori. Dalam satu buah nanas, terdapat 132 kalori. Jumlah tersebut kurang lebih setengah porsi nasi yang biasa kita konsumsi. Jika butuh buah yang punya manfaat untuk mengisi perut, maka nanas adalah jawabannya.

Itu tadi manfaat buah nanas yang ternyata bagus bagi kesehatan tubuh kita. Jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini ya. Tapi ingat jangan berlebihan juga, yha! Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, lha wong Antimo yang obat anti mabuk itu kalau dimakan langsung sepuluh bungkus malah bisa bikin mabuk kok. Bahkan dalam dunia percintaan pun kita tak boleh berlebihan dalam mencintai. Ingat apa kata mas Brian May dan Freddy Mercury, “Too much love will kill you”.

SEKIAN :)

:)

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar