Cara Jitu Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan pada Pasangan -->

Cara Jitu Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan pada Pasangan

Katanya, cemburu adalah tanda cinta. Ehm, mungkin benar. Tapi kalau rasa cemburumu berlebihan alias cemburu buta, hati-hati loh! Bukannya merasa dicintai, pacar kamu justru bisa merasa tertekan dan terburuknya bisa berpaling ke orang lain. Kamu enggak mau hal ini terjadi sama kamu, kan?

Cemburu sebenarnya adalah hal yang positif. Karena jika diantara pasangan tidak memiliki rasa ini, tentunya hubungan tersebut terasa hampar. Namun jika rasa cemburu tersebut terlalu besar, hal ini justru tidak baik dan bisa memperkeruh hubungan dengan pasangan.

Cemburu berlebihan bisa mengakibatkan pertengkaran dan rasa tidak percaya pada pasangan. dan yang lebih parah adalah rasa curiga yang berlebihan. Jika hal ini terus berlanjut maka ada kemungkinan hubungan Anda dengan pasangan akan retak. Bagi Anda yang sudah menikah, malah bisa menjadi penyebab perceraian dalam rumah tangga.

Berikut ini cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan agar hubungan kalian awet dan langgeng selamanya

1. Jangan hanya fokus pada hubungan asmara saja

Dalam menjalin hubungan pastinya kamu mau selalu diperhatikan dan dipedulikan oleh pasangan. Akan tetapi bila kamu terlalu fokus pada hubungan asmara saja, itu hanya akan membuatmu semakin terobsesi karena tidak ada yang kamu prioritaskan selain dirinya.

Terlalu fokus pada hubungan yang dijalin justru akan membuatmu selalu waswas dan merasa khawatir. Pada akhirnya pikiranmu dipenuhi oleh prasangka buruk dan berbagai hal negatif. Akibatnya, kamu jadi sering salah paham dan kurang memercayainya. Padahal, belum tentu dia seburuk apa yang kamu bayangkan.

Oleh karenanya kamu perlu mengimbangi isi pikiranmu dengan berbagai hal lain dalam hidup supaya harimu tetap berwarna dan penuh makna walaupun tidak sedang bersama dia.

2. Selalu berusaha berpikir positif

Biasanya rasa cemburu yang berlebihan bisa muncul bila salah satu orang dalam hubungan tersebut kerap kali membiarkan pikiran negatif terus berdatangan. Sehingga secara tak sengaja alam bawah sadar akan memercayai hal tersebut dan menjadikannya sebagai salah satu acuan untuk menunjukkan kecemburuan.

Misalnya ketika pasanganmu mengatakan tidak bisa mengajakmu kencan di hari Minggu, kamu pun akhirnya berpikir bila dia sudah selingkuh dan bermaksud menghabiskan waktu bersama kekasih barunya. Padahal, belum tentu apa yang kamu pikirkan itu benar adanya. Bisa jadi dia memang benar-benar sibuk dengan urusan kerjanya atau sedang memiliki rencana dengan keluarganya.

Oleh karena itulah pahami dirimu sendiri terlebih dahulu dan berusahalah untuk selalu berpikir positif kepada pasangan. Dengan begitu kamu tidak akan tersiksa dengan kecemburuan.

3. Berhenti membandingan dirimu dengan orang lain

Cara menghilangkan rasa cemburu kepada pacar adalah dengan mengurangi kebiasaan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Melakukan perbandingan bukannya membuatmu merasa bahagia, tapi kebanyakan yang terjadi kamu justru merasa kalah.

Karena itu pula kamu jadi khawatir bila pasanganmu akan direbut orang lain yang serba lebih baik daripada dirimu. Oleh sebab itulah sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

Dengan begitulah kamu akan lebih mudah untuk mencintai diri sendiri sehingga tidak ada lagi alasan khawatir ditinggal selingkuh oleh kekasihmu.

4. Yakinlah bila dia pasti setia

Untuk mengatasi cemburu yang berlebihan kepada pacar, kamu perlu melakukan cara yang satu ini. Mungkin kamu bisa memantau kegiatan kekasihmu hampir seharian. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, tidak heran bila kamu bisa memonitor setiap hal yang dia lakukan kapan saja dan di mana saja.

Mungkin kamu berpikir dengan melakukan hal tersebut bisa menjauhkannya dari perselingkuhan. Akan tetapi apakah kamu bisa menjamin bahwa hal tersebut benar-benar efektif? Oleh karenanya sebaiknya kamu memberikan dia kepercayaan.

Apabila kamu percaya dan yakin dia menyayangimu, pasti dia akan setia kepadamu. Hal tersebut akan dia lakukan tanpa adanya paksaan karena dia ingin menjagamu dengan setulus hati.

5. Bersikap Saling Terbuka

Memang tidak mudah menghilangkan sifat cemburu karena karakter setiap orang berbeda-beda. Namun hal ini lebih baik karena mungkin pasangan Anda juga tidak akan nyaman jika terus dicurigai oleh Anda. Padahal dia sendiri tidak pernah melakukan hal-hal yang buruk dalam hubungan kalian.

Untuk itu, sebaiknya kamu diskusikan masalah ini dengan pasangan. Jika kamu bersikap jujur padanya, tentunya dia akan merasa senang dan kalian berdua bisa mencari solusi untuk mengatasinya.

Misalnya saja kamu tidak suka jika pasanganmu sering chat dengan teman wanitanya. Siapa tahu dengan kamu berterus terang padanya, dia akan mengerti dan membatasi untuk tidak terlalu sering chatingan dengan wanita lain.

6. Belajarlah Berkomunikasi dengan Baik

Sikap saling terbuka dengan pasangan bisa terwujud jika kamu dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Jangan ada gengsi diantara kalian berdua. Salah satu contohnya komunikasi via telepon.

Jika kamu selalu berharap bahwa dia yang harus menghubungimu duluan, terkadang bisa membuat hati kamu tidak tenang jika dia telat menghubungimu. Pada akhirnya akan timbul rasa curiga seperti kamu menganggap dia berselingkuh. Padahal faktanya mungkin dia sedang sibuk sehingga telat unntuk menghubungimu.

Oleh sebab itu, sebaiknya bangunlah komunikasi yang baik dengannya. Tinggalkan semua gengsimu, jangan menyuruh dia terus yang harus menghubungi kamu duluan. Bagaimanapun juga kalian harus saling melengkapi.
Jadi hubungilah dia jika memang dia telat menghubungi. Dengan begitu komunikasi kalian akan berjalan dengan lancar.

7. Jangan Bersikap Posesif

Rasa cemburu berlebihan terkadang bisa membuat seseorang menjadi bersikap posesif terhadap pasangan. Kamu jadi sering melarang dan membatasi gerak geriknya. Hal ini tentunya akan membuatnya merasa tidak nyaman menjalin hubungan dengan kamu.

Untuk itu, tinggalkan sikap posesif. Karena sikap seperti inilah yang terkadang membuat seseorang menyerah menjalin hubungan dan memutuskan untuk berpisah. Hal ini terjadi karena tidak tahan dengan sikap pasangannya. Terkadang ada juga yang memilih untuk berselingkuh.

Kamu tidak perlu bingung mencari cara mengatasi cemburu yang berlebihan pada pacar atau pasanganmu. Beberapa tips diatas dapat kamu terapkan dari sekarang agar hubungan asmaramu tidak kacau balau. Merasa cemburu memang sangat wajar, tetapi sebaiknya kamu tidak bersikap berlebihan jika tidak ingin kekasihmu meninggalkanmu pergi.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...