Arti Gowes dan Asal Mula Gowes


Kalau melihat tiga bulan ke belakang selama masa pandemi ini, muncul beberapa tren baru yang menjadi pilihan aktivitas untuk mengisi kebosanan. Mulai dari tren kopi Dalgona sampai yang saat ini akan kita bahas, yaitu tren bersepeda. Tren bersepeda ini mulai sebanding dengan abang Gojek dan Grab sebagai penguasa aspal jalanan.

Namun, apakah kalian sudah tahu arti dari 'GOWES' itu sendiri??

Arti Gowes


Gowes adalah kegiatan mengayuh sepeda menggunakan pedal. Hal ini sudah umum didengar oleh masyarakat Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri gak mengenal kata gowes loh. Tapi yuk kita cek dulu di google translate.


Nah, ternyata ada dong artinya yaitu Bicycling Happily kalau kita artikan ke Bahasa Indonesia yaitu:


Apa? “Bersepeda dengan senang hati”? yang bener aja. Kamus Besar Bahasa Indonesia aja gak ada kata Gowes. Ya memang benar dalam bahasa Indonesia baku tidak ada arti kata gowes. Namun kata Gowes bisa saja diambil dari bahasa daerah lain yang sering diucapkan sehingga menjadi bahasa sehari-hari kita.

Kapan dicetuskannya kata Gowes?

Mungkin sejak zaman Belanda jajah Indonesia kali ya? kenapa demikian? yuk simak terus penjelasannya.
Sempat berpikir keras juga apakah gowes diambil dari bahasa Inggris atau bukan. Jika diambil dari bahasa Inggris, goes artinya “pergi”. Iya sih ada hubungannya juga dengan bersepeda, karena “pergi” nya pasti selalu melekat kalau kita ingin bersepeda “mau pergi kemana?” (sambil bersepeda). Tapi, apa mungkin dari bahasa Inggris? kan Indonesia dijajah Belanda 350 tahun lamanya, letak Inggrisnya dimana?

Gowes juga banyak yang bilang berasal dari bahasa Jawa, yang artinya Genjot Ora Uwes Uwes (kayuh tiada henti). Ya, kalau dari bahasa jawa ini masih bisa diterima logika karena Gowes itu adalah singkatan dari Genjot Ora Uwes Uwes. Karena umumnya, bersepeda atau gowes itu mengayuh tidak berhenti agar sepeda tetap terus laju.
Gimana? udah meyakinkan belum kalau kata Gowes memang udah ada dari zaman dulu.

@wikasaliim

Siapa yang pertama kali mencetuskan kata Gowes?

Belum pernah ada hasil penjelasan secara ilmiah pencetusan kata Gowes di Indonesia. Indonesia beragam suku dan budaya, beribu-ribu pulau tetapi tetap satu! Ya, satu! Kita beragam suku dan budaya yang membuat kita menjadi satu. Mungkin dahulu kala gowes sedang viral pada zamannya, sehingga selalu terngiang dikepala hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Seperti penjelasan sebelumnya mungkin karena terbiasa jadilah kata yang bermakna sama di masyarakat Indonesia.
kok bisa gowes sama dengan bersepeda?

Pada dasarnya, bersepeda adalah salah satu olahraga yang banyak diminati dari semua kalangan. Semenjak kanak-kanak kita pasti pernah bersepeda pada masa itu kebanyakan sepeda BMX karena ukurannya yang kecil cocok untuk anak-anak. Setelah kita dewasa berpindah tipe sepeda ke Roadbike atau MTB disesuaikan dengan selera sendiri. Nah, dengan kebiasaan bersepeda inilah Genjot Ora Uwes Uwes itu jadi melekat di otak masyarakat Indonesia. Gak heran suku Jawa hampir mendominasi pulau-pulau atau kota-kota besar di Indonesia, sebab bahasa Jawa sering digunakan hingga mudah dilekatkan dengan kegiatan sehari-hari, bersepeda contohnya

Nah, Akhir-akhir ini Masyarakat sedang gila-gilanya bersepeda, Entah karena faktor pandemi Corona atau faktor lain yang menyebabkan masyarakat “demam” bersepeda. Harga sepeda pun juga ikut menanjak drastis. Orang Indonesia itu latah, ada yang lagi ramai? heboh! ada yang lagi heboh? viral! Ada yang lagi viral? ya sepeda!

@wikasalim
Memang gowes itu bikin sehat, tapi gak harus viral dulu kan? padahal sehat itu mahal apalagi dimasa pandemi begini. Orang-orang berbondong-bondong menjaga kesehatannya, menjaga imunitas tubuhnya dengan caranya masing-masing. Ada yang gowes, ada yang jogging, ada pula yang tiktokan. loh kok?

Intinya Gowes itu bersepeda bukan hanya untuk bersenang-senang atau untuk gaya-gayaan doang tapi juga untuk menyehatkan tubuh menjaga stamina dan imunitas tubuh. Gowes juga sudah menjadi olahraga yang sangat umum bagi kita, yang sangat mudah untuk dilakukan. Yuk Gowes! Banyak untungnya kok. Sepeda murah juga udah cukup buat kita “Gowes”.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar