Tips Mudah Mengatasi Aplikasi Force Close di Android -->

Tips Mudah Mengatasi Aplikasi Force Close di Android

Hallo Teman-teman, Apakah kalian pernah mengalami masalah pada saat kalian sedang seru-serunya menggunakan smartphone ? Dan membuka suatau aplikasi pada laman android kalian lalu dengan tanpa sebab halaman itu dan aplikasi tersebut secara mendadak memksa berhenti sendiri?

Permasalahan pada aplikasi seringkali dialami oleh para pengguna Android, salah satunya adalah Force Close atau aplikasi yang menutup sendiri saat sedang dibuka. Masalah ini biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi ‘Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately, App Has Stopped”.

Bagi sebagian, ini mungkin membuat bingung. Tapi tak usah khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri.

Kali ini tim PANJINAWANGKUNG.COM akan berbagi cara untuk mengatasi Force Stop di Android. Tapi sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya masalah.

Penyebab Terjadinya Force Close di HP Android

Berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya force close di aplikasi Android. Kira-kira apa saja ya?

Aplikasi yang Bermasalah

Penyebab force close pada aplikasi Android bisa jadi disebabkan karena aplikasi itu sendiri yang bermasalah. Mungkin aplikasi memiliki bug yang mengganggu pengalaman pemakaian pengguna.

Jika ini masalahnya, maka solusinya adalah dengan melakukan update ke versi aplikasi baru yang tersedia. Apabila belum ada update, sebaiknya Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut atau malah bisa langsung menghapusnya saja.

RAM yang Kepenuhan

Penyebab HP force close berikutnya bisa jadi karena RAM yang penuh. Jika smartphone Android Anda memiliki RAM yang kecil dan Anda membuka banyak aplikasi, besar kemungkinan bahwa aplikasi akan mengalami force close.

Banyaknya aplikasi yang berjalan membuat RAM tidak akan mampu menampung semua aplikasi yang dibuka.

File Cache yang Menumpuk

Banyaknya file cache atau file sampah yang tidak terpakai juga bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi menjadi force close. Disarankan untuk rutin membersihkan cache di ponsel agar tidak menumpuk dan mengganggu kinerja ponsel.

HP Android Terserang Virus

Sudah tidak dipungkiri bahwa virus itu sangat menganggu, baik itu di perangkat komputer ataupun android.

Nah faktor yang membuah sebuah aplikasi ataupun game di hp android gagal dalam menjalankanya adalah karena mungkin sudah terserang virus, pastikan anda sudah menghapusnya dengan mengetahui cara menghapus virus di android.

Tips untuk Mengatasi Force Close Dengan Mudah

Berikut adalah 3 tips untuk mengatasai force close:

Update Aplikasi untuk Menghindari Force Close

Salah satu langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memastikan semua aplikasi di perangkatmu diperbarui. Pembaruan aplikasi seringkali mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat mengurangi kemungkinan “force close.”

Buka Menu Pengaturan untuk Solusi Force Close

Jika suatu aplikasi sering mengalami “force close,” coba buka menu pengaturan perangkatmu. Di sana, cari aplikasi yang bermasalah dan periksa pengaturannya. Beberapa masalah dapat diatasi dengan mengubah pengaturan tertentu.

Menghapus Aplikasi yang Mengalami Force Close

Jika masalah terus berlanjut, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang mengalami “force close” secara berulang. Kemudian, pasang kembali aplikasi dari toko aplikasi untuk mendapatkan versi terbaru dan terstabil.

Hapus Data

Cara lain yang bisa kalian gunakan ketika kalian mengalami masalah aplikasi yang menutup tiba-tiba dan muncul pesan error “sayangnya, aplikasi telah berhenti”.

Dengan memberhentikan aplikasi tersebut secara paksa lewat pengaturan dan menhapus data aplikasi tersebut.

Cara ini bisanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah yang satu ini. Namun perlu kalian ketahui bahwa dengan menghapus data. Namun jika foto yang terhapus, bisa juga mengembalikan foto yang terhapus.

Maka data aplikasi yang ada di HP kalian tersebut akan hilang dan kembali seperti semula, jadi kalian harus pikirkan baik-baik kalau bisa backup data terlebih dahulu.

Install Ulang Aplikasi

Tetap tidak berhasil? Maka kalian bisa coba untuk meng-uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi yang baru yang bisa kalian download di Google Play Store.

Cara bisa menjadi alternatif untuk kalian jika masalah aplikasi yang keluar tiba-tiba tak kunjung berhasil di atasi, karena mungkin saja aplikasi yang ada di HP kalian tersebut itulah yang bermasalah dan perlu diganti.

Cara ini kebanyakan berhasil untuk mengatasi aplikasi yang error dan sering keluar tiba-tiba, pasalnya aplikasi tersebut sudah kalian ganti dengan yang baru.

Untuk cara uninstal aplikasinya sangatlah mudah, berikut adalah tutorialnya:
  • Buka menu Pengaturan >> Aplikasi terinstall >> Cari “Nama Aplikasi” >> Uninstal.

Factory Reset

Jika kalian sudah mencoba semua cara di atas namun tetap tidak berhasil mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri secara tiba-tiba, maka langkah terakhir yang bisa coba kalian lakukan adalah factory reset hp android.

Namun menurut saya cara ini bukanlah cara terbaik, karena dengan factory reset maka semua data dan aplikasi yang ada di HP Android kalian akan hilang.

HP kalian akan kembali seperti semula saat pertama kali beli (bagian dalam atau softwarenya yah, bukan hardwarenya).

Jadi jika ingin menggunakan cara ini disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data penting yang ada.

Pesan Umum saat Force Close : Has Stopped

Pesan “has stopped” seringkali muncul ketika suatu aplikasi mengalami “force close.” Pesan ini memberitahu pengguna bahwa aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Ketika kamu melihat pesan ini, pertimbangkan untuk mencari solusi dengan membuka pengaturan aplikasi atau membersihkan file cache.

Cara Mengatasi Force Close pada Aplikasi Android & iOS

Langkah pertama adalah dengan membuka menu pengaturan perangkatmu. Pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi” dan cari aplikasi yang sering mengalami “force close.”

Setelah itu, kamu bisa mencoba menghentikan aplikasi dan membersihkan file cache-nya. Jika masalah masih berlanjut, pertimbangkan untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi tersebut.

Peran Sistem Operasi dalam Masalah Force Close

Sistem operasi Android juga dapat berperan dalam timbulnya masalah “force close.” Pastikan sistem operasimu diperbarui ke versi terbaru, karena pembaruan sistem seringkali mencakup perbaikan keamanan dan stabilitas yang dapat mengurangi kemungkinan “force close.”

Kalian bisa coba cara di atas satu per satu mulai dari cara yang pertama dan alternatif terakhir adalah dengan factory reset HP Android kalian. Setiap beda hp mungkin beda kasus penanggananya.

Demikian cara mengatasi masalah force close di aplikasi Android. Semoga bisa menjadi solusi untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Tips Mudah Mengatasi Aplikasi Force Close di Android , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...