Tips Mudah Merawat Ikan Cupang Biar Gak Gampang Mati dan Tetap Cantik -->

Tips Mudah Merawat Ikan Cupang Biar Gak Gampang Mati dan Tetap Cantik

Tips Mudah Merawat Ikan Cupang

Siapa sih yang nggak tahu ikan cupang? Ikan cupang adalah ikan yang sangat populer baik di Indonesia maupun dunia.

Ikan yang awalnya dikenal sebagai ikan aduan ini memiliki sifat yang agresif yang sering menyerang. Namun seiring perkembangannya, kini ikan cupang juga dibudidayakan sebagai ikan hias air tawar yang menawarkan keindahannya tersendiri. 

Banyak breeder atau peternak yang berhasil menyilangkan antara jenis ikan cupang yang ada sehingga menjadi ikan cupang hias jenis baru yang lebih indah bila dilihat dari bentuk tubuh dan siripnya.

Tips Mudah Merawat Ikan Cupang Biar Gak Gampang Mati

 

Di kalangan penggemarnya, ikan cupang umumnya terbagi dalam tiga golongan, yakni cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Dari sekian banyak jenis ikan cupang, ikan cupang halfmoon dan ikan cupang blue rim saat ini tengah banyak dicari. Tentu karena warnanya yang indah dan elok ekornya.

Ikan cupang dikenal pula sebagai ikan beta atau ikan Siam merupakan ikan hias yang relatif mudah dipelihara.

Eits! Meskipun mudah, ternyata cara perawatan yang kurang tepat dapat membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal keindahan sirip dan ekor ikan cupang adalah poin utama penampilannya.

Nah, daripada salah langkah, simak cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini, yuk!

Tips merawat ikan cupang

Tips Merawat Ikan Cupang

1. Ganti air dua hari sekali

Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal penting untuk menjaga keindahan ikan cupangmu, lho! Oleh karenanya, ganti air dalam akuarium beberapa hari sekali. Mengganti airnya sebanyak dua hari sekali juga sangat direkomendasikan.

2. Pindahkan ikan cupang tanpa menyentuhnya

Ikan cupang punya fisik yang mudah rusak. Jadi, pastikan untuk memindahkannya dengan hati-hati saat sedang menguras air dalam akuariumnya, ya!

Memindahkan ikan cupang bersamaan dengan sedikit air juga lebih direkomendasikan dibandingkan memindahkan ikan cupang dengan tangan ataupun jaring. Hal ini untuk mengurangi risiko sirip atau ekor yang rusak atau patah saat tersentuh.

3. Beri pakan hidup dibanding pakan kering

Apakah kamu biasa memberikan ikan cupangmu pakanan kering seperti pelet? Tahu nggak sih, memberikan ikan cupang pakanan hidup seperti jentik nyamuk, ulat, cacing, atau kutu air jauh lebih baik untuk menjaga kesehatannya, lho!

4. Beri daun ketapang kering dalam air sebagai antibiotik

Sirip atau ekor ikanmu terluka? Tenang, kamu bisa mengobatinya dengan memberika daun ketapang kering pada airnya. Ya, daun ketapang adalah antibiotik alami bagi ikan cupang. Dengan memberikan daun ketapang dalam air akuarium, ph dalam air akan lebih optimal dan bagus untuk pemulihan ikan cupangmu.

5. Beri garam khusus ikan hias dalam airnya

Tips Mudah Merawat Ikan Cupang

Garam yang dimaksud bukan garam dapur yang biasa kamu gunakan untuk memasak, ya. Garam ini adalah garam khusus untuk ikan hias yang fungsinya untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam ini mampu membantu penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupangmu.

Jangan terlalu banyak menaburkannya! Kamu cukup menaburkan garam sebanyak 0,1% dari keseluruhan air dalam akuarium, kok.

6. Beri metil biru saat ikan ekor atau sirip ikan cupang patah

Patahnya sirip atau ekor ikan cupang pasti membuat kita panik! Tapi tenang saja, kamu bisa membantu proses penumbuhan kembali ekor atau sirip ikan cupangmu jadi lebih cepat, kok!

Caranya, berikan metil biru secukupnya pada air akuarium. Hasilnya, proses pemulihan ikan cupangmu bisa berlangsung lebih cepat bahkan kurang dari satu minggu tergantung dari tingkat kerusakannya.

7. Cara mengobati ikan cupang yang lemas atau sakit

Ikan cupang yang lemas bisa menandakan bahwa dia sakit, nih.

Untuk merawatnya, kamu bisa memberikan beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, obat tetra clor, dan pomate secukupnya pada air akuarium. Aduk hingga rata dan masukkan ikan cupang ke dalam air yang sudah diberi obat di atas.

Ciri-ciri ikan cupang yang sudah sehat ialah yang lahap makannya dan aktif bergerak ke mana-mana, sirip dan ekor pun akan mengembang seperti kipas.

Tips Merawat Ikan Cupang

 

Baiklah itu saja tips lengkap dari kami tentang cara Mudah Merawat Ikan Cupang Biar Tetap Cantik. Barangkali di sini ada teman-teman yang memiliki pengalaman berbeda dari kami, silahkan tulis di kolom komentar. Berbagi itu indah, terimakasih.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Terima kasih telah membaca Tips Mudah Merawat Ikan Cupang Biar Gak Gampang Mati dan Tetap Cantik , Dapatkan Update dari PanjiNawangkung di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa FOLLOW
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan