Trending Childfree Keputusan Untuk Menikah Tanpa Memiliki Anak -->

Trending Childfree Keputusan Untuk Menikah Tanpa Memiliki Anak

Trending Childfree Keputusan Untuk Menikah Tanpa Memiliki Anak

Menurut Wikipedia , Childfree adalah sebuah keputusan atau pilihan hidup untuk tidak memiliki anak, baik itu anak kandung, anak tiri, ataupun anak angkat.

Penggunaan istilah Childfree untuk menyebut orang-orang yang memilih untuk tidak memiliki anak ini mulai muncul di akhir abad 20.

Bagi kebanyakan masyarakat dan dalam sejarah manusia pada umumnya, keputusan untuk menjadi childfree sangatlah sulit dan tidak diharapkan. Ketersediaan alat kontrasepsi yang tepercaya sejalan dengan persiapan matang untuk kehidupan pada hari tua membuat childfree menjadi pilihan di berbagai negara maju meskipun keputusan ini mendapatkan penilaian negatif bagi sebagian masyarakat.

Belakangan ini jagat dunia maya sempat dihebohkan dengan istilah Childfree, bahkan di beberapa media sosial di Indonesia, di Twitter, Youtube maupun platform media online lainnya menjadi trending topik perbincangan masyarakat digital.

Yotuber Trending Childfree Keputusan Untuk Menikah Tanpa Memiliki Anak

Isu childfree atau pilihan untuk tidak memiliki keturunan meski telah menikah menjadi perbincangan akhir-akhir ini menyusul keputusan YouTuber Gita Savitri Devi dan suaminya, Paul Andre Partohap untuk memilih childfree. Isu ini makin ramai setelah akun twitter @salmanitb membuat utas dengan judul ‘Bolehkah Muslim Ikut Tren Childfree?’ yang saat ini sudah di-retweet hampir 3.000 kali dan disukai lebih dari 2.000 kali.

Childfree sebenarnya bukanlah istilah yang baru lahir, sebab tren ini sudah sejak lama berkembang di negara barat seiring dengan meluasnya liberalisme. Di Indonesia prinsip ini memang dirasa aneh oleh banyak kalangan bahkan menuai kontroversi.

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi komunitas yang mengaku diri sebagai Childfree Community, di antaranya adalah kekhawatiran genetik, faktor finansial, mental yang tidak siap menjadi seorang ibu, bahkan alasan lingkungan.

Dilansir beautynesia, keputusan childfree ini memang masih menjadi hal yang tidak biasa di Indonesia sehingga pasangan yang mengambil keputusan ini sering dianggap egois. Sebenarnya, ada hal-hal lain yang pada akhirnya membuat mereka mengambil keputusan untuk childfree ini.

Nah, sebelum menghakimi, yuk cari tahu alasan kenapa mereka memilih childfree.

Alasan Kenapa Pasangan Memilih untuk Childfree

1. Jumlah Penduduk Sudah Terlalu Banyak

Setiap tahun jumlah penduduk di bumi selalu mengalami peningkatan. Untuk sebagian pasangan hal ini menjadi salah satu alasan mereka untuk childfree. Menurut mereka, bumi sudah terlalu padat jadi untuk apa menambah lebih banyak manusia lagi?

2. Tidak Menemukan Alasan yang Tepat untuk Punya Anak

Kalau nggak punya anak, terus siapa yang mengurus kita di hari tua nanti?”
“Anak itu investasi orang tua."

Kamu sering mendengar alasan seperti itu saat pasangan suami-istri ditanya kenapa ingin memiliki anak? Atau alasan lain seperti supaya hidup lebih bahagia dan tidak kesepian?

Nah, buat sebagian orang, jawaban seperti itu terkesan egois sehingga mereka tidak ingin memiliki anak dengan alasan-alasan tersebut.

Emang sih, salah satu tujuan menikah adalah memiliki keturunan, tapi bukan berarti pernikahan akan menyedihkan tanpa kehadiran seorang anak. Ada atau tidaknya anak, kehidupan pernikahan harus tetap bahagia.

3. Luka Masa Kecil

Tidak semua orang memiliki masa kecil yang menyenangkan bersama orang tua. Beberapa mungkin ada yang menerima perlakuan buruk, seperti sering dimarahi, dipukuli, melihat orangtua bertengkar, dan sebagainya.

Luka yang mereka dapatkan di masa kecil ini ternyata menjadi trauma sehingga membuat mereka takut tidak bisa menjadi orang tua yang baik dan justru memperlakukan anak sama seperti mereka di masa kecil.

4. Secara Emosional Belum Stabil

Masih suka moody-an juga menjadi alasan kenapa pasangan suami-istri memilih untuk childfree. Ini tidak hanya dirasakan oleh pasangan yang nikah muda saja, ya Ladies. Pasangan yang sudah menikah di usia yang tepat pun terkadang masih merasakan emosi yang belum stabil.

Daripada anak menjadi korban dari ketidakstabilan emosi orang tuanya, akhirnya mereka mengambil keputusan childfree saja.

Nah, Ladies itulah beberapa alasan beberapa pasangan suami-istri yang memilih untuk childfree. Kamu pilih yang mana? Childfree atau punya anak?

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...