Jangan Ucapkan Kalimat ini Saat Anak Menangis! Nomor 3 Masih Sering Dilakukan -->

Jangan Ucapkan Kalimat ini Saat Anak Menangis! Nomor 3 Masih Sering Dilakukan

4 Kalimat Yang Pantang Diucapkan Saat Anak Menangis! Nomor 3 Masih Sering Dilakukan

Memiliki anak adalah anugerah terindah yang diberikan oleh sang Pencipta pada setiap orangtua. Mama setuju kan? Namun pada kenyataannya, mendidik anak bukanlah hal mudah dan tidak bisa dianggap remeh.

Setiap orangtua membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra saat mendidik anaknya. Misalnya saja saat anak menangis.

Pernah puyeng mendengar si kecil menangis? You are not alone, mommies! Setiap orang tua pasti punya niat mulia untuk bersikap empatik kepada anak saat menangis. Meski kadang niat mulia tersebut berubah wujud menjadi kebingungan, nggak tahu harus berupaya apa lagi untuk memahami perasaan si kecil, dan berujung pada naiknya level emosi.

Wajar? Tentu. Tapi tetap perlu sabar. Emosi yang memuncak tidak menjadi pembenaran orang tua untuk berkata seenaknya saat anak menangis.

Namun, tahu nggak kalau terkadang kamu menenangkan anakmu yang sedang menangis dengan cara yang salah? Nah, kita simak nih ulasan kalimat-kalimat yang pantang diucapkan untuk anak yang sedang menangis. Apa aja, sih? Cekidot!

1. "Nanti kita beli sendiri."

Pernah nggak anak kamu menangis karena rebutan mainan sama temannya? Lalu apa yang harus kamu lakukan agar dia mau berhenti menangis? Sepengetahuan ane, ada beberapa orang yang memakai jurus kata "Udah, jangan nangis. Nanti kita beli sendiri."

Terlihat sepele memang, tapi tahu nggak kalau kalimat itu bisa memicu kepercayaan pada anak bahwa apa pun yang ia inginkan bisa terpenuhi? Teman punya mobil-mobilan, ia harus punya. Teman punya mainan baru, ia juga harus punya.

Nah, gimana caranya agar kalimat andalan itu nggak keluar? Cukup seperti ini saja. "Nggak usah nangis, ya. Kalau main gantian. Adek mainan yang lain dulu."

2. Iming-iming hadiah agar mau berhenti menangis.

Anak rewel? Menangis entah karena bertengkar dengan temannya, atau karena terjatuh, lalu kamu datang dengan bujukan "Ayo, kita beli jajanan, yuk. Tapi berhenti nangisnya."

Namun, lama-kelamaan hal itu akan menjadi kebiasaan. Anak punya senjata untuk mengabulkan permintaannya dengan cara menangis.

3. Menyalahkan seseorang/sesuatu

4 Kalimat Yang Pantang Diucapkan Saat Anak Menangis! Nomor 3 Masih Sering Dilakukan

Orang-orang tua zaman dahulu, seringkali menyalahkan katak jika anak/cucunya menangis karena terjatuh. Mereka akan mengatakan "Ah, kodoknya nakal, ya, Dek. Bikin adek jatuh. Sini biar ibu pukul kodoknya." kemudian mereka akan memukul-mukul tanah seolah memukul katak.

Ane suka kasihan sama katak ini, dia jadi kambing hitam terus. Padahal, mengatakan hal seperti itu nggak baik lho buat anak-anak. Kelak, ketika mereka berbuat salah, mereka akan cenderung menyalahkan orang lain.

Padahal, sebenarnya bisa dengan cara lain, yaitu mengucapkan "Kalau jalan hati-hati, ya, Dek." Agar ia tahu bahwa ia bisa terjatuh karena kesalahan sendiri.

4. Mencemooh anak

Anak menangis karena tidak bisa memasang lego, atau menangis karena sesuatu yang dia nggak bisa, kemudian spontan mengatakan, "Payah, gitu aja nggak bisa."

Percayalah, kalimat cemoohan seperti itu akan menurunkan kepercayaan diri anak. Kita bisa membujuknya dengan pelan-pelan, misalkan "Nggak apa-apa. Ayo, Ibu bantu pasang legonya."

Jadi orang tua itu memang nggak gampang, ya. Harus bener-bener bisa mendidik anak agar menjadi kebanggaan orang tua. Namun, menurut ane, hindarilah mengucapkan kalimat-kalimat di atas.

Anak-anak suka dipuji, dan diarahkan. Puji dia ketika berhasil melakukan sesuatu, dan arahkah jika memang ada yang salah. Keep strong untuk kalian yang punya balita. Itulah 4 Kalimat Yang Pantang Diucapkan Saat Anak Menangis!

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...