Mengenal Tanaman Porang , Tanaman Yang sekarang Jadi Primadona -->

Mengenal Tanaman Porang , Tanaman Yang sekarang Jadi Primadona


Apakah selama ini kalian familiar dengan tanaman porang? Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mengetahui tentang tanaman umbi-umbian yang satu ini. Padahal, tanaman ini mempunyai beragam manfaat serta dapat menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Bernama latin Amorphophallus muelleri, porang termasuk jenis tanaman umbi-umbian. Tanaman porang juga masih sekerabat dan mirip penampilan dan manfaatnya dengan suweg dan walur. Di Jawa timur tanaman porang disebut juga “coblok”.

Tanaman ini mudah tumbuh di berbagai jenis tanah dengan ketinggian 0 sampai 700 mdpl dan tingkat keasaman antara 6-7 pH. Di lahan hutan, tanaman porang mampu tumbuh di bawah naungan tanaman lainnya. Bahkan, tanaman itu membutuhkan naungang tegakan tanaman lain minimal 40 persen. Biasanya, pohon mahoni dan jati yang menjadi naungan untuk tanaman porang.

Dikutip dari Wikipedia.org, porang ini ditemukan mulai dari Kepulauan Andaman, India, menyebar ke arah Timur melalui Myanmar masuk ke Thailand dan ke Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh di sembarang tempat seperti di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi-tepi sungai, di semak belukar, dan di bawah aneka ragam naungan.

Porang diekspor ke luar negara buat kebutuhan bidang industri, kesehatan serta santapan. Porang dapat jadi santapan alternatif tidak hanya nasi. Tidak hanya itu, umbi porang pula sudah teruji bisa digunakan bagaikan bahan baku kosmetik, obat- obatan, serta bahan baku industri.

Mengenal Tanaman Porang , Tanaman Yang sekarang Jadi Primadona

Pertanian.go.id menulis, tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor. Catatan Badan Karantina Pertanian menyebutkan, ekspor porang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 254 ton, dengan nilai ekspor yang mencapai Rp 11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya.

Ada beberapa sentra pengolahan tepung porang saat ini, seperti di daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros.

Mengenal Tanaman Porang , Tanaman Yang sekarang Jadi Primadona

Tanaman porang ini memiliki daun yang bercabang-cabang dengan batang yang lunak berwarna hijau atau hitam kecoklatan dan memiliki totol-totol putih. 

Pada setiap pertemuan batang akan tampak tonjolan berwarna cokelat kehitam-hitaman yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Umbi dari porang ini adalah umbi tunggal yang mengandung pati. Warna umbi dari porang ini adalah kuning cerah yang bisa dijadikan pembeda antara porang dengan suweg yang memiliki warna umbi yang putih.

Helai daun bisa memanjang dengan dimensi 60-200 cm dengan tulang- tulang daun yang kecil nampak jelas pada permukaan dasar daun.

Panjang tangkai pada bagian daun yakni antara 40- 180 sentimeter. Jenis daun- daun lebih tua dari biasanya dan umumnya terletak di pucuk.

Tumbuhan berakar primer ini bisa berkembang kurang lebih setinggi 1, 5 m bergantung. Ketinggian tumbuhan porang pula dipengaruhi oleh usia serta kesuburan tanah.

Mengenal Tanaman Porang , Tanaman Yang sekarang Jadi Primadona
img kissparry


Tanaman porang bisa dibilang istimewa jika dibandingkan dengan hasil kebun lain yang selama ini sering kita jumpai. Ternyata umbi porang mengandug glukomannan yang bisa diolah menjadi tepung. Kandungan glukomannan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kolestrol dan sebagai bahan pembuatan kapsul.

Selain Glukomannan, umbi porang juga mengandung serat yang sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya itu, olahan umbi porang juga banyak dikonsumsi sebagai alternatif diet karena kandungan seratnya. 

Walaupun manfaatnya dalam pengobatan sangat beragam, namun perlu diingat bahwa konsumsi porang untuk pengobatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Cara Membiakkan Porang

Mengenal Tanaman Porang , Tanaman Yang sekarang Jadi Primadona

Setidaknya ada tiga cara untuk mengembangbiakkan tanaman porang ( dilansir dari cnnindonesia ), yaitu:
    Dari katak atau bulbil porang
    Katak atau bulbil menempel di pangkal atau tangkai daun porang, umbi katak berbentuk bintil dengan warna coklat kehitaman. Saat panen anda bisa kumpulkan katak kemudian simpan sampai musim penghujan, lalu tanam katak itu pada tanah yang telah disiapkan.

    Dari Buah atau Biji
    Dalam kurun waktu 4 tahun porang akan berbunga, kemudian berubah menjadi buah atau biji. Satu tongkol buah atau umbi porang bisa menghasilkan 250 butir. Gunakan itu sebagai bibit, namun harus disemai terlebih dahulu.

    Dari Umbi
    Umbi porang yang berukuran kecil bisa diperoleh dari hasil pengurangan tanaman porang yang sudah rapat. Hasil pengurangan tanaman porang ini yang bisa dikumpulkan kemudian dimanfaatkan sebagai bibit.
    Sedangkan untuk umbi porang yang berukuran besar bisa dibelah dulu menjadi beberapa bagian. Setelah itu bagian itu bisa ditanam di lahan yang telah disiapkan.

Demikian fakta tentang tanaman porang yang kini sedang populer dikalangan masyarakat khususnya dikalangan petani. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik untuk membudidayakan tanaman porang atau coblok ini ?

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...