Manfaat Mengejutkan Tanaman Porang Bagi Kehidupan. Yuk Cari Tahu Disini! -->

Manfaat Mengejutkan Tanaman Porang Bagi Kehidupan. Yuk Cari Tahu Disini!

Mungkin, istilah tanaman porang masih asing di telinga banyak orang. Tanaman porang telah lama dikenal sejak zaman penjajahan sebagai komoditi bahan pangan dan insdustri.

Porang merupakan jenis (Amorphophallus oncophyllus muelleri Blume) merupakan umbi-umbian yang termasuk dalam famili Areaceae yang bisa tumbuh di wilayah tropis dan sub tropis. Di Indonesia, tanaman ini tumbuh secara liar karena masih jarang dikenal, sehingga tidak ada upaya budidaya. Tetapi sekarang, mulai banyak petani yang mengkomersilkan pertumbuhan umbi porang di Indonesia.

Umbi porang memiliki pasar ekspor, seperti Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia, dan Korea Selatan. Di pasar ekspor, umbi porang yang diolah menjadi tepung memiliki nilai jual tinggi.

Tak hanya memiliki nilai jual tinggi untuk pasar ekspor, tanaman yang termasuk jenis umbi ini juga memberi segudang manfaat bagi kesehatan, karena tanaman ini mengandung glukomannan atau biasa disebut Konjac Glucomannan (KGM) yang berbentuk tepung. Kandungan tepung ini bisa diolah menjadi berbagai macam hal dan berperan sebagai bahan pengganti.

Kandungan tepung ini bisa diolah menjadi berbagai macam hal dan berperan sebagai bahan pengganti. Kandungan karbohidrat yang terdapat di umbi porang mencapai lebih dari 80%, menjadikan karbohidrat komponen terpenting di dalam tanaman ini.

Selain kaya akan karbohidrat, tanaman porang juga kaya akan manfaat untuk berbagai macam bidang mulai dari kuliner sampai kesehatan, lho.

Berikut kami rangkumkan manfaat tanaman porang untuk kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber.

Manfaat Tanaman Porang Bagi Kehidupan


1 Bahan Makanan Yang Cocok Bagi Orang Diet

Tanaman porang jika dijadikan tepung ternyata memiliki manfaat tersendiri lo bagi kesehatan manusia. Tepung porang ternyata sangat bagus bagi seseorang yang mengikuti program diet.

Karena di dalam tepung porang sangat kaya glukomanan. Glukomanan sendiri dianggap sebagai serat alami yang bisa menjadi penganti agar-agar, mempercepat rasa kenyang, hingga memperlambat pengosongan perut.

Dengan kelebihan tersebut, menjadikan tepung porang sebagai bahan makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan.

2 Dapat Menurunkan kadar kolestrol

Menurut berbagai studi kandungan konyaku glukomana yang terdapat di tanaman porang sangat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Menurut penelitian yang melibatkan 22 penderita diabates tipe 2, bahwa pasien yang diberi 3,6 gram suplemen konyaku glukomana dalam setiap hari mengalami perubahan hasil yang positif.

Dalam pengujian tersebut, diketahui jika kadar kolestrol jahat mengalami penurunan dari waktu ke waktu, dan resiko penyakit pembulu darah seperti jantung dan stroke juga ikut menurun.

Selain itu, pengujian juga dilakukan oleh tikus lab. Diketahui jika tikus tersebut diberi diet tinggi serat tepung porang, al hasil tepung tersebut mampu menurunkan kadar kolestrol pada si tikus.

3 Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain dapat mengurangi kadar kolestrol tinggi, ternyata kandungan glukomanan yang terdapat di tanaman porang mampu menurunkan kadar gula darah.

Hasil ini berdasarkan studi yang dilakukan pada 2021, bahwa suplemen glukoman yang diberikan tikus bisa mencegah pembentukan pembulu darah karena penumpukan kolestrol.

Selain itu, kandungan glikemik di dalam biskuit glukomanan membuat kadar gula kita jadi lebih terkontrol.

4 Mengatasi Susah Buang Air Besar

Perlu kalian ketahui, jika tanaman porang mampu mengatasi susah buang air besar alias sembelit. Hal ini bisa terjadi karena di dalam tanaman porang terdapat glukomanan.

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, ada 10 partisipan yang mengalami masalah sembelit. Ketika partisipan tersebut diberi glukomanan selama 10 hari, al hasil pembuangan air besar di dalam dirinya kembali normal.

5 Sebagai Penjernih Air

Taukah kalian, jika porang ternyata mampu untuk menjernihkan air. Hal tersebut terjadi karena kandungan glukomanan di dalam porang mampu menjadi serat alami yang dapat menjernihkan air.

Jadi jika ada air kotor di sekitar rumah kalian, jangan lupa gunakan porang ya sob untuk membersihkannya.

6 Pengental Es Krim

Porang ternyata bisa digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan es krim yaitu sebagai pengental. Mengunakan bahan pengental pada es krim sebenarnya mempunyai tujuan yang sangat bagus, yaitu agar es krim tidak cepat meleleh.

Nah perlu kalian ketahui, bahwa pengental tersebut ternyata bisa juga dibuat menggunakan tepung konjac dari tanaman porang.

7 Sebagai Bahan Industri

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata porang juga digunakan bahan campuran di berbagai industri.

Misalnya kandungan konjac di dalam porang yang biasanya digunakan sebagai membuat kertas kuat, menjadi lem, cat dinding rumah, kain wol, hingga kain katun.

8 Mencegah kanker

Penelitian pada hewan menunjukkan, manfaat porang dari tepung konyaku bisa mencegah penyakit kanker paru-paru. Khasiat porang ini tak hanya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker, tetapi juga mencegah kanker.

Selain itu, studi juga membuktikan manfaat konyaku glukomanan bisa menurunkan tingkat keganasan tumor dan kanker.

Itulah tadi manfaat tanaman porang bagi kesehatan. Ingin mencoba membudidayakan tanaman porang juga boleh. Jika bermanfaat, silakan berbagi ke media sosial.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Manfaat Mengejutkan Tanaman Porang Bagi Kehidupan. Yuk Cari Tahu Disini! , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan