Awas , Bahaya Menggunakan Earphone Terlalu Lama !


Musik merupakan salah satu hiburan yang dinikmati banyak orang karena sifatnya yang mudah diakses. Terlebih dengan adanya earphone atau headset, orang-orang dapat menikmati musik tanpa mengganggu orang di sekitar. Tapi seperti aktivitas lainnya, terlalu sering mendengarkan musik menggunakan earphone juga memiliki bahayanya sendiri, terutama jika kita memasang dengan volume tinggi. Dampaknya mungkin tidak langsung terasa, tapi ada baiknya jika kita mulai memperhatikan kebiasaan kita menggunakan earphone.

Dilansir dari berbagai sumber, ini bahaya yang dapat timbul akibat penggunaan earphone secara berlebihan

Kerusakan Telinga Permanen.
Telinga adalah organ yang paling rawan karena earphone dipasang di telinga. Hal ini bisa terjadi ketika gendang telinga tidak mampu lagi beban suara keras dari earphone. Kondisi ini banyak dialami oleh mereka yang masih muda atau remaja. Yang paling parah adalah pemakai earphone dapat mulai kehilangan kemampuan mendengarnya di usia 20 tahunan.

Hal ini dapat dihindari dengan mengatur volume suara yang dihasilkan oleh earphone. Suara yang tergolong ringan bagi orang dewasa berada pada rentang 25 hingga 40 desibel, sementara bagi anak-anak berada pada rentang 20 hingga 40 desibel. Beberapa peneliti menganjurkan agar tidak menggunakan earphone maupun headset yang menghasilkan suara lebih tinggi dari 100 desibel.

Infeksi Telinga
Earphone yang selalu menempel ke telinga dapat meningkatkan penyebaran kuman atau bakteri di sekitar telinga.

Earphone sendiri merupakan salah satu benda yang memiliki kandungan kuman tinggi lho. Hal ini karena earphone merupakan benda yang sering terpapar udara, sehingga jika tak diperhatikan kebersihannya, maka dapat menyebabkan infeksi telinga.

Kerusakan Otak
Gelombang elektro magnetik yang dihasilkan earphone dapat menyebabkan bahaya serius untuk otak. Hal ini karena telinga bagian dalam terhubung langsung dengan otak, sehingga infeksi sekecil apapun pada bagian dalam telinga juga akan mempengaruhi otak.

Radiasi
Smartphone dan headset yang menggunakan Bluetooth disebut-sebut menghasilkan radiasi, walaupun dalam jumlah kecil. Banyak yang mengaitkan radiasi tersebut dengan bahaya jangka panjangnya, yaitu dapat menyebabkan kerontokan rambut, autisme, hingga tumor dan kanker. Untuk menghindarinya, banyak produsen yang mulai merilis earphone dan headset yang bebas radiasi.


Cara Benar dan Aman Menggunakan Earphone / Headset

freepik

Jika kamu pengguna headset atau earphone, terdapat beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari berbagai bahaya menggunakan headset. Berikut di antaranya:

1. Atur Volume

Langkah pertama untuk mencegah gangguan telinga akibat penggunaan headset adalah mengatur volume. Hindari mendengarkan musik atau suara dari headset di atas 60 persen volume. Ingatlah bahwa volume yang lebih rendah dapat menjaga telinga Anda tetap sehat.


2. Batasi Waktu Penggunaan

Membatasi waktu penggunaan headset setiap harinya juga diperlukan untuk menjaga kesehatan telinga Anda. Batas aman seseorang mendengarkan musik menggunakan headset adalah kurang dari satu jam. Berikan jeda pada telinga Anda jika Anda ingin kembali mendengarkan musik.


3. Bersihkan Headset secara Rutin

Selain menerapkan cara menggunakan headset yang benar, Kamu juga harus rajin untuk membersihkannya agar kotoran yang tertinggal tidak menumpuk. Cara membersihkan headset tidak sulit, berikut langkah yang dapat Anda lakukan :
  • Sediakan sikat gigi dan air yang di atasnya yang sudah ditetesi sabun.
  • Sikat bagian luar headset secara perlahan (tidak perlu sampai basah).
  • Lap dengan menggunakan kapas sampai headset benar-benar kering.

Jika kamu pengguna Headset / Earphone dengan silikon, berikut tips yang dapat kamu ikuti:
  • Lepas terlebih dahulu silikon yang menempel.
  • Rendam silikon dalam air sabun selama beberapa menit.
  • Bilas silikon, lalu keringkan.


Agar tetap aman dan terhindar dari bahaya headset yang memicu gangguan telinga, lakukan beberapa langkah di atas ketika menggunakan headset. Hindari menggunakannya dalam durasi yang lama ditambah volume yang keras.

Selain itu, jangan memakai headset saat sedang berkendara. Selain berbahaya bagi diri sendiri, penggunaan headset saat berkendara juga bisa mengancam nyawa orang lain..

Demikianlah artikel tentang Bahayanya Menggunakan Headset / Earphone Terlalu Lama , serta Cara Aman Menggunakan Earphone / Headset. Semoga Bermanfaat.. :)

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar