-->

Heboh Spirit Doll atau Boneka Arwah, Begini Asal Usulnya!

Boneka arwah atau spirit doll tengah ramai diperbincangkan publik belakangan ini. Pasalnya, tak sedikit pemilik spirit doll yang memperlakukan boneka ini layaknya anak manusia.

Kepemilikan spirit doll menuai pro kontra di tengah masyarakat karena selain harganya yang tidak murah, boneka ini juga lekat dengan karakteristik supranatural. Seperti, anggapan adanya arwah yang tinggal di dalam spirit doll, anggapan bahwa spirit doll mampu memberikan kemakmuran, popularitas, membawa nasib buruk, dan sebagainya.

Asal-Usul Spirit Dolls alias Boneka Arwah

Dirangkum dari laman Barb Kobe dan Acervo Lima, Spirit doll pertama dibuat oleh orang-orang primitif untuk tujuan keagamaan dalam bentuk boneka, patung, dan voodoo. Benda-benda ini kemudian diakuisisi oleh peradaban untuk tujuan mistik.

Misalnya, di Roma, boneka kerap dilibatkan dalam ritual magis sebagai media untuk terhubung dengan dewa atau dewi. Di Mesir, para mistikus menggunakan boneka dalam upacara keagamaan, pelepasan spiritual, dan untuk mengutuk orang-orang tertentu. Di daerah Afrika, boneka atau patung diangggap sebagai kekuatan perwujudan roh yang dapat menyembuhkan atau melindungi. Selain daerah-daerah ini, masih banyak tempat lain yang menggunakan boneka untuk aktivitas spiritual dengan cara yang berbeda-beda.

Dilansir dari BBC, fenomena boneka arwah bermula di Thailand pada 2016. Orang-orang ramai mengadopsi boneka yang dinilai memiliki aura supranatural ini.

Di Thailand, boneka arwah ini punya sebutan 'Luk Thep', secara harfiah artinya adalah malaikat anak. Mereka percaya bahwa boneka ini membawa keberuntungan. Boneka ini dimanjakan oleh pemiliknya seolah-olah anaknya sendiri.

Sebagai sebuah tradisi, awal mula Luk Thep berkembang di Thailand karena sosok Mae Ning yang mengubah citra boneka dari yang hanya sebagai benda biasa menjadi sesuatu pembawa keberuntungan. Mae Ning diketahui merupakan seorang penjual boneka dan DJ radio lokal namun dikenal sebagai sosok ahli ritual. Dari radio itulah, ia mempunyai media untuk menyampaikan keyakinannya terhadap spirit doll.

Didoakan oleh biksu

Selain dimanjakan, biasanya setelah membeli boneka arwah ini, pemiliknya akan membawanya ke seorang biksu untuk dibacakan doa. Doa ini dimaksudkan untuk mendatangkan keberuntungan. Namun ada juga yang menganggap doa ini untuk mengundang arwah masuk ke boneka.

Uniknya, tren boneka arwah di Thailand ini justru ditanggapi positif oleh industri penerbangan di sana. Misalnya, Thai Smile Airways yang membolehkan boneka mendapatkan kursi, makanan ringan, dan minuman mereka sendiri. Kendati demikian, tren ini sempat mendapat protes dari Otoritas Penerbangan Thailand.

Tren ini juga ditanggapi oleh restoran mewah di Thailand. Boneka arwah juga bisa mendapatkan tempat duduk dan makanannya sendiri.

Dari tren hingga psikologi

Dalam budaya dan kepercayaan kuno, boneka hanya berfungsi sebagai mainan. Boneka memainkan peran dalam penyembuhan, pengobatan dan tertentu. Tujuannya pun ada yang digunakan secara digunakan positif dan mencerahkan, atau sebaliknya tujuan negatif atau gelap.

Sebagai contoh, Worry Doll (bahasa Spanyol, Muñeca quitapena) berupa boneka kecil buatan tangan yang berasal dari Guatemala. Membuat boneka adalah warisan budaya kuno Suku Maya.

Anak-anak Guatemala menceritakan kekhawatiran mereka kepada ini, lalu menempatkannya di bawah bantal ketika mereka pergi tidur di malam hari. Pada pagi hari boneka telah memberi mereka kebijaksanaan dan pengetahuan untuk menghilangkan kekhawatiran mereka.

Beberapa psikolog kini ada yang mengadopsi penggunaan spirit doll untuk membantu kliennya mengatasi insomnia. Ada pula yang meminta kliennya memiliki spirit doll untuk pengingat harapannya. Boneka ini tak harus membeli. Bisa dibuat sendiri dengan bahan sederhana saja, seperti dari stik kayu atau kain perca yang dijahit sendiri.

Lantas, bagaimana dengan tren spirit doll di Indonesia yang membeli boneka biasa berupa bayi atau balita dengan harga ratusan ribu hingga puluhan juta? Serta memperlakukan boneka ini seolah-olah bayi atau anak yang hidup. Normalkah?

Eits… jangan terburu-buru menilai perilaku itu sebagai gangguan jiwa. Menurut psikiater dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, dr Andri, SpKJ, FAPM, seseorang dikatakan memiliki masalah mental bila ada gangguan pada perilaku dan perasaan yang mengganggu kehidupannya sehari-hari, dan menyebabkan penderitaan bagi orang tersebut.

Menurut Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Rose Mini Agoes Salim, tak ada yang salah dengan memainkan dan merawat boneka arwah yang menyerupai seperti seorang bayi. Sepanjang orang tersebut tidak terjerembap dalam ruang halusinasi. Jika ini menjadikannya kesulitan membedakan nyata dan tidak nyata, sebaiknya segera meminta bantuan professional di bidang kejiwaan.

Spirit doll harus diakui menjadi tren berkekuatan media sosial dengan para pesohor sebagai penggeraknya. Boleh-boleh saja mengikutinya. Tapi, tetaplah pakai akal sehat: apakah memiliki spirit doll menjadi kebutuhan atau sekadar ikut tren? Ingat, lho, harganya tidaklah murah. Sayang bukan.

Tren mengadopsi boneka arwah atau spirit doll di Indonesia menuai pro kontra dari masyarakat umum. Ada yang berpendapat bahwa boneka tidak selayaknya mendapatkan perlakuan istimewa layaknya makhluk hidup. Selain itu, keyakinan spiritual yang melekat dengan spirit doll dinilai bertentangan dengan ajaran agama.

Ada juga yang beranggapan bahwa uang untuk perawatan spirit doll lebih baik jika digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti sedekah. Pasalnya, harga spirit doll sendiri tidaklah murah. Juga, tak jarang pemilik spirit doll mengeluarkan banyak uang untuk merawat spirit doll, seperti untuk membeli pakaian, membayar perawat, photo shoot, dan sebagainya.

Meskipun sedang viral, ada baiknya kamu berhati-hati dan tidak sembarangan ikut-ikutan tren ini. Apalagi jika beranggapan bahwa mengadopsi spirit doll bisa menjadi jalan pintas untuk mendapatkan kemakmuran.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...