Ternyata Biji Buah Semangka Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan Lho. Penasaran, Yuk Simak Disini! -->

Ternyata Biji Buah Semangka Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan Lho. Penasaran, Yuk Simak Disini!

Ternyata Biji Buah Semangka Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan Lho. Penasaran, Yuk Simak Disini!

Semangka merupakan salah satu buah segar yang paling bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Buah semangka yang kaya akan kandungan air membuatnya sangat nikmat jika dimakan di siang hari.

Semangka mengandung banyak sekali air pada daging buahnya, rasanya juga manis. Makanya, semangka bisa membuat mulut segar saat mengonsumsinya. Buah ini juga kerap hadir pada acara-acara sebagai makanan pencuci mulut. Selain itu, semangka juga sering dijadikan bahan pada es maupun sop buah.

Jenis buah semangka ini beragam, ada yang berwarna merah dan kuning, ada pula yang berbiji dan tidak. Biasanya, saat mengonsumsi buah semangka berbiji, banyak yang membuang bijinya. Namun, siapa sangka ternyata biji semangka kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.


Nah, kalau kamu sering membuang biji semangka, mulai sekarang lebih baik dipisahkan dan disimpan untuk dikeringkan di bawah matahari sebagai camilan sehat. Berikut ini beberapa manfaat biji semangka yang bisa kita dapatkan.

Turunkan berat badan.

Biji buah semangka bisa menjadi altenatif camilan diet bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Biji semangka hanya mengandung sedikit sekali lemak dan kalori. Protein pada biji semangka juga bisa meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Jantung lebih sehat

Biji semangka mengandung magnesium yang memiliki peran besar untuk kesehatan jantung. Kandungan ini dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, biji semangka juga bersifat antioksidan dan anti-inflmasi. Cara mengonsumsinya cukup mudah, Anda bisa mengeringkan bijinya dan direbus ke dalam air, lalu Anda bisa meminum air rebusan tersebut sebagai teh.

Menjaga gula darah

Biji semangka juga kaya akan mineral. Satu cangkir biji semangka kering mengandung 556 mg atau 139 persen dari nilai yang disarankan. Kandungan ini berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan metabolisme karbohidrat, serta menjaga gula darah.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selain direbus dan dikeringkan, biji semangka juga bisa dipanggang. Nah, ketika Anda memanggang biji semangka, maka Anda bisa mendapatkan zat besi dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Meningkatkan kesuburan pria

Pada pria, biji semangka dapat meningkatkan kualitas sperma. Hal ini terjadi karena kandungan zinc pada biji semangka yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria.

Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan magnesium pada biji semangka juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa kandungan magnesium pada biji semangka dapat meningkatkan ingatan dan menghindarkan seseorang dari penyakit alzheimer.

Memperbaiki kesehatan pencernaan

Kandungan magnesium dalam biji semangka juga baik untuk mengaktifkan enzim buat menyerap nutrisi. Hal tersebut dapat mempermudah proses pemecahan makanan sehingga makanan bisa dicerna dengan baik .

Menyehatkan kulit

Magnesium pada biji semangka juga bisa mengurangi jerawat dan merawat kulit lainnya. Selain itu, kandungan mineral pada biji semangka juga dapat menurunkan kortisol, meningkatkan pembentukan sel, dan menyeimbangkan hormon.

Memperlambat penuaan

Nah, kalau Anda ingin tampil awet muda, Anda bisa mulai mengonsumsi biji semangka. Kandungan magnesium pada biji semangka dapat memperlambat munculnya sel penuaan. Sedangkan zinc dalam biji semangka dapat berperan dalam pembentukan sintesis protein, pembelahan, dan perbaikan sel.

Nutrisi Biji Semangka


Dikutip dari klikdokter, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, biji semangka mengandung kalori yang rendah, namun tinggi mikronutrien, seperti magnesium, besi, dan zinc.

Dilansir dari United States Department of Agriculture (USDA), 1 ons atau sekitar 28,35 gram biji semangka mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 158
  • Protein: 8 gram
  • Lemak: 13,3 gram
  • Karbohidrat: 4,34 gram
  • Kalsium: 15,3 mg
  • Zat besi: 2,06 mg
  • Magnesium: 146 mg
  • Fosfor: 214 mg
  • Kalium: 184 mg kalium
  • Seng 2,9 mg seng
  • Folat: 16,4 mcg

Apabila tak nyaman makan biji semangka bersama daging buahnya langsung, mungkin Anda bisa mencoba kuaci semangka. Kuaci semangka umumnya diolah dengan cara dipanggang.

Anda bisa memanggang biji semangka di dalam oven bersuhu 162 derajat Celsius selama 15 menit. Setelah itu, aduk dan ratakan untuk memastikan biji semangka sudah renyah atau belum.

Agar biji semangka terasa lebih gurih, tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam. Anda suka rasa yang manis? Taburkan bubuk kayu manis dan sedikit gula di atas biji semangka.

Jika Anda menyukai rasa yang gurih-gurih pedas, sila tambahkan perasan jeruk nipis, garam, dan bubuk cabai.

Bagaimana cara mengonsumsi biji semangka?


Biji semangka memang bisa dimakan langsung saat Anda mengigit daging buahnya yang segar. Menelan secara langsung memang aman, namun apabila ingin mendapatkan khasiat biji semangka secara optimal, maka salah satu cara penyajiannya adalah dengan memanggangnya.

Bila dipanggang, biji semangka yang renyah dapat menjadi salah satu pilihan cemilan sehat pengganti keripik. Pertama kita bisa memanggangnya dan menyulapnya menjadi cemilan sehat. Caranya :

  • Setelah dicuci dan keringkan, rendam biji dalam air semalaman. Tunggu beberapa hari hingga keluar tunasnya.
  • Buang kulit luarnya, kemudian keringkan bijinya dengan cara memanggangnya atau menjemurnya di bawah terik matahari langsung.
  • Tebarkan biji semangka di atas loyang. Untuk menambah rasa, tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam, atau taburkan kayu manis dan sedikit gula bubuk. Anda juga dapat menggunakan perasan jeruk nipis dan bubuk cabai.
  • Panggang dalam oven bersuhu 162°C selama 15-20 menit.
  • Makan sebagai cemilan setelah dingin.

Bagaimana, cukup banyakkan Manfaat dari biji semangka, yuk mulai dari sekarang kita jangan sia-siakan kandungan gizi dalam biji semangka dengan membuangnya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan mengedukasi pembacanya. Terimakasih telah singgah di tulisan ini. Jika bermanfaat silahkan bagikan ke teman dan keluarga anda agar tidak ketinggalan informasi ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...