Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba, Danau Indah Yang Melegenda

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba, Danau Indah Yang Melegenda

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Siapa sih, yang tidak tahu keindahan Danau Toba di Sumatera Utara? Danau ini telah menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Sekalipun belum pernah berkunjung ke sana, hampir setiap orang tahu keindahannya dari banyaknya media yang menginformasikan.

Danau Toba merupakan salah satu obyek wisata andalan berlokasi di Provinsi Sumatera Utara. Danau ini sangat terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang dikelilingi oleh berbagai bebatuan tebing terjal yang sebenarnya merupakan dinding kaldera Danau Toba.

Mengenai asal muasal Danau Toba, menurut penelitian para ilmuwan ahli, danau tersebut terbentuk akibat letusan gunung berapi masif yang diperkirakan terjadi sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu.

Keindahan Danau Toba

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba
@sterravelling

Dengan ketinggian hampir 1 kilometer di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan membuat Danau Toba begitu sejuk dan indah. Banyak pohon enau dan pinus yang tumbuh subur di sekeliling Danau Toba menambah keindahan danau ini.

Di sebelah utara Danau Toba masih bisa dijumpai berbagai fauna yang menarik seperti lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet. Sedangkan di bagian selatan Danau Toba terdapat fauna yang berbeda jenis seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir. Tentulah hal ini juga unik karena danau ini seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan Danau Toba.

Sejauh mata memandang, yang terlihat keindahan danau yang dikelilingi deretan gunung yang begitu indah dan menakjubkan. Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin ini. Jika tidak ada kabut, lekukan Danau Toba begitu indah untuk dikagumi. Ya, Danau Toba seperti sebuah laut di tengah-tengah daratan yang benar-benar sejuk.

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Kamu dapat mengamati lekuk indah Danau Toba melalui Menara Tele. Apalagi jika dilihat pada pagi hari, pemandangannya begitu indah mengingat menara ini berada di lereng bukit. Anda dapat menemukan Menara Tele di antara Pangururan dan Sidikalang.

Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer menjadikannya danau terbesar di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara. Keindahannya pun telah menarik banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba dan Pulau Samosir.

Selain itu, masih banyak fakta menarik lainnya yang belum banyak diketahui masyarakat terkait keberadaan danau tersebut. Berikut beberapa fakta menakjubkan tentang Danau Toba!

Danau Toba bagian dari UNESCO Global Geopark

Fakta Danau Toba bagian dari UNESCO Global Geopark


Danau yang terletak di Sumatera Utara ini terpilih menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark. Penetapan ini dilaksanakan dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis, pada Selasa, 2 Juli 2020.

Danau alami berukuran besar di Indonesia ini berada di kaldera Gunung Supervulkan dengan memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 1600 meter.

Toba adalah gunung


Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba
@desrylana

Danau Toba menyimpan keajaiban. Di balik bentangan danaunya yang luas nan elok, Danau Toba ternyata merupakan sebuah gunung. Van Bemmelen, geolog Belanda yang pada 1939 untuk pertama kali mengemukakan bahwa Toba adalah gunung api.

Lokasi Danau Toba terbentuk, dulunya merupakan sebuah gunung yang kemudian meletus hebat. Kini, Gunung api raksasa (supervolcano) bersemayam di bawah Danau Toba. Setelah meletus hebat, Kaldera Toba tertutup bebatuan beku. Air kemudian mengisi kaldera hingga membentuk danau.

Cerita rakyat yang beredar Cerita rakyat yang beredar, Danau Toba berasal dari cerita seorang pria bernama Toba yang sedang mencari ikan di sungai.

Suatu kali, kail si pemuda tersangkut pada seekor ikan mas, yang tiba-tiba berubah menjadi perempuan cantik. Si pemuda pun memperistri perempuan tersebut. Dengan syarat, ia tidak boleh membeberkan asal-usul istrinya kepada siapapun.

Hingga suatu hari, saat si pemuda sudah memiliki anak, suatu kali ia kesal terhadap anaknya. Saking kesalnya, ia secara tak sengaja berujar “Dasar anak ikan !” Seketika itu juga bumi berguncang. Gempa melanda. Air membuncah dari tanah yang rekah. Hujan turun dengan lebat. Si Toba tersadar dan menyesal.

Umpatannya membuka rahasia tentang asal-usul istrinya yang seharusnya ditutup rapat. Namun, segalanya terlambat. Sang ibu yang kecewa kembali menjadi ikan. Dia melompat ke genangan air yang telah menjelma menjadi danau besar.

Belakangan, danau itu dinamakan Tao Toba. Adapun sang anak, atas petunjuk ibunya, selamat dengan mendaki bukit tinggi di tengah danau, yang belakangan dikenal sebagai Pulau Samosir.

Sudah Meletus Berkali-kali


Gunung Toba, dahulu sudah meletus atau erupsi hebat sebanyak tiga kali. Letusan pertama, terjadi sekitar 800.000 ribu tahun yang lalu. Letusan ini membuat kaldera di sisi selatan gunung, meliputi daerah prapat dan porsea.

Letusan kedua memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500.000 tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di sisi utara,yaitu di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Letusan ketiga, terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu, dan membentuk Danau Toba sampai saat seperti ini, lengkap dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Masih Berpotensi Sebagai Gunung Berapi yang Aktif

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba


Gunung berapi di Danau Toba, atau Gunung Toba, merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Namun, aktivitas ekstrimnya tidak diketahui kapan ia akan memuntahkan isi perutnya lagi. Gunung Toba ini mengelilingi danau, dan Pulau Samosir tersebut.

Sayangnya aktivitas gunung tersebut tidak dapat diprediksi. Artinya, erupsi dari gunung tersebut tidak dapat ditebak akan terjadi kapan. Hal ini sedikit mengkhawatirkan mengingat terakhir Gunung Toba erupsi, bahkan ledakannya sampai berhasil membuat Danau Toba dan Pulau Samosir.

Lokasi yang Terbilang Rawan Bencana Masif

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Gunung Toba atau Danau Toba memang terkenal dengan lokasinya yang rawan bencana. Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang berada di tiga patahan atau tiga lempengan sekaligus. Tiga lempengan tersebut adalah Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik.

Dengan kondisi seperti ini, tidak mengherankan jika kondisi dan lokasi dari Danau Toba rawan bencana, karena langsung merasakan aktivitas lempeng yang bergerak tersebut.

Pengaruh Suhu di Dunia

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Ada seorang peneliti dari Universitas New York yang menemukan foraminifera di dasar laut, yang menandakan bahwa dulu suhu bumi sangat ekstrim. Si peneliti juga akhirnya menemukan bahwa penyebab suhu dunia menjadi ekstrim adalah erupsi Gunung Toba.

Namun, peneliti juga menemukan bahwa karena erupsi tersebut, suhu di seluruh samudera di belahan dunia ini suhunya turun sampai 5 derajat Celsius besarnya. Hal ini jelas dipengaruhi oleh erupsi Gunung Toba pada saat itu.

Material Hasil Letusan Gunung yang Tersebar di Beberapa Wilayah Asia

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Debu Riolit (rhyolite) yang seusia dengan batuan Toba di Malaysia, bahkan juga ditemukan sejauh 3.000 kilometer ke utara hingga India Tengah, selain itu ditemukan pula di Samudera Hindia. Hal ini membuktikan bahwa erupsi Gunung Toba sangat dahsyat pada saat itu.

Letusan Gunung yang Menyebabkan Kepunahan Masal

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba, Danau Indah Yang Melegenda

Meletusnya Gunung Toba menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies bahkan mengalami kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu.

Hal ini jelas sangat berkaitan dengan ledakan yang sangat dahsyat dari Gunung Toba tersebut. Oleh karena itu saat gunung itu meletus, banyak yang meninggal dan meregang nyawa karena efek ledakan erupsi Gunung Toba.

Debu Letusan Gunung Toba Tersebar di Seluruh Dunia

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Meletusnya Gunung Toba dulu mengakibatkan pengaruh yang sangat besar, ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik di dunia. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu akibat meletusnya Gunung Toba itu sampai terekam hingga di Kutub Utara.

Hal ini jelas membuktikan bahwa besarnya pengaruh ledakan serta erupsi dari Gunung Toba tersebut. Bukti temuan molekul debu vulkanik sampai Kutub Utara adalah bukti nyata bahwa Gunung Toba letusannya melebihi Gunung Krakatau.

Danau yang Sangat Terkenal

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Danau Toba menduduki peringkat pertama dunia di Twitter dibandingkan dengan danau-danau lain di dunia yang juga indah dan menawan. Danau Toba juga menjadi tujuan wisata andalan di Sumatera Utara bagi masyarakat lokal maupun mancanegara.

Danau yang Memiliki Anak Danau

Fakta Menakjubkan di Balik Keindahan Danau Toba

Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba ini memiliki dua buah danau cantik di tengahnya yang dikenal dengan Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang


Danau yang Memiliki Ikan Asli Habitat Sendiri

Fakta Menakjubkan dari Danau Toba

Danau Toba merupakan habitat ikan asli khas Batak yaitu “Ikan Batak” atau yang memiliki nama Latin sebagai Neolissochillus Thienemanni. Ikan ini memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Itulah fakta dibalik dari gagahnya dan megahnya Gunung Toba dan Danau Toba saat ini. Indahnya Danau Toba menjadi salah satu alasan para petualang, baik dari dalam negeri dan mancanegara yang berdatangan ke sini. Atau kamu mau wisata ke tempat-tempat indah lainnya? misalnya ke Embung Kledung Jawa Tengah?

Oh iya, kalau dari lo ada yang mengetahui fakta lain tentang Danau Toba selain fakta yang sudah disebutkan di atas, sila tambahkan fakta atau informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya..



Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar