Viral Buah Semangka Simbol Dukungan untuk Palestina , Berikut Faktanya -->

Viral Buah Semangka Simbol Dukungan untuk Palestina , Berikut Faktanya

Beberapa hari terakhir di berbagai media massa diwarnai dengan munculnya buah semangka. Usut punya usut perlambangan semangka yang sedang populer tersebut merupakan salah satu gerakan kampanye Pro-Palestina yang saat ini sedang berkonflik dengan Israel. Semangka digambarkan sebagai representasi bendera nasional Palestina. Hal ini dikarenakan dalam buah semangka terdapat warna merah, hijau, hitam dan putih.

Semangka atau bahasa ilmiahnya Citrullus lanatus merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekelas dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo), dan ketimun (Cucumis sativus).

Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Buah semangka dikenal sebagai salah satu buah yang sejak lama direpresentasikan untuk bentuk dukungan terhadap rakyat Palestina.

Pasca Perang Enam Hari pada 1967 silam. Saat itu, Israel melarang bendera Palestina berkibar.

Siapa pun yang mencoba mengibarkan bendera Palestina, maka akan ditangkap. Sadar akan keterbatasan ini, para aktivis melihat irisan semangka yang warnanya sangat mirip dengan bendera Palestina.

Berawal dari situlah mereka mulai membawa semangka ke berbagai demonstrasi. Semangka kemudian kerap muncul di berbagai karya seni, grafiti, hingga poster yang menggambarkan perlawanan rakyat Palestina.

Kemudian, pada 1993, Israel mencabut larangan pengibaran bendera Palestina sebagai bagian dari Perjanjian Oslo.

Lalu, pada 2015, emoticon semangka dimasukkan ke keyboard. Nah, penggunaan simbol semangka ini muncul lagi pada 2021, guys, ketika para pemukin yang didukung keputusan pengadilan Israel, mengambil alih rumah keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Pada tahun 2021, simbol tersebut muncul kembali ketika para pemukim, yang didukung oleh keputusan pengadilan Israel, mengambil alih rumah keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur.

Penggunaan simbol semangka pun semakin populer hingga sekarang. Apalagi, platform-platform media sosial seperti Facebook , X (twitter) dan Instagram, membatasi konten-konten yang mendukung Palestina.

Makanya, warganet kini mulai marak menggunakan buah semangka sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.

Makna dibalik potongan buah semangka terhadap dukungan Palestina? Lalu apa yang membuatnya istimewa?

1. Warna semangka mirip bendera Palestina

Saat semangka dipotong, maka buah ini akan menunjukkan empat warna berbeda, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Keempat warna ini pun dianggap mirip dengan warna bendera Palestina.

2. Semangka bagian dari budaya Palestina

Siapa yang tidak tahu buah semangka? Rasanya yang manis dan segar tentu membuat buah yang satu ini banyak disukai oleh orang-orang di dunia. Di balik buahnya yang segar, semangka ternyata memiliki kisah yang berkaitan dengan budaya Palestina.

Dalam budaya Levant, termasuk Palestina, buah yang satu ini ternyata digunakan dalam berbagai hidangan, termasuk salad semangka yang sering disajikan sebagai meze di seluruh wilayah Mediterania.

Di wilayah Gaza Selatan, sajian makanan populer yang juga dikenal sebagai fatet ajer menyajikan hidangan meliputi semangka yang belum matang, terong, paprika, dan tomat. Sajian ini dipanggang dan dihidangkan di atas roti pipih dengan minyak zaitun.

Tidak hanya menjadi makanan yang lezat, semangka juga menjadi simbol khusus dalam konteks protes dan solidaritas di tengah krisis Gaza.

3. Semangka dipakai sebagai simbol Palestina setelah perang tahun 1967

Penggunaan buah semangka sebagai simbol untuk Palestina ternyata pertama kali muncul setelah terjadinya Perang Enam Hari atau Six-Day War pada tahun 1967 silam. Saat itu, Israel menguasai Tepi Barat dan Gaza, hingga mencaplok wilayah Yerusalem Timur.

Menurut laporan Time , pemerintah Israel saat itu melarang adanya bendera Palestina yang berkibar di wilayah Gaza dan Tepi Barat. Pada saat itu, pengibaran bendera dianggap sebagai pelanggaran pidana.Oleh karena itu, demi menghindari larangan itu, warga Palestina menggunakan buah semangka sebagai simbol bendera mereka.

Jika dibelah, semangka mengandung unsur warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hitam, putih, dan hijau.

Emoji semangka masih digunakan untuk dukung Palestina

Emoji semangka untuk mendukung Palestina masih digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia saat ini. Pada platform seperti TikTok dan Instagram, emoji buah ini digunakan sebagai pengganti bendera Palestina.

Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya shadow ban hingga menghindari sensor alogritma atau filter pemblokiran pengguna di media sosial.Dengan menggunakan emoji ini, mereka tentunya masih bisa memberikan dukungan untuk Palestina.

Meski saat ini pengibaran bendera Palestina sudah tidak dilarang lagi oleh Israel, tapi semangka sudah menjadi bagian dari aksi-aksi dukungan warga di berbagai belahan dunia sebagai seruan solidaritas mereka terhadap negara tersebut.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Viral Buah Semangka Simbol Dukungan untuk Palestina , Berikut Faktanya , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan