-->

Indahnya Dusun Semilir Eco Park di Semarang Yang Instagramable. Yakin Gak Mau Kesini?

Indahnya Dusun Semilir Eco Park di Semarang Yang Instagramable. Yakin Gak Mau Kesini?

Semarang seakan tidak berhenti menghadirkan tempat-tempat wisata bernuansa modern yang menarik. Kini ada lagi alternatif tempat wisata baru di Semarang yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk berlibur, yaitu Dusun Semilir Bawen. Bangunan utama berarsitektur unik menyerupai stupa yang ada di Candi Borobudur membuat tempat ini mudah dikenali dan menjadi viral khususnya bagi mereka yang menyukai dunia fotografi.

Wisata Dusun Semilir Semarang


Jadi apa sih Dusun Semilir itu? Apakah desa? Apakah destinasi wisata baru? Apakah tempat makan? Apakah tempat foto? Atau apakah Dusun Semilir ini rangkuman dari desa, nama lain dusun, yang jadi destinasi wisata baru, yang ada tempat makannya, dan banyak tempat untuk foto?

Wisata terbaru di Semarang yang diberi nama Dusun Semilir Eco Park atau sobat mengenalnya dengan Dusun Semilir Semarang merupakan taman wisata keluarga keluarga berkonsep eco park dengan menyatukan alam, melestarikan warisan budaya, sehingga memberikan pengalaman wisata keluarga yang menyenangkan berwawasan lingkungan dan budaya serta pastinya aman dan nyaman.

Wisata Dusun Semilir tumbuh menjadi ikon terbaru Semarang. Wisata Dusun Semilir menjadi rekomendasi wisata favorit Semarang yang wajib sobat kunjungi.

Sesuai namanya Dusun Semilir yang memiliki arti desa nan sejuk, lokasinya berada di daerah pedesaan dan jauh dari hiruk piruk perkotaan. Jadi, jika kamu mencari destinasi wisata dengan suasana yang masih alami khas pedesaan maka wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen adalah jawabannya.

Meskipun letaknya berada di pedesaan, wisata Dusun Semilir menyediakan berbagai bangunan yang menawan disertai dengan fasilitas yang lengkap. Sehingga, dapat menarik minat wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung kesini. Namun sebelum datang ke Dusun Semilir, alangkah baiknya pelajari dahulu lokasi, harga tiket masuk, dan fasilitasnya dibawah ini.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Dusun Semilir Bawen


Berfoto dengan Latar Belakang yang Berdesain Unik

Dusun Semilir Bawen dalam waktu singkat dapat mengundang rasa penasaran banyak orang, khususnya mereka yang gemar berswafoto. Hal tersebut disebabkan karena daya tarik utama tempat ini terletak pada beragam desain bangunan berarsitektur unik yang sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang swafoto untuk diposting di media sosial.

Selain bentuk bangunan utama yang terdiri dari 7 bangunan berbentuk stupa raksasa, terdapat pula Jembatan Senggol yang bentuk bangunannya tidak kalah unik. Berkunjung ke tempat wisata ini memang seakan tidak lengkap rasanya jika tidak diabadikan dalam foto, sebab kemegahan dan keunikan bangunan yang tersaji dihadapan mata sangat sayang untuk dilewatkan menjadi objek foto yang menarik.

Di sekitar bangunan tujuh stupa juga tertata apik, area jalanan yang asri suasana pedesaan masih ditunjang dengan seni instalasi perpaduan konsep modern dan art.

Jika dilihat dari kejauhan sekeliling area maka akan didapat penampakan mirip sebuah cerita mitos Ilmuan Plato, sebuah dongeng Negeri Atlantis.

Pasalnya, konsep modern dan art itu tembus pandang, ada di tengah suasana pegunungan yang mencerminkan sebuah peradaban modern yang menyatu dengan alam sekitar.

Tujuh stupa Dusun Semilir Eco Park Semarang terinspirasi dari stupa yang ada di Candi Borobudur, maka tak salah jika Dusun Semilir akan menjadi salah satu ikon destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah.

Objek wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen memiliki luas sekitar 14 hektar, area parkirnya juga sangat luas.

Wisata Kuliner

Selain bebas mengabadikan momen liburan dengan latar belakang bangunan yang unik dan eksentrik, di tempat ini Anda juga bisa bebas berwisata kuliner beragam makanan khas Indonesia serta jajanan tempo dulu. Banyak jajanan khas Indonesia yang dijual di tempat ini, khususnya yang mampu membangkitkan rasa nostalgia ketika memakannya.

Tempat penjual jajanan legendaris itu letaknya ada di kanan-kiri Jembatan Senggol, jadi sembari berjalan-jalan dan berfoto Anda juga bisa sembari menikmati beragam kuliner. Selain di Jembatan Senggol, ada pula foodcourt Sepoi-Sepoi yang letaknya ada di ujung Jembatan Senggol. DI Foodcourt tersebut Anda bisa menikmati kelezatan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia dan juga kuliner modern kekinian yang sedang hits.

Uniknya lagi di tempat ini, alat pembayaran yang berlaku adalah saldo kartu elektronik. Oleh sebab itu, selain membayar tiket masuk yang harganya sangat terjangkau hanya sebesar Rp. 5.000 saja, Anda juga perlu mengisi saldo kartu elektronik minimal sebesar Rp. 50.000. Jika saldo Anda habis, tentu Anda juga bisa dengan mudahnya melakukan top up di tempat yang sudah disediakan.

Fasilitas Dusun Semilir Eco Park Bawen

Pesona Keindahan Dusun Semilir Eco Park di Semarang Yang Instagramable. Yakin Gak Mau Kesini?

Dusun Semilir Eco Park Bawen sebagai destinasi wisata baru di Jawa Tengah memiliki berbagai fasilitas/wahana atau spot yang akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah :

Prosotan Pelangi

Prosotan Pelangi merupakan wahana baru di Dusun Semilir yang sedang hits di dunia maya. Prosotan berketinggian 30 meter dan panjangnya 150 meter. Prosotan tersebut memiliki 5 lintasan yang berwarna-warni.

Jika kamu ingin menikmati wahana ini, kamu cukup membayar sebesar Rp 15.000,00 per orangnya. Selain itu, untuk bermain wahana ini harus memenuhi syarat yang berlaku, yaitu memiliki tinggi badan minimal 120 cm. Setelah itu kamu akan dipandu oleh petugas untuk duduk di bak yang telah disediakan. Petugas akan memberikan intruksi serta aba-aba untuk bersiap meluncur.

Warisan Indonesia

Dalam fasilitas Warisan Indonesia ini Anda bisa menemukan berbagai kerajinan nusantara yang sangat tinggi nilai seninya.

Fasilitas Warisan Indonesia Dusun Semilir ini tampil dengan desain bentuk stupa dalam candi itu merupakan warisan arsitektur dari masa lalu, sehingga harus tetap dilestarikan warisan kekayaan budaya ini dan melestarikannya untuk generasi mendatang.

Warisan Indonesia adalah tempat yang disediakan oleh Dusun Semilir dimana kita dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh seperti souvenir, baju-baju batik, ukiran kayu, tas unik, perhiasan, home decor, dan masih banyak lagi. Warisan Indonesia pun juga menyediakan oleh-oleh makanan khas Semarang yang lengkap.

Nah, disini kita dapat memanfaatkan background dari dekorasi barang-barang unik di sana nih.

Alun Eropa
Indahnya Dusun Semilir Eco Park di Semarang Yang Instagramable. Yakin Gak Mau Kesini?

Alun Eropa merupakan tempat spot foto yang bernuansa bangunan Eropa, ditemani nuansa warna-warna Venetia, Maroko, Mykonos, dan French Village yang membuat kita seakan berada di kota-kota indah khas Eropa.

Disini kita dapat berfoto ria dengan background yang kece abis. Selain berfoto, kita dapat menikmati wahana gondoloa menyusuri sungai di Dusun Semilir ataupun naik kereta api yang antik di Alun Eropa. Pasti hal ini menjadi momen tak terlupakan nih.

Gunungan Resto

Gunungan Bar & Resto merupakan tempat terbaik untuk menikmati makanan maupun sekedar minum kopi bersama keluarga, rekan bisnis, ataupun orang terdekat.

Memiliki pemandangan sejuk hutan beserta 5 gunung di depan mata.
Tentunya keunikan dan sensasi makan disini akan sangat berbeda dan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Teras Gunung
Indahnya Dusun Semilir Eco Park di Semarang Yang Instagramable. Yakin Gak Mau Kesini?

Teras Gunung ini merupakan wujud kreatif memanfaatkan dan memaksimalkan peluang dan berusaha menyatu dengan alam.

Wisata Dusun Semilir Semarang dibangun diatas lahan yang memiliki kenampakan alam berupa kontur yang cukup ekstrim.

Jadi, teras gunung ini merupakan jembatan layang yang nyaman sehingga Anda bisa berjalan santai dari lobi stupa dan menghubungkan banyak spot spesial Wisata Dusun Semilir lengkap dengan berbagai aneka makanan tradisional maupun souvenir dan juga pemandangan Aqua Jungle.

Sepoi - Sepoi FoodPark

Obyek wisata Dusun Semilir Eco Park juga dilengkapi dengan "foodparadise" yang cukup luas dengan konsep tematik kounter yang memiliki citarasa nikmat.

Uniknya, Sepoi -Sepoi FoodPark Dusun Semilir Semarang Anda juga bisa menikmati kuliner sambil melihat pemandangan alam sekitar karena memiliki tempat duduk dengan view 360 derajat.

Sepoi - Sepoi FoodPark juga dikenal dengan sebutan Sepoi - Sepoi Food Garden.

Pet Village

Fasilitas atau wahana yang satu ini cukup menarik, karena Pet Village didesain memiliki koleksi hewan-hewan yang lucu dan uniknya sangat menarik untuk anak-anak dan keluarga, karena Anda bisa berinteraksi langsung melihat pola tingkah laku hewan-hewan lucu yang membuat Anda melepas kepenatan dalam rutinitas sehari-hari.

Banyu Biru

Wisata Dusun Semilir Eco Park sebagai wisata keluarga Jawa Tengah memiliki fasilitas atau wahana Banyu Biru yaitu sebuah zona khusus bertema danau bohemian, dilengkapi dengan air mancur menari, bantal taman, tenda gazebo untuk keluarga berkumpul ataupun bersantai.Selain itu, dapat juga bermain di danau, naik kapal, atau ber swa-foto dengan background pemandangan yang indah.

Play Park

Dusun Semilir Semarang memiliki Play Park spesial untuk memanjakan anak-anak maupun remaja.

Fasilitas atau wahana ini merupakan arena bermain yang cukup luas baik outdoor maupun indoor. Permainannya mulai dari untuk balita sampai permainan yang menantang untuk remaja.

Uniknya, Play Park Dusun Semilir juga memiliki permainan khas tradisional, agar anak-anak jaman sekarang juga mengenal permainan dan budaya lokal.

Fasilitas Umum

Selain wahana yang lengkap untuk berwisata, Dusun Semilir juga menyediakan fasilitas penunjang kenyamanan wisata untuk pengunjungnya. Beberapa fasilitas umum yang dapat sobat nikmati seperti:

  • Area parkir
  • Spot foto di seluruh area Dusun Semilir
  • Foodcourt
  • Toilet
  • Mushola
  • Penginapan

Rute Menuju Dusun Semilir Eco Park

Adapun rute menuju Dusun Semilir Eco Park ini tergolong mudah dan tak sulit. Hal ini lantaran tempatnya yang strategis hingga membuat Anda tak perlu memblusuk ke pedesaan. Adapun lokasinya adalah berada di samping jalan utama Semarang-Surakarta.

Jarak Dusun Semilir Eco Park ini pun tak jauh dari kota-kota besar disekitarnya. Sebut saja Semarang, hanya butuh waktu 40 menit. Lalu dari Surakarta, waktu tempuh yakni 1 jam 15 menit. Waktu tersebut relatif singkat lantaran adanya tol trans Jawa.

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari kota tersebut, cukup dengan melalui tol dan keluar di exit Tol Bawen. Dari sana, jarak menuju Dusun Semilir pun tak jauh lagi yakni hanya sekitar 1,5 kilometer. Bentuk bangunannya pun mencolok dan mudah ditemukan. Jadi tak perlu khawatir akan tersasar.

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir Eco Park

Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp 20.000 per orang untuk weekdays, sedangkan untuk weekend dan hari libur nasional sebesar Rp 25.000 per orang.

Selain tiket masuk, apabila sobat Tripper datang menggunakan kendaraan pribadi maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus.

Dusun Semilir Eco Park menjadi pelengkap tempat wisata modern yang ada di Semarang. Objek wisata ini bisa dijadikan alternatif wisata ataupun tujuan wisata utama setelah berkunjung ke beberapa tempat wisata favorit di Semarang.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...